Home / Umum / Sosial / Cara Menyesuaikan Diri Dengan Orang Lain

Cara Menyesuaikan Diri Dengan Orang Lain

Pengertian dari Adaptasi yaitu sebuah cara di dalam menanggulangi sebuah kondisi lingkungan disekitarnya guna dapat bertahan hidup. Adaptasi bisa juga disebut sebagai penyesuaian diri pada kondisi baru. Manusia adalah makhluk sosial yang tentunya amat sangat bergantung kepada orang lain serta lingkungan. Tentunya, hidup sendiri di muka bumi merupakan suatu hal yang tidak mungkin bisa dilakukan oleh manusia. Kebutuhan yang kita perlukan tentunya bisa dipenuhi karena adanya orang lain. Termasuk orang lain semuanya saling ada ketergantungan. Oleh sebab itulah dibutuhkan sebuah cara menyesuaikan diri dengan orang lain sehingga kondisi saling membutuhkan tersebut bisa dipenuhi dengan sebaik-baiknya.

Cara Menyesuaikan Diri Dengan Orang Lain

Kadangkala kita masuk kepada lingkungan baru dan ternyata kita mengalami kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru tersebut. Tentunya, masalah tersebut banyak dialami oleh masyarakat Indonesia. Tentunya, banyak sekali faktor yang menimbulkan Begitu sulitnya beradaptasi, mulai dari budaya dan adat yang berbeda, karakter baru pada masyarakat, serta dari diri kita sendiri yang cukup kesulitan di dalam menyesuaikan diri dengan orang lain tersebut.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Indigo

Cara menyesuaikan diri dengan orang lain

Dari latar belakang di atas, maka Disini saya akan mencoba untuk berbagi cara menyesuaikan diri dengan orang lain yang bisa anda terapkan ketika Anda mulai sekolah di sekolahan yang baru, pindah tempat kerja, pindah tempat tinggal dan beberapakondisi lainnya.

1. Bersikap ramah tamah

Janganlah menganggap bahwa kondisi lingkungan yang baru merupakan kondisi yang welcome terhadap kita. Justru malah kebalikannya, dari diri Kitalah kita mencoba untuk welcome terhadap orang yang baru nantinya. Tentunya dengan senyum, beramah-tamah, dan saling sapa tentunya mampu mencairkan kondisi dan suasana kaku yang biasanya akan terjadi di awal pertemuan. Tujuannya tentu supaya kegiatan pengenalan diri serta pendapatan nasional di masyarakat sekitar dengan kehadiran kita.

2. Mengenali budaya dan adat istiadat

Langkah kedua yang amat penting yaitu proses pengenalan adat dan budaya yang baru di lingkungan yang baru. Indonesia merupakan tempat tinggal yang sangat multikultural, dimana pastinya akan terdapat perbedaan adat atau kebiasaan dari masing-masing daerah. Kita coba sesuaikan dan kenali akan budaya serta adat yang ada di lingkungan yang baru. Tentunya sangat cocok sebuah peribahasa “dimana langit dijunjung disitu bumi dipijak”. Sehingga tentu adat istiadat yang baru di tempat yang baru haruslah kita ikuti asalkan tidak melenceng dari norma-norma yang ada.

Baca Juga:   Contoh Peraturan Lalu Lintas

3. Bersifat fleksibel

Salah satu langkah mudah untuk mendapat menyesuaikan diri adalah bersifat fleksibel. Maksud dari kata fleksibel ini yaitu bisa menjadi sebuah peran yang tepat ketika ada di tempat yang berbeda. Sebagai contoh, perbedaan akan sangat terasa di lingkungan kantor yang suasananya lebih individualis. Tentunya berbeda dengan suasana rumah yang lebih kekeluargaan dan toleransi. Oleh sebab itu sifat fleksibel sangatlah dibutuhkan untuk bisa beradaptasi dengan cepat.

4. Perasaan ingin tahu

Untuk poin ini, kita harus selalu berusaha untuk selalu ingin mengetahui kondisi di lingkungan baru kita. Jika masih awam terhadap sesuatu maka janganlah malu-malu untuk bertanya. Kita tidak boleh bersikap tertutup namun harus selalu mempelajari berbagai macam hal di lingkungan sekitar kita.

Demikianlah tutorial singkat bagaimana cara menyesuaikan diri dengan orang lain. Mudah-mudahan, Ketika anda berpindah pada lingkungan yang baru, anda bisa dengan cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan sehingga perasaan dan tingkah laku yang anda miliki bisa cepat menyatu dengan lingkungan Baru. Terima kasih dan semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk pengunjung sekalian.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Integritas

Artikel menarik lainnya

Contoh Peraturan Di Rumah Untuk Anak

Contoh Peraturan Di Rumah Untuk Anak

Di rumah tentunya ada peraturan yang dibuat untuk seluruh anggota keluarga, ada pula aturan yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *