Home / Elektronika / Cara Menyambung Kabel Saklar Sendiri Dirumah

Cara Menyambung Kabel Saklar Sendiri Dirumah

Apakah anda ingin belajar cara menyambung kabel saklar sendiri di rumah? Tentunya, banyak keuntungan manakala anda mampu untuk menyambung kabel saklar sendiri dirumah. Selain menghemat waktu karena tidak perlu menunggu teknisi listrik datang kerumah, kemampuan di dalam menyambung kabel saklar sendiri di rumah akan menghemat biaya karena kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk membiayai tenaga dari teknisi listrik tersebut.

Cara Menyambung Kabel Saklar Sendiri Dirumah

Perlu kita pahami bersama bahwa saklar merupakan salah satu dari komponen peralatan kelistrikan yang memiliki kegunaan untuk memutuskan dan menghubungkan sirkuit serta mengubahnya menjadi memiliki beban maupun tidak. Ada beberapa jenis saklar yang beredar di pasaran, diantaranya adalah:

  1. Saklar impuls
  2. Saklar tukar
  3. Saklar silang
  4. Saklar ganda atau saklar seri
  5. Saklar tunggal

Dari sejumlah saklar di atas, jenis saklar yang paling sering dipakai pada instalasi listrik rumah yaitu saklar ganda maupun saklar tunggal. Sebenarnya, secara dasar konstruksi dari kedua jenis saklar tersebut adalah sama, hanya saja, untuk saklar ganda, pada 1 buah saklar terdapat dua tombol saklar tunggal.

Pada posting kali ini, saya akan mencoba mengulas bagaimana cara menyambung kabel saklar sendiri di rumah dengan harapan, setiap pembaca akan memahami sekaligus akan dapat memasang sendiri instalasi kelistrikan di rumah, terutama pada komponen saklar.

Kemampuan di dalam menyambung kabel saklar sendiri di rumah tentunya bisa diterapkan apabila terjadi kerusakan pada sebuah saklar sehingga Anda harus menggantinya dengan yang baru, atau anda hendak memasang saklar baru karena ingin menambah titik lampu.

Baca Juga:   Fungsi Utama Kapasitor Secara Lengkap

Sejumlah bahan dan peralatan yang dibutuhkan di dalam menyambung kabel saklar sendiri di rumah adalah sebagai berikut:

  1. Tespen
  2. Obeng jenis plus dan obeng jenis Min
  3. Saklar tunggal baru

Cara menyambung kabel saklar sendiri di rumah

Berikut ini adalah beberapa langkah Bagaimana cara kita menyambung atau memasang kabel saklar sendiri di rumah dengan aman

  1. Langkah pertama, Anda harus memastikan bahwa sumber tempat di mana anda hendak memasang instalasi saklar sudah aman dan tidak beraliran listrik. Biasanya, anda bisa mematikan MCB yang ada pada KWH meter. Pastikan pula bahwa seluruh kabel yang ada di dalam rumah sudah tidak beraliran listrik dengan memakai alat tespen
  2. Langkah berikutnya, silahkan anda lepas saklar yang sudah rusak. Caranya adalah dengan membuka menggunakan obeng, kemudian dilanjutkan dengan mencabut kabel yang terpasang pada saklar tersebut. Apabila saklar tersebut tidak berdampingan dengan stop kontak atau berdiri sendiri, maka anda akan melihat 2 buah kabel yang menandakan bahwa satu kabel merupakan fase keluar dan satu kabel lainnya menandakan fase masuk.
  3. Apabila jenis saklar yang anda bongkar adalah saklar ganda, maka anda akan menjumpai 3 kabel yang menandakan bahwa 2 buah kabel adalah kabel untuk fase keluar menuju ke masing-masing beban, satu kabel lainnya adalah fase masuk.
  4. Silakan Anda persiapkan saklar baru yang hendak dipasang. Untuk jenis saklar baru model sekarang ini, guna memasang kabel bisa dilakukan dengan lebih praktis karena hanya memakai teknik tekan dan lepaskan saja. Namun, pada beberapa merk tertentu masih menggunakan model lawas, yaitu memakai sekrup yang digunakan untuk menjepit serta mengencangkan kabel.
  5. Silakan Anda pasang kabel bekas maupun kabel yang tersedia yang sudah terpasang pada saklar lawas atau saklar sebelumnya pada bagian sebelah PIN warna merah dan sebelah PIN warna putih. Cara untuk memasangnya yaitu dengan menekan pin putih atau pin merah tersebut, kemudian silahkan Anda masukkan ujung kabel tersebut, kemudian setelah yakin sudah masuk maka silakan Anda lepaskan PIN tersebut. Dengan demikian, maka secara otomatis kabel yang masuk tersebut akan terpasang dengan kuat. Untuk warna PIN yang disediakan tidak menjadi masalah apabila anda memasang kabel nya terbalik.
  6. Apabila langkah diatas sudah berhasil, silakan Anda pasangkan kembali saklar tersebut pada tembok sesuai dengan tempatnya, kemudian silakan Anda Kencangkan sampai benar-benar terpasang kuat dan menempel kokoh pada tembok.
  7. Silahkan anda Nyalakan kembali MCB yang berada pada KWH meter, kemudian silakan Anda lakukan pengecekan Apakah saklar tersebut sudah dapat bekerja dengan baik atau belum. Caranya adalah dengan menghidupkan atau mematikan saklar tersebut serta melihat Apakah beban listrik yang terpasang pada saklar tersebut sudah dapat hidup atau mati.
  8. Apabila beban yang terpasang pada saklar tersebut sudah bisa dihidupkan atau dimatikan dengan menggunakan saklar, maka selamat bahwa anda sudah berhasil menyambung kabel saklar sendiri di rumah. Pada saat yang berbeda, tentunya anda bisa melakukan perbaikan saklar sendiri di rumah apabila mengalami kerusakan lagi.
  9. Apabila jenis saklar yang anda ganti adalah saklar ganda, maka prinsip kerja pada proses pemasangannya adalah sama. Yang membedakan adalah bahwa pada saklar ganda anda akan menjumpai 3 buah kabel, di mana pin dengan warna putih adalah fase masuk sehingga hanya ada satu kabel saja yang bisa dipasang pada pin warna putih tersebut. Secara otomatis kabel yang Anda masukkan kedalam PIN warna putih akan dicampur maupun disambungkan ke PIN warna putih untuk saklar yang satunya lagi. Sementara itu, dua kabel berikutnya Anda bisa masukkan ke fase keluar yang menuju ke beban listrik yang hendak dikendalikan.
  10. Selesai dan anda sudah berhasil memasang saklar lampu sendiri di rumah
Baca Juga:   Skema Rangkaian Mixer Handal Dan Sederhana

Demikianlah ulasan singkat mengenai cara menyambung kabel saklar sendiri di rumah dengan baik dan benar sehingga Anda tidak perlu lagi repot-repot memanggil teknisi listrik hanya untuk mengganti saklar yang rusak atau kabel yang terputus. Terima kasih, Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur Nilai Hambatan Pada Led

Cara Mengukur Nilai Hambatan Pada Led Dengan Sangat Mudah

Rata-rata, pemakaian dari lampu LED tersebut disuplai dari tegangan yang melewati titik kerja dari tegangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *