Home / Elektronika / Cara Menyambung Kabel Mic Yang bermasalah

Cara Menyambung Kabel Mic Yang bermasalah

Pernahkah anda sedang menggunakan mic tiba-tiba permasalah pada kabel? Apabila Iya, maka anda berada pada artikel yang tepat karena saya akan membahas tentang cara menyambung kabel mic yang bermasalah. Keterampilan dan keahlian tentang cara menyambung kabel mic yang bermasalah tersebut perlu dimiliki oleh siapa saja karena sebenarnya untuk bisa menyambung kabel mic yang bermasalah tidaklah membutuhkan keahlian khusus.

Cara Menyambung Kabel Mic Yang bermasalah

Sebelumnya, perlu kita ketahui bersama bahwa terdapat dua jenis mic atau microphone yang dibedakan berdasarkan koneksi yang digunakannya. Mic yang pertama adalah mic kabel dan mic yang kedua adalah mic tanpa kabel atau sering dikenal dengan sebutan mic wireless. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas tentang cara menyambung kabel mic yang otomatis adalah jenis mic kabel.

Sebelum anda praktek menyambung kabel mic yang bermasalah, alangkah baiknya anda memahami beberapa gejala yang timbul akibat kabel mic yang bermasalah. Berikut ini adalah beberapa contoh gejala atau keluhan yang sering muncul manakala kabel mic sedang bermasalah.

  1. Munculnya suara berisik pada speaker jika mikrofon sedang dipegang
  2. Kadangkala mikrofon menyala, kadangkala bola tidak. Walaupun menyala, seringkali mikropon tersebut haruslah selalu digerak-gerakkan terlebih dahulu
  3. Mati total atau tidak keluar bunyi sama sekali
Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Air Cooler

Setelah anda meyakini bahwa beberapa gejala mikrofon seperti yang sudah disampaikan di atas menimpa Mike milik anda, maka langsung saja Anda persiapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk menyambung kabel mic yang bermasalah tersebut.

  1. Avometer atau multitester
  2. Timah
  3. Cutter atau pisau
  4. Obeng dengan ukuran kecil
  5. Tang buaya

Cara menyambung kabel mic yang bermasalah

Cara menyambung kabel mic yang bermasalah tentunya disesuaikan dari jenis kerusakan dan gejala yang muncul pada mikrofon itu sendiri. Berikut ini adalah cara menyambung kabel mikrofon yang bermasalah berdasarkan gejala yang muncul.

Mikrofon yang mati total

Mic yang mengalami mati total disebabkan oleh banyak hal. Dapat disebabkan karena lilitan di dalam mic terputus,Kabel mic yang menuju ke amplifier terputus atau bagian kabel yang berfungsi sebagai penghubung dari konektor clilitan terputus. Dari sebab itulah, maka langkah memperbaiki nya harus dilakukan satu demi satu, yakni dimulai dari:

  1. Mencabut kabel yang berasal dari mic, kemudian mengganti dengan kabel yang masih baru atau kabel yang masih dalam kondisi bagus.
  2. Apabila tetap saja tidak berfungsi, maka bisa disimpulkan letak kerusakan bukan dari kabelnya yang rusak, namun dari micnya yang sudah rusak.
  3. Silakan Anda mencoba untuk membuka bagian konektor mic yang berada pada batang mic. Caranya adalah dengan melonggarkan sekrup pada bagian luar mic tersebut.
  4. Secara perlahan-lahan, silakan Anda cabut konektornya dan lakukan dengan hati-hati karena bagian konektor mic tersebut ukurannya sangat pendek, jadi jangan sampai terputus.
  5. Silakan lakukan pemeriksaan, apakah pada bagian konektor, kabel, serta spul atau lilitan sudah tersambung dengan baik atau belum.
  6. Apabila pada bagian lilitan serta connector masih tersambung dengan baik, silakan lakukan pemeriksaan dengan cara melakukan pengukuran bagian konektor satu dengan bagian konektor 2 memakai avometer di posisi ohmmeter.
  7. Apabila jarum pada multimeter diam saja atau tidak bergerak, maka dapat disimpulkan bahwa 10 atau lilitan dari konektor terputus, anda tentunya bisa mengganti dengan komponen yang baru.
Baca Juga:   Cara Menggunakan Genset Supaya Lebih Awet

Harap untuk diingat, apabila make masih dalam kondisi normal akan tetapi tidak bisa berfungsi, maka dapat dipastikan bahwa letak kerusakan terletak di kabelnya. Memperbaiki kabel microphone dapat dimulai dengan cara melakukan pemeriksaan pada bagian Jack mic, kabel mic serta Jack 1/4″. Rata-rata, dari komponen itulah salah satu bagian dari Mik mengalami kerusakan ataupun putus.

Guna mengetahui apakah kabel microphone masih berfungsi ataupun tidak, tentunya Anda dapat melakukan pengukuran menggunakan avometer pada posisi ohmmeter. Apabila jarum pada multimeter bergerak ke angka nol kemudian diam, maka hal tersebut mengartikan kondisi kabel Mic adalah masih bagus. Namun, apabila jarum multimeter tidak bergerak sama sekali, Hal tersebut berarti bahwa kabel mic sudah terputus.

Demikianlah informasi singkat mengenai cara menyambung kabel mic yang bermasalah di mana anda bisa mencoba praktek sendiri di rumah ketika make yang Anda gunakan mengalami masalah, baik itu mati total maupun sering tidak berfungsi dengan normal. Mudah-mudahan, artikel singkat Pada kesempatan kali ini bisa anda jadikan sebagai bahan rujukan sekaligus referensi di dalam memperbaiki kabel mic yang bermasalah. Terima kasih dan selamat mencoba, Semoga berhasil.

Baca Juga:   Cara Menyambung Kabel Listrik Secara Paralel dan Seri

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur Nilai Hambatan Pada Led

Cara Mengukur Nilai Hambatan Pada Led Dengan Sangat Mudah

Rata-rata, pemakaian dari lampu LED tersebut disuplai dari tegangan yang melewati titik kerja dari tegangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *