Home / Elektronika / Cara Menyambung Kabel Tape Mobil

Cara Menyambung Kabel Tape Mobil

Apakah anda ingin mempelajari cara menyambung kabel tape mobil sendiri? Hal tersebut dilatarbelakangi karena ketika kita mempunyai mobil baru, rata-rata tape atau head unit masih merupakan tape standar. Rata-rata, tape jenis standar tersebut tidaklah menggunakan CD atau DVD, namun masih memakai kaset pita biasa. Untuk mengganti tape mobil yang sudah mendukung CD atau DVD bahkan USB flashdisk, maka tentunya kita harus melepas tape mobil standar tersebut.

Cara Menyambung Kabel Tape Mobil

Setelah Anda membeli tape mobil yang mendukung beberapa fitur, maka tantangan berikutnya adalah Memasang tape mobil tersebut ke mobil. Hal tersebut disebabkan karena jumlah kabel yang disediakan pada tape mobil sangatlah banyak dan memiliki fungsi yang berbeda-beda. Apabila kita salah di dalam memasangnya, maka bisa dipastikan, mobil tersebut tidak akan bisa berfungsi.

Berikut ini adalah urutan demi urutan Bagaimana cara menyambung kabel tape mobil, artinya dimulai dari proses membongkar tape mobil yang lama kemudian memasang tape mobil yang baru. Silakan Anda ikuti dengan seksama dan hati-hati supaya pekerjaan anda bisa berjalan dengan lancar.

Tahapan pertama yang perlu Anda kerjakan adalah dengan membuka bagian dasbor mobil, lakukan dengan hati-hati karena sedikit Riskan jika Anda belum pernah membuka. Namun, apabila tipe mobil anda adalah tipe dari pabrikan Toyota seperti Toyota Corolla, Toyota Rush, Toyota Avanza, dan Toyota Soluna serta mobil pabrikan Daihatsu seperti Daihatsu Terios, Daihatsu Xenia dan juga pabrikan dari Mitsubishi seperti Mitsubishi kuda, maka bisa dilakukan dengan cukup mudah karena bagian bautnya sudah terlihat Cukup jelas. Bahkan, tipe mobil seperti Xenia dan Avanza memakai model kancing saja sehingga hanya dibutuhkan berhati-hati yang didalam membukanya.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Genset Tidak Keluar Tegangan

Apabila jenis mobil yang anda miliki adalah jenis Honda Jazz, Grand Max maupun CRV, maka mempunyai baut yang cukup dirahasiakan pada bagian dalam. Anda wajib untuk membuka beberapa komponen yang lain sebelum bisa melihat laut yang ada didalamnya tersebut. Pada Toyota Kijang, anda wajib untuk membuka dasbor secara keseluruhan. Sementara itu, pada Daihatsu Espass Isuzu Panther dan Futura menggunakan selongsong, tidak menggunakan bracket sehingga cukup ditarik saja.

Setelah bagian dasbor mobil tersebut terbuka, Maka anda bisa melepas bagian tape mobil tersebut. Silakan Anda lepas bagian soketnya yang berada pada bagian belakang. Silahkan anda potong satu demi satu kabel yang ada, jangan langsung bersamaan. Hal tersebut disebabkan karena ada salah satu kabel yang berisi arus listrik sehingga sangat dimungkinkan terjadi hubung singkat apabila dipotong secara bersamaan. Setelah selesai, silahkan Anda ambil soket head unit yang hendak dipasang. Jika warna-warna kabel yang ada pada head unit atau tape mobil sama dengan tape mobil yang sebelumnya, maka silahkan anda Sambung saja. Akan tetapi, jika berbeda maka anda bisa menggunakan panduan sebagai berikut:

  1. Kabel warna merah dihubungkan ke Acc
  2. Kabel warna kuning dihubungkan ke arus listrik secara langsung
  3. Kabel warna hitam dihubungkan ke ground atau massa
  4. Kabel warna abu-abu dihubungkan ke sebelah kanan depan +
  5. Kabel warna abu-abu setrip dihubungkan ke sebelah kanan depan –
  6. Kabel warna putih dihubungkan ke sebelah kiri depan +
  7. Kabel warna putih strip dihubungkan ke sebelah kiri depan –
  8. Kabel warna ungu dihubungkan ke sebelah kanan belakang +
  9. Kabel warna ungu strip dihubungkan ke sebelah kanan belakang –
  10. Kabel warna hijau dihubungkan ke sebelah kiri belakang +
  11. Kabel warna hijau strip dihubungkan ke sebelah kiri belakang –
Baca Juga:   Cara Mengukur Tegangan Trafo Dengan Avometer Setelah Diubah Dari AC Ke DC

Kadangkala, terdapat juga warna kabel yang berlainan, akan tetapi cukup jarang ditemukan di pasaran. Berikut ini adalah urutannya.

  1. Kabel warna merah dihubungkan ke bagian Acc
  2. Kabel warna kuning dihubungkan langsung ke bagian arus listrik
  3. Kabel warna hitam dihubungkan ke bagian ground atau massa
  4. Kabel warna abu-abu dihubungkan ke bagian kanan depan +
  5. Kabel warna abu-abu strip dihubungkan ke bagian kanan depan –
  6. Kabel warna hijau dihubungkan ke bagian kiri depan +
  7. Kabel warna hijau strip dihubungkan ke bagian kiri depan –
  8. Kabel warna biru dihubungkan ke bagian kanan belakang +
  9. Kabel warna biru strip dihubungkan ke bagian kanan belakang –
  10. Kabel warna coklat dihubungkan ke bagian kiri belakang +
  11. Kabel warna coklat setrip dihubungkan ke bagian kiri belakang –

Demikianlah Uraian singkat tentang cara menyambung kabel Tape mobil yang bisa saya ulas pada pembahasan kali ini. Mudah-mudahan, Bagi anda yang sekarang ini sedang mencari referensi dan panduan cara mengganti tape mobil bisa terbantu dan pekerjaan Anda bisa selesai dengan cepat dan berhasil. Terima kasih, Selamat mencoba dan salam sukses untuk Anda semuanya.

Baca Juga:   Cara Menyambung Kabel Data USB

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur Nilai Hambatan Pada Led

Cara Mengukur Nilai Hambatan Pada Led Dengan Sangat Mudah

Rata-rata, pemakaian dari lampu LED tersebut disuplai dari tegangan yang melewati titik kerja dari tegangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *