Home / Elektronika / Cara Menyolder Komponen LED SMD pada HP

Cara Menyolder Komponen LED SMD pada HP

Apakah anda memahami Bagaimana cara menyolder komponen LED SMD pada HP? Sebenarnya teknik menyolder komponen apa pun di dunia elektronika hampirlah sama. Hanya saja, kadangkala bagi pemula yang belum begitu Mahir di bidang elektronika justru akan menganggap bahwa menyolder Komponen adalah salah satu hal yang cukup mudah dilakukan berdasarkan apa yang dilihat mereka ketika menyimak para teknisi elektronika menyolder komponen elektronika.

Cara Menyolder Komponen LED SMD pada HP

Namun, pada saat para pemula tersebut Praktek sendiri di dalam menyolder komponen elektronika justru mereka mengalami kegagalan dengan berbagai macam masalah, mulai dari timah atau tenol yang tidak mau melekat, bagian yang di solder tidak mau menyatu dan sejumlah permasalahan lainnya.

Bisa jadi apa yang kegiatan menyolder juga merupakan salah satu hal yang sudah cukup biasa bagi kita yang memang sudah terjun di dunia listrik dan elektronika. Sebenarnya dari saya pribadi juga sudah sering berkutat di dunia elektronika dan tentunya kegiatan menyolder merupakan kegiatan rutin yang sudah dilakukan sehari-hari. Sudah cukup banyak pengalaman melakukan penyolderan pada sejumlah kaki komponen elektronika baik yang berukuran kecil maupun yang berukuran besar.

Baca Juga:   Cara Kerja Genset Yang Wajib Anda Pahami

Cara menyolder komponen merupakan salah satu bagian inti yang nantinya bisa menentukan baik atau tidaknya hasil dari solderan yang kita lakukan. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk mengulas mengenai cara menyolder komponen LED SMD pada HP.

Pada praktek yang akan saya ulas Pada kesempatan kali ini adalah bagaimana cara saya melakukan penyolderan pada sejumlah LED SMD dengan hanya memakai solder standar atau solder biasa saja. Tentunya, untuk para Master elektronika Saya rasa tutorial ini sangatlah kurang tepat Justru saya Mohon bimbingannya.

Perlu saya tekankan kembali bahwa praktek yang saya lakukan pada tutorial ini memang benar-benar memakai solder standar atau solder biasa. Hal tersebut dilatarbelakangi karena ada sejumlah orang yang menanyakan dan hendak memastikan kepada saya Apakah benar benar Memakai solder biasa, tidak memakai solder uap pada saat memasang led SMD atau sejumlah komponen kecil yang lainnya.Solder uap rata-rata saya pakai jika hendak melepas IC atau komponen yang memiliki kaki sangat kecil.

Baca Juga:   Cara Memasang Genset Ke Instalasi Rumah

Pada saat menyolder LED, bagian yang sangat perlu mendapat perhatian yakni pada suhu solder dan posisi LED yang memang harus benar-benar tepat dan pas. Ukuran dari komponen LED yang sangat kecil tentunya menjadikan kita mungkin saja sedikit kesulitan di dalam meletakkan komponen tersebut sekaligus sambil melakukan penyolderan.

Cara menyolder komponen LED SMD yang saya lakukan adalah dengan menggunakan bantuan sebuah pinset yang memiliki ujung tipis serta runcing. Apabila anda memiliki solder dengan daya 40 watt, maka sangat disarankan untuk tidak terlalu lama menempelkan ujung Mata solder ke bagian kaki LED karena panas dari mata kaki solder yang berlebihan tentunya bisa merusak LED tersebut.

Itulah ulasan singkat tentang cara menyolder komponen LED SMD yang bisa saya ulas pada posting kali ini. Intinya, gunakan bantuan pinset yang memiliki ujung runcing serta atur suhu dari solder supaya tidak terlalu panas. Apabila terpaksa Anda menggunakan solder dengan daya yang cukup besar, maka jangan terlalu lama menempelkan Mata solder pada komponen LED karena justru bisa dengan mudah merusak komponen tersebut. Sekian, terima kasih dan semoga bermanfaat.

Baca Juga:   Cara Ganti Oli Genset Dengan Baik Dan Benar

Artikel menarik lainnya

Aplikasi Medan Magnet

Aplikasi Medan Magnet

Apakah anda sudah mengetahui contoh dari aplikasi medan magnet? Rata-rata, bagi pecinta di dunia fisika …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *