Home / Elektronika / Cara Menyambung Kabel TV Yang Kurang Panjang

Cara Menyambung Kabel TV Yang Kurang Panjang

Apakah anda sekarang ini sedang mencari tutorial cara menyambung kabel TV yang kurang panjang Karena sekarang ini televisi yang sering Anda tonton acaranya berpindah tempat dan ternyata kabel antena televisi tidak bisa menjangkau di tempat yang baru? Apabila Iya, maka silakan Anda Baca terus artikel kali ini karena saya akan mencoba membahas cara menyambung kabel TV.

Cara Menyambung Kabel TV Yang Kurang Panjang

Disamping permasalahan di atas, kadangkala ketika kita membeli antena baru juga kabel yang disediakan tidak terlalu panjang dimana tidak bisa menjangkau lokasi TV yang ada di dalam rumah. Tidak ada jalan lain selain melakukan proses penyambungan kabel TV tersebut supaya bisa mencapai jarak antara antena televisi dengan lokasi televisi yang ada di dalam rumah.

Lalu, apakah ada hal khusus di dalam belajar tentang cara menyambung kabel TV yang kurang panjang tersebut? Tentunya tidak ada karena proses atau cara menyambung kabel TV tidaklah membutuhkan tips dan trik khusus. Yang dibutuhkan hanyalah niat saja dan didukung oleh peralatan dan bahan yang harus ada sehingga proses penyambungan kabel TV bisa berjalan dengan lancar.

Baca Juga:   Cara Membuat ATS Genset Paling Lengkap

Cara menyambung kabel TV yang kurang panjang

Berikut ini adalah cara melakukan penyambungan kabel TV yang kurang panjang sehingga didapat hasil sambungan yang baik dan Tidak terlalu banyak mengurangi kualitas sinyal dari antena televisi tersebut.

  1. Mulailah dengan mengupas bagian pembungkus kabel paling luar yang hendak disambung. Potonglah dengan jarak sekitar 4 cm sampai dengan 5 cm. Pada beberapa produk kabel antena televisi yang memiliki kualitas kurang bagus, seringkali akan sangat mudah putus sehingga Anda harus berhati-hati dan dilakukan dengan kesabaran yang tinggi.
  2. Selanjutnya, silakan Anda lanjutkan untuk mengubah sebagian pembungkus kabel Inti atau sering disebut dengan kabel tembaga. Pada proses pengupasan pembungkus kabel inti tersebut, jarak dari bagian pangkal kabel serabut sekitar 1 cm.
  3. Langkah berikutnya silakan Anda sambungkan kedua ujung Abdul yang hendak disambungkan dengan menggunakan Jack antena jantan dan juga cek antena betina. Langkahnya adalah Anda harus membuka maupun mengendorkan penutupnya terlebih dahulu, kemudian silahkan Anda masukkan ke dalam kabel antena agar bagian yang akan disambung tersebut dapat tertutup kembali. Selanjutnya, bagian kabel tembaga dimasukkan di bagian yang terdapat baut, caranya adalah dengan mengendorkan baut itu terlebih dahulu, selanjutnya Anda bisa memasukkan kabel tembaga tersebut lalu dikencangkan bagian bawahnya. Berikutnya, kabel serabut dimasukkan ke dalam bagian yang lainnya, lalu dijepitkan ke bagian tersebut.
  4. Lakukan pemeriksaan sekali lagi, jangan sampai terdapat kabel serabut yang menempel pada bagian kabel tembaga sehingga menyebabkan konslet. Setelah anda yakin bahwa sambungan sudah benar-benar rapi, silakan Anda tutup sambungan tersebut dengan memakai penutup Jack.
  5. Setelah proses pemasangan kabel pada masing-masing Jack selesai, silakan Anda hubungkan antara jack betina dengan jack jantan, Dan akhiri dengan menutup menggunakan isolasi agar kebocoran sinyal dan karat bisa dihindari.
  6. Selesai dan Anda bisa melakukan uji coba terhadap sambungan tersebut Apakah sinyal dari antena televisi bisa diterima dengan baik pada televisi atau tidak.
Baca Juga:   Inilah Perbedaan TV Analog, TV digital dan HDTV

Sekian penjabaran singkat tentang bagaimana cara menyambung kabel TV yang kurang panjang atau tidak mencapai unit televisi karena jarak antara antena televisi dengan unit televisi tersebut terlalu jauh. Mudah-mudahan, setelah anda membaca dan memahami cara menyambung kabel TV tersebut, maka anda memiliki keterampilan pada bidang tersebut sehingga pada akhirnya Anda bisa maintenance terhadap kerusakan kerusakan kecil pada televisi. Terima kasih dan selamat mencoba, Semoga berhasil.

Artikel menarik lainnya

Cara Menyambung Kabel Antena TV Yang Benar

Cara Menyambung Kabel Antena TV Yang Benar

Cara menyambung kabel antena sebenarnya bukanlah perkara yang sulit untuk dikerjakan. Hanya saja, apabila cara …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *