Home / Elektronika / Cara Menyolder Kabel Dengan Baik dan Benar

Cara Menyolder Kabel Dengan Baik dan Benar

Banyak orang yang berpikir bahwa kegiatan menyolder merupakan sebuah pekerjaan yang mudah dilakukan namun cara menyolder kabel yang baik dan benar tidak bisa dikerjakan oleh semua orang. Pola pemikiran Dimana mereka yang menganggap menyolder merupakan pekerjaan yang mudah dikarenakan mereka hanya pernah melihat saja namun tidak pernah mengerjakannya sendiri. Padahal, bagi kita yang masih amatir di dunia elektronika dan mulai melakukan aktivitas menyolder kabel, maka tampaklah bahwa pekerjaan menyolder merupakan hal yang cukup sulit untuk dikerjakan.

Cara Menyolder Kabel Dengan Baik dan Benar

Banyak di antara para pelajar di tingkat sekolah SMK yang juga kadangkala masih kesulitan didalam menyolder. Bahkan bagi mereka yang mengambil jurusan elektronika kadangkala juga tidak cukup cekatan di dalam menyolder. Mereka kadang kala tidak cukup memahami dengan sebaik-baiknya bahwa kegiatan menyolder adalah kegiatan yang perlu untuk dipelajari dan dipraktekkan Supaya benar-benar paham teknik menyolder yang baik.

Dengan sering melakukan praktek menyolder, maka tangan kita akan menjadi terbiasa untuk memegang solder dan timah sehingga pada akhirnya hasil solder bisa lebih sempurna dan tentunya bisa lebih kuat.

Persiapan untuk memahami cara menyolder kabel dengan baik dan benar

Kegiatan penyolderan tentunya tidak bisa dilepaskan dari sejumlah faktor pendukung yang wajib untuk disiapkan terlebih dahulu, di antaranya adalah alat yang digunakan untuk menyolder, timah solder yang berkualitas baik serta objek yang harus disolder dalam kondisi bersih. Berikut ini adalah penjabaran dari masing-masing persiapan tersebut.

Soldering Iron atau alat menyolder yang baik

1. Alat solder

Di pasaran tentunya banyak sekali Dijual alat menyolder. Alat menyolder tersebut memiliki harga mulai dari yang cukup murah sampai dengan yang sangat mahal. Pada proses penyolderan biasa, dibutuhkan alat solder yang memakai daya sekitar 30 Watt sampai dengan 40 Watt. Sangat tidak bisa Ran kan untuk memakai solder dengan ukuran watt yang lebih besar Karena jika terlalu besar ukuran buat dari solder maka akan mudah untuk merusak komponen komponen elektronika.

Secara umum, kita tidak wajib untuk memakai alat solder yang harganya mahal guna bisa memperoleh hasil solderan yang sempurna. Namun demikian, seringkali terjadi sebuah permasalahan di mana ujung bagian dari alat solder yang memiliki harga murah tidak memenuhi standar. Pada saat dipakai untuk menyolder komponen elektronika, timah juga akan sulit menempel sehingga pada akhirnya bagian dari ujung yang hendak disolder harus dikerok terlebih dahulu supaya timah dapat menempel.

Baca Juga:   Alat Pengukur Medan Magnet Menggunakan Teslameter

Setelah itu, rata-rata hasil solderan yang didapat juga terlihat kurang bagus yang disebabkan karena proses transfer panas memang tidak berjalan secara maksimal. Guna mengatasi permasalahan tersebut, apapun merk dari alat solder yang Anda gunakan, maka ujung besi alat solder wajib harus dipastikan memiliki kualitas yang bagus.

Pentingnya, ujung besi dari alat solder yang memiliki kualitas bagus sudah dijual cukup banyak di sejumlah toko elektronika. Jadi, kita tidak perlu heran manakala mendapati harga dari ujung solder jauh lebih mahal dibandingkan dengan alat solder itu sendiri.

2. Timah solder yang berkualitas baik

Pada saat kegiatan penyolderan, Timah yang sudah meleleh tentunya akan dengan mudah menempel di bagian kaki komponen dan juga pada permukaan PCB karena bahan dari timah memang sudah didesain khusus untuk menyolder komponen elektronika dan tentunya sudah mengandung zat untuk mendukung kondisi tersebut.

Akan tetapi terdapat beberapa jenis timah yang memang dibuat bukan untuk kepentingan penyolderan komponen elektronika pada umumnya. Pada saat digunakan, kegiatan menyolder akan menjadi pekerjaan yang sulit karena timah akan sulit sekali menempel pada komponen elektronika maupun pada permukaan PCB.

Untuk itulah maka anda harus memastikan bahwa Timah yang dipakai pada kegiatan menyolder memiliki kualitas yang bagus dan baik. Untuk memastikan bahwa timah solder memiliki kualitas baik maka usahakan untuk membeli timah solder di toko-Toko elektronik, tidak di toko material bahan bangunan maupun di toko alat listrik.

Objek yang akan disolder harus bersih

Beberapa komponen elektronika yang sudah disimpan cukup lama kadangkala bagian kaki akan terlihat cukup kusam. Jika disolder tentunya akan membuat timah sulit meresap pada bagian logamnya. Oleh karena itulah maka kita harus Memastikan bahwa bagian dari kaki elektroda komponen benar-benar bersih atau clean dari sejumlah karat dan kusam sebelum dimasukkan ke lobang lobang yang ada pada PCB untuk disolder. Apabila diperlukan, anda bisa sedikit memberikan amplas di bagian permukaan nya.

Baca Juga:   Cara Membuat Rangkaian Stavolt Lengkap

Demikian juga di bagian PCB atau papan rangkaian dimana kadang kala di bagian permukaan tembaganya muncul warna kusam. Supaya timah solder dengan mudah bisa menempel, maka silahkan lakukan pengamplasan di sejumlah bagian yang hendak di solder dengan menggunakan amplas halus sampai dengan terlihat bersih.

Proses menyolder

Pada saat melakukan penyolderan, suhu panas yang berasal dari ujung alat solder haruslah bisa ditransfer dengan cukup baik ke komponen elektronika dan juga ke bagian permukaan dari tembaga PCB. Tekniknya adalah dengan cara menempelkan lebih dahulu bagian ujung solderan dengan objek yang hendak disolder, baru lah anda tempelkan timah ke bagian ujung solder sampai dengan meleleh dan menempel pada bagian kaki komponen dan bagian tembaga di PCB secara merata.

Tempelkan bagian ujung timah ke bagian ujung solder sedikit demi sedikit serta biarkan lelehan dari timah tersebut menyebar serta merayap ke sekitar titik penyolderan. Tetap tahan ujung solderan sebelum lelehan dari timah solder menjalar secara merata ke bagian sekitar tautan di kaki elektroda komponen yang disolder.

Apabila dirasa masih kurang, maka anda juga bisa menambahkan lagi sedikit demi sedikit timah solder dengan cara menyentuhkan bagian ujung timah pada bagian Lancip ujung solder yang sedang menempel di titik penyolderan supaya meleleh pada bagian tersebut, namun posisi dari ujung solder dan wajib terus menempel tanpa melepaskannya maupun mengangkatnya.

Setelah bagian timah meleleh secara merata dan membungkus seluruh bagian kaki elektroda di komponen elektronika serta bagian tembaga di PCB pada sekitar kaki elektroda, mata silahkan anda angkat ujung Mata solder dengan kecepatan yang normal. Kita tidak perlu terburu-buru dan juga usahakan tidak terlalu lambat.

Ciri-ciri dari hasil solderan yang baik yaitu mampu mengikat kaki dari elektroda di sejumlah komponen dengan bagian permukaan tembaga yang ada pada PCB secara kuat. Apabila dilihat Maka hasilnya akan cukup mengkilap.

Baca Juga:   Cara Membuat Rangkaian Lampu Led Sederhana

Proses menyolder kabel

Pada beberapa kondisi, kabel juga perlu ditempelkan ke PCB dengan bantuan solder. Sebelum anda menyolder kabel ke permukaan PCB, maka lakukan pemeriksaan pada bagian serabut kabel dan pastikan sudah bersih dari Pusam. Apabila masih kusam, maka anda bisa membuat bersih kabel tersebut dengan cara menggosok-gosokkan nya terlebih dahulu maupun dikerok supaya serat atau serabut kabel kelihatan warna tembaga nya.

Setelah itu, silakan Anda masukkan bagian ujung serabut kabel yang dipilih serta dimasukkan ke dalam lubang PCP yang sudah disediakan sebagaimana mestinya. Setelah itu, kerjakan proses penyolderan seperti yang sudah dijelaskan pada bagian atas.

Jika ujung kabel akan disambungkan ke sebuah titik percabangan atau penyambungan, Alangkah baiknya apabila bagian ujung serabut kabel dilakukan penyolderan terlebih dahulu sampai dengan timah melumuri atau meresap bagian ujung serabut kabel tersebut secara merata, namun tentunya tidak terlalu tebal maupun berlumuran.

Kemudian, titik kabel yang akan dihubungkan atau disambungkan juga dilakukan penyolderan terlebih dahulu sampai dengan timah bisa melumuri bagian tersebut secara merata. Anda harus Memastikan bahwa bagian tersebut memang sudah benar-benar bersih sehingga timah bisa mudah menempel.

Selanjutnya, silahkan anda tempelkan bagian ujung dari serabut kabel titik Yang hendak di solder yang berada pada titik tersebut sehingga sama-sama bisa meleleh. Pertahankan posisi ujung Mata solder sebelum seluruh timah bisa meleleh dan menyatu. Setelah seluruh bagian timah sudah meleleh dan menyatu, silahkan anda angkat ujung solder. Proses penyolderan sudah selesai dan kita tidak perlu lagi menambahkan bagian timah.

Itulah pembahasan sedikit tentang cara menyolder kabel dan menyolder komponen elektronika yang lainnya dengan baik dan benar. Setidaknya, setelah anda membaca ulasan diatas maka anda sudah bisa memahami Bagaimana cara menyolder komponen elektronika dengan baik dan benar tanpa merasa kesulitan karena hasil solderan nya yang tidak bagus maupun sulitnya komponen elektronika maupun kabel untuk bisa bersatu. Menyolder bukanlah perkara yang mudah namun tentunya bisa dipelajari.

Artikel menarik lainnya

Sistem Kerja Mesin Pendingin AC

Sistem Kerja Mesin Pendingin AC

Sebagai pemilik dari mesin pendingin AC tentunya sudah sepantasnya memahami sistem kerja mesin pendingin AC …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *