Home / Hardware / Cara Menyambung Kabel Vga Pada Laptop Ke TV

Cara Menyambung Kabel Vga Pada Laptop Ke TV

Apakah sekarang ini anda sedang bingung mencari cara menyambung kabel VGA pada laptop ke TV? Maksudnya adalah supaya tampilan dari layar laptop bisa dipindahkan ke televisi? Apabila Iya, maka tentunya anda berada pada artikel yang tepat karena pada posting kali ini saya akan mencoba mengulas tentang bagaimana cara menyambung kabel VGA pada laptop ke TV supaya layar laptop yang anda miliki bisa berubah memiliki ukuran yang lebih besar.

Cara Menyambung Kabel Vga Pada Laptop Ke TV

Tentunya, ada sejumlah cara yang bisa anda lakukan guna bisa menyambung kabel VGA pada laptop ke TV. Disamping itu, keberhasilan didalam menyambung kabel VGA pada laptop ke TV juga sangat bergantung kepada port yang disediakan pada laptop dan juga pada TV yang anda miliki. Pada contoh kali ini, saya memakai komputer merk Compaq sistem operasi Windows dan televisi Sony Bravia HDTV.

Langkah cara menyambung kabel VGA pada laptop ke TV

1. Langkah pertama

Sejumlah besar laptop maupun komputer mempunyai port Expedia yang bisa langsung dihubungkan ke input S video di layar LCD TV yang anda miliki dengan memakai kabel S video yang harganya sangat murah. Kapolres video tersebut memiliki bentuk bulat dengan jumlah PIN 4 ataupun 7. Namun, jika anda mempunyai monitor dengan umur yang lebih tua, maka anda bisa memakai jenis kabel VGA 15-pin guna menghubungkan laptop atau komputer anda ke televisi. Teknik kedua tersebut tentu akan menghasilkan kualitas gambar yang jauh lebih bagus dibandingkan menggunakan kabel S video.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Komputer Generasi Ketiga

Sementara itu, teknologi HDTV baru serta laptop maupun komputer yang mempunyai DVI port bisa menggunakan konektor DVI Male to Male Cable atau bisa juga menggunakan DVI to HDMI adapter kabel yang tentunya bisa dipakai guna menyambungkan display laptop maupun Komputer dengan televisi. Adapun kabel DVI to HDMI bisa dipakai pada saat HDTV anda tidak mempunyai port DVI, namun mempunyai port HDMI. Selanjutnya, anda bisa mendengarkan suara dengan cara menghubungkan kabel audio RCA.

2. Langkah kedua

Misal, sekarang ini anda sudah menghubungkan laptop ke televisi memakai kabel. Tentunya, sekarang ini Anda membutuhkan kabel jenis lain guna bisa mengirimkan sinyal suara karena seluruh kabel diatas hanya mampu mengirimkan sinyal video, namun tidak untuk sinyal audionya kecuali untuk port HDMI.

Pada tahapan ini, Anda membutuhkan kabel jenis Mini plug 3.5mm jenis RCA stereo guna menyambungkan line out audio yang berasal dari laptop ke televisi milik anda. Adapun konektor kabel yang memiliki warna merah dimasukkan ke dalam soket merah di televisi Anda, kemudian konektor yang berwarna hitam dimasukkan ke dalam soket hitam. Selanjutnya, silakan Anda masukkan lho bagian handphone cek yang berukuran 3,5 mm tersebut.

Baca Juga:   Fungsi Memori Utama Pada Komputer Yang Wajib Anda Pahami

3. Langkah ketiga

Pada langkah ini, silakan Anda awali dengan membuka menu “display setting” pada komputer Windows dan aktifkan fitur output ke layar TV. Pada opsi tersebut, anda bisa memilih Mirror untuk mengisi layar laptop dengan layar televisi maupun ekstern supaya Layarnya bisa berfungsi sebagai dual monitor.

Apabila Anda memakai Windows 7, silahkan anda tekan shortcut di keyboard yakni logo Windows + P sebagai access tepatnya pada bagian menu “display setting”. Bisa juga anda menggunakan menu pencarian “Connect to external display” pada menu kotak pencarian di Windows Star menu.

4. Langkah keempat

Silahkan Anda ambil remote televisi yang anda miliki Dan beralihlah ke mode external input dari menu yang disediakan. Tentunya, anda butuh untuk mengubah default posisi “video 1” untuk beberapa jenis pilihan yang berlainan, mungkin saja video dua atau HDMI satu. Tentunya sangat bergantung kepada Bagaimana anda membuat sambungan untuk laptop dan televisi anda.

Penting untuk dikerjakan yaitu Anda harus terlebih dahulu menghubungkan kabel fisik antara laptop dengan televisi anda sebelum Anda menyalakan komputer maupun televisi. Hal tersebut disebabkan karena kadangkala pemasangan kabel secara fisik setelah laptop maupun televisi nyala susah untuk terdeteksi. Selain itu, dibutuhkan pula proses setting resolusi layar laptop dan layar televisi dengan memakai menu display setting yang berada pada control panel. Anda bisa memilih resolusi mana yang pas untuk kedua monitor, baik monitor laptop maupun monitor televisi.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Printer Epson L120

Sekian penjabaran singkat tentang cara menyambung kabel VGA pada laptop ke TV di mana Bisa Anda praktekkan supaya Anda bisa bekerja dengan layar yang lebih besar dan lebih. Mudah-mudahan, informasi ini bisa berguna dan bermanfaat untuk anda sekalian. Terima kasih dan selamat mencoba, semoga sukses.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Fungsi Memori Utama Pada Komputer

Fungsi Memori Utama Pada Komputer Yang Wajib Anda Pahami

Sebelum kita membahas mengenai fungsi memori utama pada komputer, Alangkah baiknya apabila kita memahami terlebih …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *