Home / Elektronika / Cara Menyambung Kabel Tweeter Mobil

Cara Menyambung Kabel Tweeter Mobil

Apakah sekarang ini anda mencari cara menyambung kabel Tweeter mobil dengan baik dan benar sehingga kualitas audio yang dihasilkan juga cukup baik? Apabila Iya, maka silakan Anda Baca terus tutorial berikut ini karena saya akan mencoba untuk membahas secara sederhana cara menyambung kabel Tweeter pada mobil.

Cara Menyambung Kabel Tweeter Mobil

Namun, sebelumnya perlu kita pahami bersama bahwa sebuah sound system merk JVC yang dipasang pada mobil dengan merek Suzuki Karimun Wagon R bisa dikatakan cukup baik. Spesial pada tipe GL, walaupun hanya terdapat sepasang speaker di bagian pintu depan, single Din, namun ternyata memiliki suara bass, treble dan juga middle yang sangat aman di telinga kita.

Akan tetapi, bagi yang sekarang ini mempunyai keinginan lebih, maka anda bisa menambahkan speaker di bagian belakang, Tweeter tambahan serta beberapa subwoofer yang lainnya.Dengan model seperti itu, maka suara yang dihasilkan akan semakin menggelegar.

Baiklah, Berikut ini akan coba admin bahas tentang proses pemasangan Tweeter pada dasbor mobil yang bermerek Wagon R. Untuk speaker bagian belakang serta subwoofer kita bahas belakangan.

Baca Juga:   Cara Merawat Tv Led Agar Awet

Cara Menyambung Kabel Tweeter Mobil

Beberapa hal yang perlu Anda siapkan untuk memulai tutorial tersebut adalah kabel dua arah dengan panjang 2 meter dengan harga sekitar Rp. 50.000, unit speaker Tweeter 1 pasang dengan harga sekitar Rp. 40.000, gunting atau cutter dan isolatip karet.

Pada langkah perdana, silakan Anda buka bagian cover pilar yang posisinya ada di bagian bawah dasbor sebelah kanan dan kiri.Pada bagian dasbor sebelah kiri bagian keroknya ada di posisi belakang dan ada di dekat ruang api. Cara melepasnya adalah dengan cara ditarik dari panelnya. Untuk posisi sebelah kiri, bagian knop berdekatan dengan tuas gas. Cara melepasnya adalah dengan menekan knot terlebih dahulu, kemudian baru dilakukan penarikan.

Setelah anda berhasil membuka dasbor mobil tersebut silahkan anda lanjutkan untuk menentukan kabel speaker yang hendak digunakan. Pada speaker kiri, rata-rata kabel yang digunakan adalah yang memiliki warna pink serta pink garis putih putih. Sementara itu, untuk speaker sebelah kanan, kabelnya dibedakan dengan warna abu-abu serta abu-abu bergaris merah. Pada tahap ini, anda juga bisa mengelupas karet kabel nya, lanjutkan denganmenghubungkan kawat dengan kawat pada kabel Tweeter. Atur supaya panjang kabel dapat cukup sampai ke bagian dasbor.

Baca Juga:   Medan Magnet Bumi Beserta Peranannya

Apabila seluruh bagian sudah tersambung, maka silahkan anda putar musik, yang melakukan pengetesan Apakah Tweeter sudah berfungsi dengan baik atau belum. Jika ternyata Tweeter tersebut sudah bisa bekerja dengan normal, maka lanjutkan dengan menutup sambungan kabel, kemudian rekatkan.

Tahap yang tidak kalah penting adalah menempelkan komponen speaker Tweeter pada bagian dasbor mobil dengan cara memakai doubletip biasa. Selanjutnya, silakan Anda merapikan kabel dengan cara menyembunyikan di bagian tengah dashboard supaya tidak mudah untuk terlihat. Setelah keseluruhan proses pemasangan kabel Tweeter mobil selesai, makan akhiri dengan menutup kembali cover pilar.

Sekian penjabaran singkat mengenai cara menyambung kabel Tweeter mobil dengan baik dan benar sehingga hasil alunan dari musik dengan nada tinggi juga bisa terdengar jelas dan jernih sehingga pada akhirnya akan meningkatkan mutu dan kualitas dari sound itu sendiri. Terima kasih dan selamat mencoba, semoga sukses.

Artikel menarik lainnya

Cara Menyambung Kabel Speaker Secara Seri dan Paralel

Cara Menyambung Kabel Speaker Secara Seri dan Paralel

Apakah Anda masih bingung bagaimana cara menyambung kabel speaker secara seri dan paralel? Bahkan, Sampai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *