Home / Elektronika / Cara Menyambung Kabel Telepon

Cara Menyambung Kabel Telepon

Walaupun pekerjaan menyambung kabel telepon bukan merupakan tugas kita, namun cara menyambung kabel telepon perlu kita pelajari supaya suatu saat nanti kita bisa melakukan perbaikan pada kabel telepon apabila mengalami permasalahan. Contohnya adalah ketika telepon rumah kita bermasalah di malam hari, pastinya kita membutuhkan proses perbaikan secepatnya. Akan tetapi, di malam hari sangat tidak memungkinkan untuk memanggil teknisi telepon untuk memperbaiki permasalahan tersebut.

Cara Menyambung Kabel Telepon

Selain itu, ketika kita bisa melakukan penyambungan kabel telepon sendiri, maka kita akan menghemat biaya karena kita tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk membayar teknisi telepon tersebut. Lantas, Bagaimana cara menyambung Kabel telepon dengan baik dan benar? Tentunya, tutorial yang dimaksud akan saya bahas pada posting kali ini. Silahkan anda ikuti terus supaya Anda bisa mendapatkan pencerahan Bagaimana cara menyambung kabel telepon yang baik dan benar.

Memasang dan juga menyambung kabel telepon sebenarnya dapat dikerjakan dengan cukup mudah dibandingkan ketika kita memasang atau menyambung kabel LAN. Hal tersebut disebabkan karena kabel telepon hanyalah mempunyai 4 kabel, yang mana proses dari pemasangan 4 kabel tersebut akan jauh lebih mudah.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Medan Magnet

Bahkan, bagi Anda yang sudah familiar dan terbiasa melakukan pemasangan dan penyambungan kabel Line, maka dapat dipastikan anda akan sangat lancar di dalam menyambung kabel telepon tersebut. Satu hal yang harus difokuskan oleh anda pada saat menyambung kabel telepon adalah pemahaman terhadap urutan warna.

Baiklah, mari kita mulai latihan dan belajar cara menyambung kabel telepon. Peralatan yang harus anda miliki pada saat anda hendak menyambung kabel telepon adalah konektor RJ 11, Tang crimping dan juga kabel telepon. Selanjutnya, setelah anda mempunyai seluruh peralatan yang diperlukan, tahapan berikutnya yaitu proses penyambungan nya. Adapun urutan cara menyambung kabel telepon bisa diterangkan pada uraian berikut ini.

Cara menyambung kabel telepon

Guna meyakinkan sekaligus memastikan jika suatu saat nanti anda akan menemukan Warna kabel yang berlainan, maka tentunya Anda dapat memakai urutan sebagai berikut:

  1. Apel dengan warna merah disambungkan dengan warna merah, kabel dengan warna putih disambungkan dengan warna hijau yang dipasangkan ke alat telepon.
  2. Selanjutnya, kabel dengan warna biru disambungkan dengan warna merah, dan kabel dengan warna putih disambungkan dengan warna hijau yang nantinya akan dihubungkan ke peralatan PABX.
Baca Juga:   Cara Menyambung Kabel Fiber Optik

Itulah penjabaran singkat tentang cara menyambung kabel telepon yang bisa saya ulas pada posting kali ini. Intinya, anda cukup memahami Urutan kabel telepon saja, maka anda sudah bisa memasang dan menyambung kabel telepon tersebut. Proses pemasangan kabel telepon ke konektor rj11 tentunya sama dengan cara pemasangan konektor pada rj45. Mudah-mudahan, tutorial Pada kesempatan kali ini bermanfaat dan berguna bagi pengunjung sekalian.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur Nilai Hambatan Pada Led

Cara Mengukur Nilai Hambatan Pada Led Dengan Sangat Mudah

Rata-rata, pemakaian dari lampu LED tersebut disuplai dari tegangan yang melewati titik kerja dari tegangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *