Home / Elektronika / Cara Menyambung Kabel USB Dengan UTP untuk Perpanjangan

Cara Menyambung Kabel USB Dengan UTP untuk Perpanjangan

Mungkin saja Anda sekarang ini sedang mencari tutorial cara menyambung kabel USB dengan UTP untuk perpanjangan karena ternyata modem USB Anda tidak mampu mendeteksi sinyal GSM karena lokasinya yang terlalu rendah. Sementara itu, anda ingin menaruh modem USB di tempat yang lebih tinggi, namun apa daya karena kabel perpanjangan USB yang anda miliki hanyalah 1 meter saja.

Cara Menyambung Kabel USB Dengan UTP untuk Perpanjangan

Memang, kabel perpanjangan USB yang bisa anda peroleh dengan cara membeli di toko aksesoris komputer. Bahkan panjangnya juga sudah cukup beragam, mulai dari 1 meter, 5 meter sampai dengan 10 meter. Namun, ternyata semakin panjang kabel perpanjangan USB akan semakin membuat arus listrik yang mengalir semakin kecil dan pada akhirnya habis. Hal tersebut akan mengakibatkan USB Modem tidak bisa terdeteksi.

Dari latar belakang tersebutlah saya akan mencoba mengulas Bagaimana cara menyambung kabel USB dengan UTP untuk perpanjangan karena membuat kabel USB dengan UTP akan membuat arus listrik yang berasal dari port USB bisa tetap masuk ke alat USB Modem walaupun dengan jarak yang cukup panjang. Hal tersebut dikarenakan kabel UTP berisi inti kabel yang terdiri dari kawat kecil sehingga akan mudah mengalirkan arus listrik dan tidak akan banyak yang terbuang.

Baca Juga:   Cara Menyambung Kabel Mic Yang bermasalah

Cara menyambung kabel USB dengan UTP untuk perpanjangan

Sebelum kita mulai membahas Bagaimana urutan cara menyambung kabel USB dengan UTP untuk perpanjangan, alangkah baiknya kita mempersiapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan untuk kebutuhan tersebut.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

  1. Kabel UTP atau kabel LAN yang sering dipakai untuk jaringan dengan panjang secukupnya
  2. Kabel USB standar, ada yang panjangnya setengah meter, ada pula yang panjangnya 1 meter.

Tahapan di dalam menyambung kabel USB dengan UTP untuk perpanjangan

1. Tahap pertama

Terlebih dahulu, silakan Anda lakukan pengetesan kabel USB anda dengan komputer. Pastikan bahwa kabel USB tersebut bekerja dengan baik. Caranya, anda bisa menancapkan kabel tersebut dan memberikan Perangkat berupa USB flash disk. Apabila flashdisk tersebut terbaca dengan sempurna, maka kabel USB tersebut bisa disimpulkan dalam kondisi baik.

2. Tahap kedua

Silakan Anda potong kabel USB tersebut menjadi dua bagian. Nantinya, anda akan menjumpai kabel kecil di dalam kabel USB tersebut dengan jumlah 4 dan memiliki perbedaan warna, yaitu warna hijau, warna putih, warna hitam dan warna merah. Warna merah dan warna hitam rata-rata memiliki tegangan sebesar 5 volt. Sementara itu kabel yang berwarna hijau dan putih biasanya digunakan sebagai transfer data pada USB.

Baca Juga:   Cara Menyolder Stainless Dengan Cukup Mudah

3. Tahap ketiga

Silakan lakukan pemotongan dan kupas bagian ujung kabel LAN. Pada kabel LAN tersebut berisi kabel kecil sebanyak 8 dengan warna yang berbeda-beda. Silahkan anda Gabungkan ke-8 kabel LAN tersebut menjadi 4 bagian dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Jadikan satu kabel dengan warna putih Orange dan orange
  • Jadikan satu kabel yang berwarna putih hijau
  • Jadikan satu kabel yang berwarna hijau
  • Carikan satu kabel yang berwarna coklat, putih coklat, biru, dan putih biru

Tahap keempat

Silakan Anda sambungkan ujung ujung kabel LAN dengan ujung-ujung kabel USB dengan aturan sebagai berikut:

  1. Kabel merah pada USB silakan hubungkan dengan gabungan kabel LAN dengan warna putih Orange dan orange
  2. Kabel putih pada USB silakan hubungkan dengan kabel LAN yang berwarna putih
  3. Kabel hijau pada USB silahkan anda hubungkan dengan kabel LAN yang berwarna hijau
  4. Kabel hitam pada USB silahkan anda hubungkan dengan gabungan kabel LAN yang berwarna coklat, putih coklat, biru dan putih biru.

Selanjutnya, Silakan anda Pastikan bahwa setiap sambungan sudah diisolasi dengan baik dan rapat sehingga meminimalisir terjadinya konsleting ataupun terkena cipratan air dari luar.

Baca Juga:   Cara Kerja Sistem Pendingin AC Secara Umum

Tahap kelima

Tahap kelima merupakan tahap terpenting yakni merubah settingan USB port Speed yang berada pada motherboard supaya berubah menjadi USB 1.1. Jangan menggunakan USB 2.0. Kecepatan Port USB 1.1 maksimal nya adalah 10 mbps. Jadi, kecepatan seperti itu akan lebih reliable untuk proses penarikan jarak jauh Apabila dibandingkan dengan USB 2.0.

Langkah pengetesan Apakah sambungan kabel USB dengan UTP untuk perpanjangan sudah berhasil atau tidak yaitu dengan cara menghubungkan dengan USB wifi. Apabila terjadi scanning dan lampu LED pada USB wifi berkedap-kedip maka sambungan tersebut berhasil. Selain itu, ketika kabel tersebut digunakan untuk perangkat flashdisk, maka jika menggunakan komputer maka dapat dibuka sekaligus bisa mengcopy paste file.

Demikianlah tutorial singkat bagaimana cara menyambung kabel USB dengan UTP untuk perpanjangan sehingga peralatan Anda yang menggunakan konektor USB bisa diletakkan pada jarak yang cukup jauh. Utamanya adalah modem USB yang mana kerapkali membutuhkan penempatan di luar ruangan dan tentunya membutuhkan kabel yang cukup panjang. Terima kasih, Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur Ampere Dengan Multitester

Cara Mengukur Ampere Dengan Multitester Paling Mudah

Bagi yang sudah Mahir di dunia elektronika maupun kelistrikan tentu tidak akan memiliki masalah tentang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *