Home / Elektronika / Cara Menyolder Kabel Fleksibel Pada Laptop

Cara Menyolder Kabel Fleksibel Pada Laptop

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas mengenai cara menyolder kabel fleksibel pada laptop. Artikel ini didasari pada pengalaman di mana sebuah laptop merk Axioo tipe TVR5122 yang pernah saya miliki dan tentunya sudah berumur cukup lama terkena masalah di mana ketika dalam kondisi menyala di bagian LID dimana bagian tersebut merupakan bagian yang ada pada LCD dibuka pada sudut tertentu, LCD bisa menyala dengan wajar, namun pada saat dirubah sudutnya, maka masalahnya akan muncul di mana tampilan dari LCD seperti TV yang memperoleh sinyal lemah dan juga terjadi interferensi teori sinyal yang lainnya. Pandainya adalah tampilan menjadi sedikit berwarna putih dan bergaris serta garis-garis tersebut naik maupun turun.

Cara Menyolder Kabel Fleksibel Pada Laptop

Sebenarnya, permasalahannya memang sudah diketahui yaitu terletak pada bagian kabel fleksibel. Hanya saja, dikarenakan di wilayah tempat tinggal saya tidak tersedia service center maka tentunyasaya biarkan saja kondisi laptop tersebut. Sampai pada akhirnya, laptop saya sudah benar-benar tidak bisa digunakan kembali karena pada layar hanya tampil warna putih saja. Pada kondisi inilah memaksa saya untuk berjuang lebih extra Bagaimana caranya mengembalikan kondisi laptop saya menjadi normal kembali.

Langkah pertama yang saya ambil adalah dengan Browsing di internet mencari informasi mengenai harga kabel fleksibel. Di beberapa online shop didapat bahwa harga kabel fleksibel untuk laptop adalah Rp. 350.000. Pada saat itu, dengan bermodalkan kenekatan dan sedikit keterampilan di bidang elektronika maka saya beranikan untuk membongkar sendiri bagian kabel fleksibel pada LCD laptop dan ternyata ditemukan terdapat tiga kabel yang putus.

Baca Juga:   Cara Menyolder HP Untuk Proses Perbaikan

Sebenarnya, letak dari masalah bukan hanya di bagian kabel yang putus aja, namun juga pada ukuran kabel fleksibel tersebut. Kabel fleksibel sangatlah kecil, kira-kira memiliki diameter 0,5 mm. Dan ternyata, untuk bisa menemukan kabel dengan ukuran seperti itu sangatlah sulit.

Kemudian, saya mencoba browsing kembali di internet guna memperoleh solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Dan ternyata masalah seperti itu bisa diakali dengan cara memakai kawat yang dilapisi oleh isolator email atau sering disebut dengan kawat email. Dari situ, saya langsung mencoba untuk memperbaiki bagian kabel fleksibel dengan cara menyambungkan menggunakan kawat email.

Cara menyolder kabel fleksibel pada laptop

Lebih jelasnya, Mari kita bahas satu persatu Bagaimana cara memperbaiki laptop yang rusak pada bagian kabel fleksibel nya.

Bahan dan alat yang dibutuhkan

Bahan dan alat yang dibutuhkan untuk proses perbaikan kabel fleksibel adalah multimeter, obeng, Solatip yang tipis, kawat email dengan diameter 0,5 mm, gunting, Solder lengkap dengan tinolnya, serta cutter. Apabila dibutuhkan Anda juga bisa menyediakan segelas kopi supaya tidak mengantuk.

Baca Juga:   Cara Membuat Rangkaian Stavolt Lengkap

Langkah memperbaikinya

Tahap pertama adalah dengan membongkar laptop Axioo tersebut. Lepaskan seluruh baut yang mengunci bagian casing dari laptop. Setelah itu silahkan anda bongkar laptop tersebut, namun lakukan dengan hati-hati. Pahami posisi dari masing-masing baut. Setelah itu temukan kabel fleksibel, lalu lepaskan.

Menyambung kabel fleksibel

Anda bisa meminum segelas kopi terlebih dahulu. Selanjutnya, lepaskan terlebih dahulu semua bagian solatip yang berguna untuk menyatukan kabel. Silakan Anda lakukan pencarian pada bagian kabel yang putus. Rata-rata, bagian yang putus hanyalah ada dibagian konduktornya. Sementara itu, bagian dari plastik pembungkusnya tidak terputus. Langkahnya adalah dengan cara melengkungkan kabel sehingga dari teknik seperti itu nantinya bisa terlihat kabel yang sudah putus dimana bagian tersebut tidak dapat melengkung dengan sempurna dan kelihatan terdapat adanya patahan

Apabila langkah di atas cukup membingungkan, maka anda bisa memakai multitester untuk melakukan pengecekan dari setiap PIN kabel dengan meletakkan posisi switch multimeter di posisi Ohm meter. Apabila jarum multimeter bergerak artinya kabel tersebut masih nyambung, begitu juga sebaliknya.

Langkah selanjutnya, silahkan anda potong bagian kabel yang sudah terputus. Selanjutnya, kabel yang sudah terputus tadi, silakan potong sekitar 2 cm sampai dengan 3 cm. Pada tahap berikutnya, silakan Anda lakukan pengupasan pada bagian isolator di masing-masing ujungnya pada kabel fleksibel tersebut kurang lebih 0,5 cm.

Baca Juga:   Cara Ganti Oli Genset Dengan Baik Dan Benar

Tahap berikutnya, silakan Anda lakukan pemotongan kawat email kurang lebih 2 cm sampai dengan 3 cm. Anda bisa menambahkan 1 cm lagi untuk bagian sambungan, kemudian kupas lapisan dari kawat email tersebut. Lanjutkan penyambungan pada ujung kawat email dengan kabel fleksibel yang sebelumnya sudah dipotong, lalu lanjutkan dengan melakukan penyolderan.

Lanjutkan dengan menyambung pada kabel fleksibel Line yang sudah putus. Setelah itu, lindungi sambungan kabel tersebut menggunakan isolasi dan juga menggunakan solatip yang tipis. Langkah selanjutnya, anda bisa menyatukan kabel-kabel yang sudah disambung tadi memakai solatip dan usahakan bisa kembali seperti semula.

Langkah berikutnya, silahkan anda pasang kembali semua bagian dari laptopnya. Apabila kabel yang putus jumlahnya lebih dari 1, maka teknik menyambung nya dapat dilakukan secara zigzag.

Demikianlah ulasan singkat mengenai cara menyolder kabel fleksibel pada laptop dimana pada kasus diatas adalah langkah demi langkah menyambung kabel fleksibel yang putus dengan cara menyolder sehingga terpasang dengan kuat. Intinya, apabila nantinya laptop Anda mengalami masalah seperti yang sudah diulas di bagian atas, maka janganlah terlalu panik karena dengan bermodalkan teknik dasar di bidang elektronika, maka kita bisa memperbaikinya sendiri tanpa harus membawa ke tempat reparasi. Sekian dan semoga bermanfaat.

Artikel menarik lainnya

Aplikasi Medan Magnet

Aplikasi Medan Magnet

Apakah anda sudah mengetahui contoh dari aplikasi medan magnet? Rata-rata, bagi pecinta di dunia fisika …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *