Home / Elektronika / Cara Menyambungkan TV Kabel Ke Laptop

Cara Menyambungkan TV Kabel Ke Laptop

Pernahkah anda berpikir bagaimana cara menyambungkan TV kabel ke laptop supaya atau tayangan yang ada pada layar laptop bisa ditampilkan pula di layar televisi. Konsep seperti itu tentunya akan membuat tampilan dari layar semakin besar sehingga pada akhirnya akan membuat kegiatan menonton akan semakin nyaman.

Cara Menyambungkan TV Kabel Ke Laptop

Perlu kita ketahui bersama bahwa di beberapa tahun terakhir, tentunya anda sudah merasakan begitu pesatnya perkembangan dari bidang perfilman, khususnya adalah tentang CGI atau Conten general image. Teknologi seperti itu tentunya akan mampu menciptakan kondisi efek visual dari sejumlah film yang akan membuat para kreator dari film bisa menciptakan imajinasi mereka ke layar lebar supaya terlihat lebih realistis dan nyata.

Dari perkembangan teknologi belakangan ini maka pemakaian laptop juga mengalami perkembangan yang cukup pesat sehingga hampir setiap masyarakat Indonesia sudah memiliki laptop. Bisa dikatakan bahwa laptop sekarang ini bukanlah sebuah barang yang mewah serta susah untuk dimiliki oleh masyarakat.

Pada saat sekarang ini sampai hampir segala macam kegiatan dan aktivitas manusia dikerjakan menggunakan laptop. Contohnya adalah mengerjakan tugas rumah, menyelesaikan Project, Mendapatkan hiburan, menonton film sampai dengan mendengarkan musik. Berbicara mengenai kegiatan menonton film, yang Apakah ada cara menyambungkan TV ke laptop supaya tampilan film yang ada di laptop bisa muncul di layar televisi sehingga bisa lebih nyaman untuk ditonton karena ukurannya lebar? Jawabannya adalah bisa dan akan saya bahas pada ulasan kali ini.

Mungkin saja yang memang sudah memiliki keinginan Laguna bisa menonton film dari layar lebar televisi anda Yang memiliki resolusi high definition. Atau, anda juga bisa bermain game atau bisa juga hanya ingin berbagi foto yang memiliki resolusi tinggi dengan rekan-rekan anda. Kondisi tersebut tentunya tidak hanya bisa dilaksanakan di rumah saja, namun juga bisa dilakukan pada tempat kerja.

Contoh yang paling simpel yaitu pada kegiatan presentasi menggunakan powerpoint untuk melaporkan hasil dari pekerjaan di layar lebar yang bisa disimak oleh banyak audiens. Dari latar belakang itulah, pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba untuk membahas Bagaimana cara menyambungkan TV kabel ke laptop supaya anda bisa menyaksikan tayangan pada layar laptop anda di layar televisi.

Baca Juga:   Cara Merawat Tv Led Agar Awet

Ada sejumlah cara yang bisa anda tempuh untuk menyambungkan layar televisi ke layar laptop. Hal tersebut tentunya sangat bergantung pada jenis laptop maupun televisi itu sendiri. Maksudnya adalah tergantung pada jenis konektor maupun port input dari televisi serta connector atau port output dari laptop.

Rata-rata, sejumlah televisi sudah menyediakan Kabel penghubung supaya televisi tersebut bisa dihubungkan dengan sejumlah peralatan yang lainnya. Yang perlu kita kerjakan hanyalah melakukan pengecekan jenis kabel yang digunakan. Selanjutnya, silakan Anda sambungkan televisi dengan laptop sehingga pada saat sudah tersambung, maka tentunya kita dapat memakai televisi tersebut sebagai layar lebar dari laptop yang kita gunakan.

Jenis-jenis Kabel penghubung laptop ke televisi

Di bawah ini adalah beberapa jenis kabel penghubung yang bisa digunakan untuk menyambungkan TV ke laptop.

1. Kabel S video

Untuk pertama kali, anda bisa mencoba untuk menggunakan kabel S video. Kabel S video merupakan kabel yang sangat umum serta paling banyak dipakai pada hampir semua jenis TV yang ada sekarang ini. Namun, tentunya Anda harus melakukan pengecekan Apakah laptop yang Anda gunakan Mempunyai 4S video atau tidak. Namun, kabel jenis s-video ini memiliki kelemahan dimana resolusi gambar yang bisa ditampilkan sangatlah rendah sehingga akan membuat tampilan menjadi buram dan jelek. Oleh sebab itu, kabel S video ini hanya cocok apabila dipakai pada televisi model lama.

2. Kabel VGA

Apabila teknologi televisi yang anda miliki lebih canggih serta lebih modern, maka tentunya sudah tersedia port VGA pada televisi. Anda bisa memanfaatkan port VGA tersebut untuk menghubungkan ke laptop sehingga kualitas gambar yang ditampilkan akan lebih baik dan tentunya teknik penyambungannya lebih mudah.

3. Kabel DVI

Kabel DVI sangat mirip dengan kabel VGA. Rata-rata, televisi yang sudah memiliki teknologi high-definition bisa disambungkan dengan memakai kabel digital video interface (DVI) karena sudah mampu memproses sinyal sinyal digital yang berasal dari laptop. Kondisi tersebut cukup berbeda dengan teknologi monitor CRT yang masih memproses sinyal analog sehingga tidak memiliki konektor DVI tersebut.

Baca Juga:   Cara Menyambung Kabel Parabola

Jika dilihat dari sisi kualitas, maka kabel DVI jauh lebih baik dibandingkan dengan kabel VGA maupun S video. Jadi, apabila televisi anda sudah mempunyai port untuk kabel DVI, Maka sangat disarankan untuk menggunakan port tersebut.

4. Kabel HDMI

Kabel HDMI merupakan sebuah standar dari high definition televisi untuk zaman sekarang ini. Dengan menggunakan kabel HDMI, maka kualitas gambar video yang ditampilkan pada layar televisi akan sangat jernih. Namun, yang menjadi permasalahan sekarang adalah bahwa tidak semua laptop menyediakan port jenis HDMI tersebut. Supaya laptop Anda bisa disambungkan dengan kabel HDMI, maka anda perlu membeli sebuah kabel adaptor DVI to HDMI Yang sudah banyak dijual di toko aksesoris komputer. Bahkan, dengan menggunakan kabel HDMI sinyal audio juga akan ikut terbawa sehingga Anda tidak perlu lagi menyediakan kabel khusus untuk sinyal audio.

Cara menghubungkan audio dari laptop ke televisi

Seperti yang sudah dibahas di bagian atas bahwa pada kabel HDMI kita tidak perlu lagi repot-repot untuk menyediakan kabel tambahan sebagai penghubung laptop ke televisi untuk menghantarkan sinyal audio. Akan tetapi, apabila konektornya masih menggunakan VGA,s video maupun DVI, maka kita membutuhkan kabel audio yang bisa kita pasang secara terpisah.

Adapun kabel yang diperlukan untuk menghantarkan sinyal audio yaitu kabel rca dengan ukuran 3,55 MM dengan panjang kurang lebih 1,5 meter guna menyambungkan audio dari laptop ke televisi. Cara menyambung nya juga sangatlah mudah, yakni di ujung yang satu kabel rca tersebut dipasang di laptop, sementara itu ujung yang lainnya bisa dipasang pada televisi.

Secara umum, kabel audio rata-rata memakai warna putih dan warna merah yang menandakan speaker kanan dan speaker kiri. Oleh sebab itu, silakan Anda memastikan untuk memasang kabel rca itu pada tempat yang benar.

Bagaimanakah cara memperoleh gambar pada saat kabel dari laptop ke televisi tersambung?

Ketika kabel terpasang dari laptop ke televisi dengan benar, maka pada saat itu pula sinyal gambar pada komputer akan dikirim ke televisi. Akan tetapi, biasanya gambar yang ditampilkan pada televisi tidaklah secara otomatis menyesuaikan resolusi dari televisi itu sendiri. Guna bisa menampilkan output gambar dengan lebih sempurna, maka Apabila Anda memakai sistem operasi Windows 7, silahkan anda Klik Kanan pada bagian desktop, lalu silakan Anda pilih menu “Screen Resolution”.

Baca Juga:   Cara Menyambung Kabel Fiber Optik

Langkah selanjutnya, silahkan anda klik pada tombol “Detect” yang akanmemberikan perintah kepada laptop untuk mencari monitor lain yang terpasang. Apabila kita memakai kabel HDMI atau DVI, maka secara otomatis gambar akan ditampilkan. Namun, apabila kita memakai kabel jenis VGA maupun S video, maka kita bisa memakai pilihan menu ” Try To Connect Anyway On VGA”.

Apabila sudah dilakukan,nya silakan Anda lanjutkan dengan Klik tombol OK, dan biasanya gambar akan ditampilkan pada layar televisi. Apabila tampilan gambar Belumlah sempurna, maka silakan Anda atur resolusi tampilan pada monitor televisi.

Apabila laptop Anda memakai sistem operasi Windows XP, maka tahapan yang bisa anda lakukan tidaklah jauh berbeda dengan sistem operasi Windows 7. Silahkan anda Klik Kanan pada desktop, kemudian silakan Anda memilih menu “Graphic Option”. Langkah berikutnya, silakan Anda memilih menu “Output To An External Monitor”. Apabila seluruh Perangkat sudah terpasang dengan baik dan benar, maka secara otomatis gambar yang ada di laptop akan langsung ditampilkan pada layar televisi.

Demikianlah penjabaran singkat tentang bagaimana cara menyambung TV kabel ke laptop supaya tampilan yang ada pada layar laptop bisa dimunculkan pada layar televisi dengan ukuran lebih lebar sehingga pekerjaan Anda bisa lebih nyaman. Selain itu, ketika kita menyaksikan film yang ada di laptop pada layar televisi yang cukup lebar, maka hal tersebut akan lebih menyenangkan. Demikian juga apabila anda akan melakukan presentasi yang membutuhkan ukuran layar lebih lebar, maka layar televisi bisa anda jadikan sebagai solusinya. Terima kasih, Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Artikel menarik lainnya

Cara Menyambung Kabel Speaker Secara Seri dan Paralel

Cara Menyambung Kabel Speaker Secara Seri dan Paralel

Apakah Anda masih bingung bagaimana cara menyambung kabel speaker secara seri dan paralel? Bahkan, Sampai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *