Home / Elektronika / Cara Menyambung Kabel Speaker Secara Seri dan Paralel

Cara Menyambung Kabel Speaker Secara Seri dan Paralel

Apakah Anda masih bingung bagaimana cara menyambung kabel speaker secara seri dan paralel? Bahkan, Sampai dengan saat ini masih banyak diantara pecinta Elektronika yang masih bingung cara menghubungkan atau menyambungkan speaker yang benar itu menggunakan susunan paralel atau susunan seri. Selanjutnya, mereka juga kadang bingung bagaimana cara menghitungnya. Sebenarnya, speaker bisa dihubungkan secara seri dan juga bisa dihubungkan secara paralel. Yang menjadi permasalahan hanyalah pada kapan kita bisa menghubungkan speaker secara seri dan kapan bisa menghubungkan speaker secara paralel.

Cara Menyambung Kabel Speaker Secara Seri dan Paralel

Proses menghubungkan atau menyambungkan kabel speaker secara seri dan secara paralel tentunya dimaksudkan untuk menyesuaikan kekuatan atau daya serta impedansi dari speaker serta power ampli yang digunakan. Berikut ini adalah pembahasan Bagaimana cara menyambung kabel speaker secara seri dan paralel.

Pada sebuah perangkat dan instalasi sound system, tentunya akan memakai speaker. Pada setiap speaker tentu akan memiliki impedansi dan daya. Disamping itu, total dari daya speaker yang terpasang juga wajib untuk diperhatikan. Di samping itu pula, impedansi total dari speaker yang terpasang juga wajib mendapat perhatian. Khusus untuk speaker yang menggunakan low impedansi yang rata-rata dimiliki pada speaker tanpa matching trafo. Pada speaker high impedance atau speaker yang menggunakan matching trafo, maka tentunya impedansi tidaklah dibutuhkan. Cukup mengandalkan daya total saja yang perlu untuk mendapat perhatian.

Baca Juga:   Skema Rangkaian Power Supply Sederhana Berkualitas

Guna bisa mendapatkan impedansi total yang pas dengan impedansi dari amplifier, maka tentunya sambungan maupun hubungan antar speaker bisa dikerjakan dengan tiga model, yaitu:

  1. Sambungan paralel seri
  2. Sambungan paralel
  3. Sambungan seri

Untuk ketiga jenis sambungan speaker di atas, bisa dijelaskan pada bagian dibawah ini.

Cara Menyambung Kabel Speaker Secara Seri dan Paralel

Cara Menyambung Kabel Speaker Secara Paralel Cara Menyambung Kabel Speaker Secara Seri

1. Sambungan seri pada speaker

Adapun cara menghitung sambungan seri pada speaker dari sisi impedansinya adalah dengan cara dijumlahkan saja. Demikian pula untuk daya yang dimiliki masing-masing speaker bisa langsung dijumlahkan. Rumus yang digunakan adalah sebagai berikut:

Impedansi total sama dengan jumlah impedansi speaker 1 dengan jumlah impedansi speaker 2, contohnya apabila speaker 1 memiliki impedansi 8 ohm dan speaker 2 memiliki impedansi 8 Ohm, maka total impedansinya adalah 16 Ohm

Demikian pula untuk daya total yang dimiliki oleh speaker Dimana merupakan jumlah total dari gaya masing-masing speaker. Jika speaker 1 memiliki daya sebesar 10 watt dan speaker 2 memiliki daya sebesar 10 watt, maka daya total yang ada adalah 20 watt.

Baca Juga:   Cara Menyolder Komponen LED SMD pada HP

2. Sambungan paralel pada speaker

Apabila impedansi dari total speaker yang diparalel adalah sama, maka impedansi akhir yang dipakai adalah salah satu speaker saja Kemudian dibagi dengan jumlah speaker yang terpasang. Contohnya, apabila terpasang 2 buah speaker dengan impedansi 8ohm, maka impedansi akhir dari sambungan paralel tersebut adalah 8 Ohm dibagi 2 sehingga hasilnya adalah 4 Ohm. Contoh lainnya, misal Terdapat 4 buah speaker di mana masing-masing speaker memiliki impedansi 8 Ohm, maka impedansi total yang dimiliki oleh sambungan paralel tersebut adalah 8 Ohm dibagi 4, hasilnya adalah 2 Ohm.

Lantas, bagaimana dengan daya yang dimiliki Pada sambungan paralel? Untuk menghitung daya pada sambungan paralel adalah sama dengan menghitung daya pada sambungan seri. Artinya, total daya yang dimiliki Pada sambungan paralel adalah Jumlah daya dari masing-masing speaker yang terpasang.

3. Sambungan seri paralel

Sambungan seri paralel merupakan gabungan dari sambungan paralel dan sambungan seri yang dijadikan satu. Oleh sebab itu, untuk proses menghitungnya, maka sambungan secara seri harus dicari terlebih dahulu nilai impedansi totalnya. Selanjutnya, dicari Nilai total untuk sambungan paralel. Sementara untuk menilai dayanya cukup ditambahkan saja.

Baca Juga:   Cara Menyambung Kabel Listrik Satu Saklar Dua Lampu

Contoh perhitungannya bisa anda lihat pada bagian dibawah ini:

  • Impedansi seri 1 = 16 ohm + 16 ohm = 32 ohm
  • Impedansi seri 2 = 16 ohm + 16 ohm = 32 ohm
  • Impedansi paralel = Impedansi seri 1 x Impedansi seri 2 / Impedansi seri 1 + Impedansi seri 2 = 32 ohm x 32 ohm / 32 ohm + 32 ohm = 1024 ohm / 64 ohm = 16 ohm

Atau

Impedansi = 32 ohm / 2 = 16 ohm

Jadi impedansi total speaker adalah 8 ohm

Total daya pada speaker:

P = 20W + 20W + 20W + 20W = 80W

Harapan penulis, setelah anda memahami cara mengetahui nilai total dari impedansi dan daya pada sebuah speaker, maka sudah tidak ada lagi kekeliruan di dalam menyambung kabel speaker secara seri dan paralel. Intinya, kita bisa memilih model susunan pemasangan speaker, apakah disusun secara seri maupun disusun secara paralel berdasarkan kebutuhan dan pertimbangan besarnya daya output dari amplifier.

Mudah-mudahan, tutorial mengenai cara menyambung kabel speaker secara seri dan paralel diatas bisa berguna dan bermanfaat untuk anda dan pada akhirnya Anda dapat merangkai speaker dan menghasilkan suara yang baik. Terima kasih dan selamat mencoba, Semoga berhasil.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Skema Rangkaian Inverter Sederhana Berdaya Besar

Skema Rangkaian Inverter Sederhana Berdaya Besar

Skema rangkaian inverter sederhana berdaya besar dari tegangan DC ke AC yang akan saya berikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *