Home / Elektronika / Cara Menyambung Kabel Stop Kontak

Cara Menyambung Kabel Stop Kontak

Ada banyak alasan mengapa orang ingin mempelajari cara menyambung kabel stop kontak sendiri karena seringkali di rumah terjadi kerusakan pada stop kontak yang memaksa pengguna untuk bisa memperbaiki sendiri tanpa harus memanggil teknisi listrik. Dengan memiliki keterampilan menyambung kabel stop kontak sendiri, maka akan didapat sejumlah kelebihan, di antaranya adalah bisa menghemat pengeluaran karena tidak perlu membayar jasa dari teknisi listrik. Selain itu, waktu kita juga tidak terbuang percuma karena kita bisa langsung melakukan perbaikan kabel stop kontak tanpa menunggu terlalu lama teknisi listrik datang.

Cara Menyambung Kabel Stop Kontak

Bisa dikatakan, menyambung kabel stop kontak merupakan perkara yang mudah. Akan tetapi, bagi sejumlah orang yang belum begitu familiar dengan berbagai macam peralatan listrik maka tentunya akan merasa sedikit khawatir karena berurusan dengan listrik cukuplah berbahaya. Ada sejumlah hal yang wajib untuk Anda pahami sebelum anda memulai mencoba menyambung kabel stop kontak sendiri.

Peralatan yang dibutuhkan

Sebelum anda memulai mencoba menyambung kabel stop kontak sendiri, maka silakan Anda siapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan. Tujuannya adalah agar anda tidak kerepotkan Pada saat Anda sudah mulai memperbaiki sambungan dari kabel stop kontak yang rusak tersebut.

Baca Juga:   Cara Mengukur Baterai Dari Sisi Tegangan
  1. Stop kontak merupakan sebuah lubang yang digunakan untuk menghubungkan steker dengan sejumlah alat elektronika atau peralatan listrik yang lainnya. Rata-rata, stop kontak yang ada di Indonesia terdiri atas 2 lubang yang nantinya akan diikat dengan 2 buah baut. Berdasarkan Wikipedia yang dimaksud dengan stop kontak yaitu Sebuah alat yang digunakan untuk memutuskan manakala terjadi kontak antara arus negatif, arus positif dan juga grounding instalasi listrik.
  2. Test pen Merupakan sebuah peralatan yang dipakai untuk menguji apakah sebuah kabel listrik sedang memiliki arus listrik atau tidak. Pada tespen terdapat sebuah lampu indikator yang akan menyala manakala bagian ujung tespen ditempelkan pada kabel yang beraliran listrik.
  3. MCB adalah sebuah peralatan listrik yang memiliki fungsi dan dipakai oleh pihak PLN guna memberikan batasan arus listrik yang masuk ke rumah sekaligus digunakan sebagai pengaman pada sebuah instalasi listrik dirumah. MCB memiliki fungsi sebagai pengaman dari konsleting dan juga memiliki fungsi sebagai pengaman beban yang berlebihan.
  4. Jumper yaitu sebuah teknik atau cara menyambung dua buah jalur dengan cara langsung, rata-rata memakai kabel
  5. Klem, yaitu alat yang digunakan untuk mengikat dan memastikan bahwa kabel tetap kuat dan tidak bisa bergerak dari posisi awal.
  6. Kabel
  7. Tang buaya
  8. Obeng plus
  9. Obeng minus
Baca Juga:   Cara Menyambung TV Kabel Paralel

Cara menyambung kabel stop kontak

Tahapan pertama yang perlu Anda kerjakan yaitu memastikan bahwa arus listrik yang mengalir pada kabel yang ada di dalam rumah bisa diputus. Anda bisa mematikan arus listrik di dalam rumah dengan cara menurunkan MCB yang ada pada KWH meter.

Sebelum anda memulai untuk membongkar stopkontak yang hendak diganti, anda juga wajib memastikan bahwa pada kabel stop kontak tersebut sudah tidak lagi ada aliran arus listrik. Gunakan test pen untuk mengeceknya. Silakan Anda tempelkan ujung tespen pada kabel, Jika lampu indikator pada tespen tidak menyala, maka berarti instalasi listrik di rumah sudah tidak teraliri arus listrik.

  1. Mulailah dengan membuka bagian dudukan stop kontak dengan memakai obeng plus
  2. Begitu dudukan stop kontak terbuka, maka anda akan melihat rangkaian dari stop kontak yang terdiri atas tiga kabel, yaitu fasa stop kontak, fasa keluar dan fasa masuk.
  3. Silahkan anda ganti stop kontak tersebut dan pasanglah kabel sesuai dengan posisi pemasangan kabel di stop kontak sebelumnya
  4. Setelah anda menyelesaikan pekerjaan memasang stop kontak, Silakan anda Pastikan bahwa rangkaian pada stop kontak tersebut bisa bekerja dengan normal.
  5. Silakan Anda Nyalakan kembali MCB yang ada pada KWH meter guna memastikan bahwa stop kontak yang anda pasang sudah berjalan dengan normal. Caranya, silakan Anda gunakan untuk menghubungkan keperalatan elektronika dan Nyalakan alat elektronika tersebut.
Baca Juga:   4 Cara Menyambung Kabel Listrik Paling Umum di PLN

Demikianlah penjabaran singkat Mengenai cara menyambung kabel stop kontak yang baik dan benar sehingga stop kontak yang rusak pada instalasi listrik di rumah Anda bisa anda perbaiki sendiri tanpa harus memanggil teknisi listrik. Terima kasih dan selamat mencoba, keberanian mencoba adalah merupakan salah satu hal yang menentukan keberhasilan Anda di dalam mempraktekkan tutorial di atas.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Skema Rangkaian Inverter Sederhana Berdaya Besar

Skema Rangkaian Inverter Sederhana Berdaya Besar

Skema rangkaian inverter sederhana berdaya besar dari tegangan DC ke AC yang akan saya berikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *