Home / Elektronika / Cara Menyambung Kabel Listrik Secara Paralel dan Seri

Cara Menyambung Kabel Listrik Secara Paralel dan Seri

Pada posting kali ini ijinkan saya untuk membahas Bagaimana cara menyambung kabel listrik secara paralel dan seri. Masing-masing metode penyambungan kabel listrik tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan. Oleh sebab itulah, di samping saya akan membahas Bagaimana cara menyambung kabel listrik secara paralel dan seri, saya juga akan membahas lebih dalam tentang apa saja kekurangan dan kelebihan dari rangkaian listrik paralel serta seri. Di samping itu, pengertian dari rangkaian listrik secara seri dan rangkaian listrik secara paralel juga akan saya bahas. Silakan disimak Terus.

Cara Menyambung Kabel Listrik Secara Paralel dan Seri

Pengertian rangkaian listrik seri dan rangkaian listrik paralel

Rangkaian listrik secara seri yaitu sebuah rangkaian listrik yang tersusun secara berurutan antara komponen yang satu dengan komponen yang lainnya. Di dalam rangkaian listrik seri, arus listrik tentunya akan mengalir melewati satu buah jalur menuju ke jalur yang lainnya dengan cara berurutan. Apabila terjadi kerusakan pada salah satu komponen, maka hal tersebut akan menimbulkan peralatan yang lainnya ikut bermasalah.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Motor Kipas Angin Yang Berputar Pelan

Rangkaian listrik secara paralel yaitu sebuah rangkaian listrik yang tersusun secara bercabang ataupun berderet. Di dalam rangkaian listrik paralel tersebut, apabila terdapat kerusakan pada salah satu komponen listrik, maka hal tersebut tidak akan berpengaruh terhadap komponen yang lainnya. Pemakaian dari rangkaian listrik secara paralel cukup mudah kita temukan di rumah-rumah.

Kelebihan rangkaian listrik seri dan rangkaian listrik paralel

Kelebihan serta kekurangan rangkaian listrik secara seri bisa dijabarkan sebagai berikut

Kelebihan rangkaian listrik secara seri

Kelebihan dari rangkaian listrik secara seri yaitu bisa menghemat biaya disebabkan karena jumlah kabel dan juga saklar yang diperlukan lebih sedikit serta pemasangannya yang jauh lebih ringkas.

Kekurangan rangkaian listrik secara seri

Rangkaian listrik secara seri disusun dengan cara berurutan, sehingga jika terdapat salah satu komponen atau Lampu mengalami kerusakan atau pada, maka komponen yang lainnya akan ikut padam.

Kelebihan rangkaian listrik secara paralel

Rangkaian listrik secara paralel tersusun secara mandiri dan tentunya kita lebih bebas di dalam mematikan maupun menghidupkan sejumlah peralatan listrik yang mana saja dan kapan saja tanpa mempengaruhi nyala atau matinya peralatan listrik yang lainnya.

Baca Juga:   Cara Membuat Speaker Suara Moge

Kekurangan rangkaian listrik secara paralel

Rangkaian listrik secara paralel memerlukan kabel dan juga saklar dengan jumlah yang lebih banyak, disesuaikan dengan jumlah peralatan yang akan dipasang.

Disamping itu, pemasangan dari rangkaian listrik secara paralel memerlukan biaya yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan pemasangan rangkaian listrik secara seri.

Cara menyambung kabel listrik secara paralel dan seri

Untuk lebih memudahkan anda di dalam memahami Bagaimana cara menyambung kabel listrik secara paralel dan seri, maka silakan Anda pelajari skema rangkaian listrik paralel dan skema rangkaian listrik seri dibawah ini.

Cara Membuat Rangkaian Paralel 1Rangkaian Paralel

 

Cara Membuat Rangkaian ParalelRangkaian Seri

Demikianlah penjabaran singkat mengenai cara menyambung kabel listrik secara paralel dan seri serta Apa saja kelebihan dan kekurangan dari rangkaian paralel dan rangkaian seri tersebut. Mudah-mudahan, Anda bisa mengambil ilmu dan manfaat dari penjabaran di atas. Terima kasih dan selamat beraktivitas, Salam sukses untuk pengunjung sekalian.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur IC Yang Mengalami Kerusakan

Cara Mengukur IC Yang Mengalami Kerusakan

IC adalah salah satu komponen elektronika yang dibuat dengan cukup kompleks dan memiliki fungsi cukup …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *