Home / Elektronika / Cara Menyambung TV Kabel Paralel

Cara Menyambung TV Kabel Paralel

Masih berbicara mengenai cara menyambung, pada posting kali ini saya akan mencoba membahas mengenai cara menyambung TV kabel paralel. Artinya, apabila anda memiliki televisi lebih dari satu dirumah, maka anda bisa mencoba untuk menyambung antena televisi secara paralel sehingga bisa dipasang pada semua televisi yang anda miliki di rumah tersebut.

Cara Menyambung TV Kabel Paralel

Sekarang ini, anda tentunya sudah familiar dengan sejumlah layanan TV kabel seperti Indovision, indihome useeTV, Telkomvision, First Media, Transvision, Nexmedia, dan sejumlah TV kabel yang lainnya. Hanya saja cukup disayangkan bahwa layanan layanan televisi tersebut hanya bisa dinikmati pada satu televisi saja. Oleh sebab itu, Alangkah baiknya apabila kita mencoba untuk memparalel siaran televisi tersebut supaya bisa ditayangkan pada televisi yang lainnya, layaknya kita memparalel antena televisi sehingga bisa diterima oleh banyak televisi.

Bagi Anda yang sudah memiliki pengalaman menginap di berbagai macam hotel yang mempunyai fasilitas televisi kabel tersebut, maka kadangkala Anda akan merasa bingung, karena pada masing-masing kamar ternyata mempunyai fasilitas yang sama, yaitu TV kabel. Bisa dipastikan pula bahwa pihak hotel tentu tidak berlangganan TV kabel untuk tiap-tiap kamar. Pihak hotel hanyalah memparalel TV kabel tersebut supaya bisa ditonton oleh setiap kamar.

Baca Juga:   Inilah Perbedaan TV Analog, TV digital dan HDTV

Pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba untuk membahas mengenai cara menyambung TV kabel paralel Sehingga anda bisa melakukan eksperimen sekaligus menambah media hiburan apabila berhasil memparalel TV kabel tersebut. Biaya yang dikeluarkan untuk praktek cara menyambung TV kabel paralel juga tidak mahal, bahkan bisa dikatakan murah meriah serta sangat mudah.

Cara menyambung TV kabel paralel

Tahap pertama yang perlu Anda lakukan adalah mempersiapkan terlebih dahulu semua komponen, alat dan bahan yang dibutuhkan untuk menyambung TV kabel secara paralel. Berikut ini adalah daftar alat yang dibutuhkan untuk menyambung TV kabel secara paralel.

  1. Kabel coaxial atau kabel RG yang panjangnya sesuai dengan keperluan
  2. 1 buah Jack male
  3. 1 buah Jack female
  4. Antena combiner atau antena T yang digunakan untuk menggabungkan TV lokal dengan TV paralel

Jika seluruh komponen yang diperlukan sudah tersedia, maka kita bisa memulai untuk mempraktekkan menyambung TV kabel secara paralel. Seluruh peralatan dan bahan diatas bisa anda dapatkan pada toko-toko elektronika yang tersebar di kota Tempat tinggal anda. Perkiraan biaya yang dibutuhkan pun cukuplah murah, kisaran antara Rp. 50.000 sampai dengan Rp. 100.000.

Baca Juga:   Skema Rangkaian TV China Ukuran 14 Inchi Sampai 21 Inchi

Langkah-langkah menyambung TV kabel paralel

  1. Tahap pertama, nya silakan Anda sambungkan kabel coaxial atau kabel RG dengan memakai jack female dan jack male
  2. Setelah selesai, silahkan anda pasang Jack maling pada bagian input televisi yang hendak diparalel
  3. Selanjutnya, silahkan anda pasang jack female pada bagian input RF televisi sehingga siaran lokal dari televisi tetap dapat ditampilkan
  4. Langkah terakhir, Silakan anda cari channel-channel dari televisi yang sudah diparalel, baik itu dengan cara manual maupun dengan cara otomatis.

Demikianlah penjabaran singkat tentang cara menyambung TV kabel paralel yang bisa anda aplikasikan di rumah tanpa harus banyak berlangganan TV kabel. Semoga saja, informasi yang saya bagikan Pada kesempatan kali ini bisa memberikan manfaat serta ilmu baru bagi pengunjung sekalian, khususnya yang memiliki hobi di bidang elektronika.Jangan lupa untuk selalu mengunjungi blog inanesia.com supaya memperoleh update informasi terbaru yang lainnya.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur Nilai Hambatan Pada Led

Cara Mengukur Nilai Hambatan Pada Led Dengan Sangat Mudah

Rata-rata, pemakaian dari lampu LED tersebut disuplai dari tegangan yang melewati titik kerja dari tegangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *