Home / Elektronika / Cara Menyolder Baterai Menggunakan Cutter Kertas

Cara Menyolder Baterai Menggunakan Cutter Kertas

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas mengenai cara menyolder baterai memakai cutter kertas. Mungkin, di pikiran anda muncul kebingungan tentang cara menyolder baterai dengan memakai cutter kertas. Hal tersebut tentunya sangat wajar karena jarang sekali kegiatan menyolder memakai cutter kertas.

Cara Menyolder Baterai Menggunakan Cutter Kertas

Rata-rata, ketika kita beraktivitas menggunakan solder dan juga sejumlah komponen elektronika, mungkin saja kita memiliki kendala ketika perangkat maupun Kit yang sedang kita rakyat dan hendak kita tes. Rata-rata, kendalanya berada di bagian power supply maupun catu daya.

Tentunya, untuk yang sudah mahir dan tentunya sudah mempunyai perangkat dari power supply special, dan juga disediakan dengan berbagai macam tegangan keluaran. Tentunya, diawali dari tegangan rendah sampai dengan tegangan tinggi. Namun, untuk yang hanya ingin melakukan uji coba saja atau iseng tentunya sangat kesulitan manakala hendak mengerjakan testing pada sejumlah perangkat yang Sudah dirakit nya. Adapun tegangan yang dibutuhkan untuk melakukan testing tersebut juga cukup rendah, yakni pada kisaran angka 3 volt sampai dengan 12 volt arus searah atau DC.

Tentunya, mau atau tidaknya karena tidak memiliki adaptor dengan multi keluaran atau multi output, maka kita wajib untuk bisa berpikir keras supaya bisa mengakali baterai yang secara umum mempunyai tegangan keluaran 1,5 volt supaya bisa berubah menjadi tegangan yang lebih tinggi dengan cara memasangnya Dengan menggunakan rangkaian seri pada beberapa baterai.

Baca Juga:   Skema Rangkaian Running LED Interaktif Sederhana

Lalu, biasanya setelah itu kita akan dibingungkan pada saat hendak menghubungkan kabel pada sejumlah kutub batu baterai. Rata-rata, ketika kita menyolder pada kutub baterai maka yang terjadi adalah di timah tidak akan mau menempel pada kutub baterai tersebut. Ada yang menyebutkan dengan istilah gelinding.

Mungkin saja, bagi yang masih amatir akan menganggap bahwa kondisi tidak mau menempelnya timah solder pada kutub baterai disebabkan karena solder yang sudah mengalami kerusakan, solder yang tidak panas, solder yang berkualitas jelek, serta alasan-alasan yang tidak masuk akal lainnya.

Lantas, apakah ada teknik dan cara menyolder baterai tanpa harus menggunakan solder yang berkualitas tinggi serba mahal harganya? Adapun cara alternatif untuk melakukan solder baterai dengan menggunakan paper kertas. Di pikiran anda mungkin akan bertanya-tanya kok Solder menggunakan bahan berupa cutter kertas.

Di pikiran kita mungkin saja akan berkata bahwa yang namanya menyolder pastinya membutuhkan Solder. Padahal sebenarnya dengan memanfaatkan cutter kertas maka hal tersebut berguna sebagai alat tambahan supaya kita bisa lebih mudah di dalam melakukan solder kepada sejumlah baterai supaya dapat langsung menempel layaknya seperti perangko.

Baca Juga:   Cara Mengukur Baterai Dari Sisi Tegangan

Lalu, Bagaimana cara menyolder baterai menggunakan cutter kertas? Ternyata, cara menyolder baterai menggunakan cutter kertas sangatlah mudah. Langkah pertama, sebelum bagian kutub baterai disolder dan diberikan timah, lakukan pengerikan Pada bagian kutub baterai memakai ujung cutter kertas yang cukup tajam. Kondisi tersebut memiliki tujuan untuk menghilangkan sejumlah kotoran yang berada pada bagian lapisan paling atas dari kutub baterai dan juga guna melukai bagian plat kutub supaya timah bisa mengikat kuat dengan bagian kutub baterai.

Setelah selesai dikerik, dilarang untuk menyentuh atau memegang bagian kutub baterai dengan menggunakan jari. Hal tersebut disebabkan karena keringat akan bisa menghalangi proses dari pengikatan plat kutub baterai menggunakan timah. Untuk menghilangkan debu debu yang menempel, kita cukup meniupkan dan juga bisa dengan cara memanaskan menggunakan solder sekitar 3 detik sampai dengan 5 detik. Lakukan penambahan timah dengan teknik mendadak apabila diperlukan. Jadi, jangan terlalu sedikit di dalam memberikan timahnya.

Ketika timah sudah bisa menempel pada bagian kutub baterai dengan buat, maka tahapan berikutnya adalah dengan menambahkan sejumlah kabel yang diperlukan. Adapun ciri-ciri dari solderan kutub baterai yang sudah menempel dengan kuat yakni bentuk dari Timah yang mengerucut dan Lancip serta tidak bulat. Selain itu, pada saat dipanaskan bagian timah tidak akan blinding dan jatuh mengikuti ujung solder yang digunakan.

Baca Juga:   Cara Kerja Genset Yang Wajib Anda Pahami

Demikianlah ulasan singkat tentang cara menyolder baterai menggunakan cutter kertas di mana kater kertas tersebut digunakan untuk membersihkan sekaligus melukai bagian kutub baterai supaya Timah yang meleleh bisa mengikat kabel dengan kutub batu baterai tersebut. Mudah-mudahan, Bagi anda yang sekarang ini sedang kesulitan di dalam menyolder baterai maka pada kesempatan kali ini sudah memiliki gambaran umum supaya bisa menyolder kutub baterai dengan mudah dan aman. Terima kasih dan selamat beraktivitas, semoga sukses.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur Nilai Hambatan Pada Led

Cara Mengukur Nilai Hambatan Pada Led Dengan Sangat Mudah

Rata-rata, pemakaian dari lampu LED tersebut disuplai dari tegangan yang melewati titik kerja dari tegangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *