Home / Elektronika / Cara Menyambung Kabel Parabola

Cara Menyambung Kabel Parabola

Apakah anda sempat mengalami masalah dengan televisi anda karena sinyal parabola tidak sampai ke decoder? Mungkin saja ada masalah pada bagian kabel dari parabola menuju ke decoder. Bisa jadi, ada satu bagian kabel yang terputus. Guna membantu anda di dalam mengatasi masalah tersebut, pada artikel kali ini saya akan mencoba membahas Bagaimana cara menyambung kabel parabola yang bermasalah, biasanya terputus.

Cara Menyambung Kabel Parabola

Pengalaman ini adalah pengalaman pribadi yang pernah penulis alami. Di pagi hari sudah ada orang yang grundel. Tidak tahunya, yang mengundang adalah anggota keluarga sendiri karena tidak bisa menyaksikan siaran televisi favorit karena pada layar televisi muncul tidak ada sinyal. Tentunya, setelah dilakukan pengecekan pada bagian decoder ternyata masih berfungsi dengan baik. Posisi antena parabola juga tidak mengalami pergeseran.

Dari hasil analisa tersebut, maka analisa sumber permasalahan semakin mengerucut pada bagian kabel antena dari parabola ke decoder. Setelah kabel dari parabola kebagian decoder ditelusuri, maka ditemukan sumber permasalahan di mana ada bagian kabel yang terputus akibat digigit oleh hewan pengerat alias tikus.

Baca Juga:   Cara Membuat Rangkaian Listrik Seri Sederhana

Awalnya, saya memang merasa bingung bagaimana cara menyambung kabel parabola supaya tetap bisa bekerja dengan baik tanpa mengurangi performa dan kekuatan sinyal yang masuk kedalam decoder. Takut pula terjadi konslet Apabila saya salah menyambungnya. Terbesit di dalam pikiran untuk menghubungi teknisi parabola, namun ternyata biaya untuk perbaikan penyambungan kabel menghabiskan biaya yang tidak sedikit. Oleh sebab itu, saya mencoba untuk memberanikan diri belajar bagaimana cara menyambung kabel parabola tersebut.

Langkah pertama, saya mencoba untuk pergi ke toko elektronika dan mencoba untuk menanyakan apakah bisa kabel antena disambung. Ternyata jawabannya adalah bisa dan komponen yang diperlukan untuk proses penyambungan kabel antena parabola tersebut juga sangatlah murah.

Berikut ini adalah beberapa bahan dan alat yang dibutuhkan untuk menyambung kabel antena parabola.

  1. 2 buah konektor kabel / male dengan harga kisaran Rp. 1.000
  2. 1 buah konektor female yang harganya sekitar Rp. 1.500
  3. Gunting yang tentu tidak perlu membelinya karena sudah punya di rumah

Cara menyambung kabel parabola

  1. Langkah demi langkah cara menyambung kabel parabola bisa anda Simak pada bagian berikut ini
  2. Tahap pertama, silakan Anda kupas bagian ujung dari kabel yang hendak disambung.
  3. Tahap berikutnya, silakan Anda pasang konektor kabel (male) pada ujung kedua kabel tersebut
  4. Tahap selanjutnya, silakan Anda masukkan kedua konektor kabel tersebut pada konektor sambungan /famale
  5. Untuk menjaga agar sambungan tidak mudah terkena air, anda bisa melapisinya dengan isolasi maupun lakban
  6. Selesai dan siaran televisi akan muncul kembali
Baca Juga:   Cara Memasang AVR Pada Genset

Demikianlah tutorial singkat tentang cara menyambung kabel parabola yang bisa Anda coba praktekkan sendiri di rumah tanpa takut terjadi pengurangan kualitas sinyal antena parabola yang masuk ke decoder. Mudah-mudahan, tutorial singkat di atas kemampuan digunakan sebagai bahan belajar untuk menyambung kabel parabola yang bermasalah atau putus. Terima kasih dan selamat mencoba.

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur Ampere Dengan Multitester

Cara Mengukur Ampere Dengan Multitester Paling Mudah

Bagi yang sudah Mahir di dunia elektronika maupun kelistrikan tentu tidak akan memiliki masalah tentang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *