Home / Elektronika / Cara Menyambung Kabel Pompa Air

Cara Menyambung Kabel Pompa Air

Pernahkah Anda membeli pompa air Shimizu dan ternyata Anda bingung cara menyambung kabel pompa air tersebut karena tidak disediakan kabel yang bisa langsung dihubungkan ke listrik? Apabila Iya, maka silakan Anda Baca terus ulasan berikut ini karena saya akan mencoba menjabarkan cara menyambung kabel pompa air. Secara umum, kabel yang disediakan pada pompa air tersebut memiliki tiga warna, yaitu kuning, biru dan merah.

Cara Menyambung Kabel Pompa Air

Sebagai awalan, perlu diketahui bersama guna menyambung kabel listrik dari pompa air Shimizu hanya membutuhkan dua kabel saja, yaitu warna biru dan warna merah. Sementara itu, kabel dengan warna kuning nantinya disambungkan ke ground atau Arde. Fungsinya adalah sebagai bagian dari anti petir yang nantinya bisa ditancapkan langsung ke tanah. Akan tetapi, sekarang ini sudah sangat jarang menemukan orang yang menggunakan model tersebut. Secara umum, peralatan elektronika sekarang ini juga hanya menggunakan 2 kabel saja, tidak disediakan kabel untuk ground atau Arde.

Hal yang wajib untuk diperhatikan pada saat menyambung kabel pompa air khususnya yang memiliki merk Shimizu adalah sebagai berikut:

Pastikan bahwa anda selalu memakai kabel yang memiliki kualitas baik. Apabila dapat diusahakan, silakan Anda gunakan kabel dengan inti kawat, Janganlah gunakan yang jenis serabut. Orang rata-rata menyebut dengan istilah double kapsul karena selain kabel tersebut dibungkus dengan isolator warna, masing-masing isolator tersebut juga akan dibungkus kembali sehingga akan lebih aman.

Baca Juga:   Cara Membuat Rangkaian Stavolt Lengkap

Pakailah saklar maupun colokan yang memiliki kualitas bagus. Berdasarkan pengalaman dari penulis, apabila hanya sekedar menggunakan colokan maka tentunya akan mudah untuk meleleh. Sekedar saran saja, silakan Anda pakai colokan yang memiliki bentuk bulat karena rata-rata lebih kuat.

Silakan Anda bungkus masing-masing sambungan kabel tersebut menggunakan isolasi dengan rapat, jangan sampai terdapat kabel yang keluar. Setelah anda menyelesaikan tahapan tersebut, maka secara kelistrikan pompa air sudah siap untuk dipasang.

Cara memasang pompa air dengan dua sumber air yaitu air sumur dan air PDAM atau air PAM

Langkah tersebut tentunya bisa anda kerjakan apabila anda memiliki dua buah sumber air sekaligus, yaitu air sumur dan air PDAM. Sebelumnya, silakan Anda persiapkan beberapa bahan yang dibutuhkan.

  1. 2 buah keran yang nantinya bisa dipasang pada kedua sambungan paralon
  2. Segitiga paralon secukupnya
  3. Elbow secukupnya sesuai dengan keperluan anda
  4. Isolasi khusus untuk paralon
  5. Lem khusus untuk paralon

Cara memasang pompa air dengan dua sumber air

Langkah pertama, silakan Anda sambung paralon dan gunakan kedua buah trend untuk mengendalikan baik air sumur maupun air PDAM yang akan kita pakai. Apabila kita hendak memakai air PDAM, maka keren yang menuju sumur ditutup. Begitu juga sebaliknya, apabila kita hendak memakai air sumur, maka keran yang menuju ke PDAM silahkan ditutup..

Baca Juga:   Cara Menyambung Kabel Listrik Secara Paralel dan Seri

Itulah penjabaran singkat tentang cara menyambung kabel pompa air, khususnya adalah pompa air Shimizu yang bisa saya ulas Pada kesempatan kali ini. Selain bisa digunakan untuk menyedot dan mengalirkan air sumur, pompa air juga tentunya bisa digunakan untuk mengalirkan air PDAM atau air PAM apabila kekuatan sumbernya kurang kuat. Mudah-mudahan berguna dan bermanfaat untuk pengunjung sekalian. Terima kasih.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Fungsi Utama Kapasitor

Fungsi Utama Kapasitor Secara Lengkap

Apakah anda memahami fungsi utama kapasitor? Bagi Anda yang terjun di dunia elektronika baik sebagai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *