Home / Otomotif / Sepeda Motor / Cara Menyulap Sepeda Motor Menjadi Genset Listrik

Cara Menyulap Sepeda Motor Menjadi Genset Listrik

Belakangan ini cukup ramai diperbincangkan bagaimana cara membuat sepeda motor menjadi genset listrik atau istilah kerennya membuat generator pembangkit tenaga listrik menggunakan sepeda motor. Pemilihan sepeda motor sebagai salah satu sumber tenaga listrik sementara karena sepeda motor adalah salah satu alat transportasi yang digunakan setiap hari sehingga tentu bisa diminimalisir proses perawatannya.

Cara Menyulap Sepeda Motor Menjadi Genset Listrik

 

Apabila kita berbicara mengenai genset sesungguhnya yang benar-benar dibuat hanya untuk membangkitkan tenaga listrik, maka ketika genset listrik tersebut tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama biasanya akan mengalami kerusakan. Berbeda halnya dengan sepeda motor, dimana sepeda motor tersebut biasanya digunakan setiap hari sebagai alat transportasi sehingga generator listrik atau genset yang nantinya dibuat menggunakan tenaga sepeda motor bisaikut masuk perawatan di dalamnya.

Genset yang dibuat menggunakan sepeda motor bukanlah merupakan genset yang memiliki daya listrik cukup besar. Karena keterbatasan kapasitas pembangkit listrik pada sepeda motor membuat proses produksi listrik pada sepeda motor menjadi terbatas, sehingga tentunya hasil akhir dari proses pengolahan listrik yang ada di sepeda motor tetap memiliki limit.

Konsep kerja yang bisa dilakukan sebagai salah satu upaya membuat sepeda motor menjadi genset listrik adalah dengan mengubah listrik yang sudah diproduksi sebelumnya oleh sepeda motor. Ada dua jalur sumber listrik yang bisa dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik pada sepeda motor yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk menyalakan jaringan listrik yang membutuhkan tegangan 220 Volt.

Sumber listrik Listrik Genset Pertama

Jalur pertama yang menjadi sumber energi listrik pada sepeda motor adalah pada bagian baterai atau sering dikenal dengan istilah aki sepeda motor. Bagian ini mampu mensuplai sumber energi listrik dengan tegangan 12 Volt serta arus yang cukup bervariasi mulai dari 3 ampere sampai dengan 5 ampere. Sumber energi listrik yang berasal dari aki ini tentunya sangat dipengaruhi oleh besarnya laju pengisian pada sepeda motor itu sendiri. Untuk sepeda motor di jaman sekarang ini memiliki laju pengisian yang cukup baik, berdasarkan pengalaman ada sepeda motor yang memiliki laju pengisian aki sampai dengan 2 ampere.

Sumber listrik Listrik Genset Kedua

Jalur kedua yang menjadi sumber energi listrik pada sepeda motor terletak pada bagian kiprok. Bagian ini memang lebih dikenal pada sepeda motor jaman dahulu lantaran fungsi dari alat kiprok ini adalah untuk membagi energi listrik yang berasal dari kuil menuju ke aki dan menuju ke kelistrikan berbasis AC. Daya listrik yang dibangkitkan dari kiprok ini yang nantinya akan kita manfaatkan sebagai pembangkit listrik genset memiliki arus yang tidak terlalu besar. Namun begitu, pembangkit listrik menggunakan genset dari jalur ke dua ini tidak mempengaruhi kelistrikan yang ada di baterai ataupun aki sepeda motor.

Lalu, peralatan apa yang kita butuhkan untuk menyulap sepeda motor menjadi genset listrik? Tentunya kita sesuaikan dengan model yang hendak kita gunakan. Apabila kita hendak menggunakan jalur pertama sebagai sumber energi listrik, maka kita membutuhkan inverter listrik dimana alat tersebut berguna untuk menaikkan sumber listrik DC 12 Volt menjadi listrik AC 220 Volt. Selanjutnya, apabila kita hendak menggunakan jalur ke dua sebagai sumber listrik, maka kita membutuhkan transformator step up dari 12 Volt AC ke 220 Volt AC. Apabila anda mengalami kesulitan untuk mendapatkan transformator atau trafo jenis step up, maka anda bisa menggunakan trafo biasa di mana salah satu output tegangan yang disediakan ada yang 12 Volt.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Motor Byson

Proses pemasangan inverter sumber listrik baterai sepeda motor

Tahapan berikutnya adalah proses pemasangan peralatan sepeda motor yang akan disulap menjadi genset listrik. Mari kita bahas bagian yang pertama apabila anda menggunakan jalur aki sebagai sumber daya listrik. Alat inverter adalah alat utama yang harus anda siapkan terlebih dahulu. Alat ini banyak dijual di toko elektronika dengan berbagai mACam range daya. Untuk amannya, anda bisa memilih inverter dengan daya minimal 300 watt murni. Angka 300 watt murni itu tidaklah akan dicapai lantaran kemampuan dari sumber daya listrik baterai sepeda motor tidak terlalu besar.

Proses pemasangan inverter ke aki sepeda motor juga cukup mudah dimana anda cukup menghubungkan soket positif input tegangan dari inverter ke soket positif bagian baterai. Begitu juga sebaliknya, soket negatif pada inverter anda hubungkan dengan soket negatif pada baterai. Setelah itu anda bisa mencoba menyalakan inverter dan menghubungkan bagian output inverter dengan beban peralatan listrik yang akan dinyalakan.

Untuk mengamankan kondisi baterai ataupun aki sepeda motor supaya tetap awet dan tidak tekor karena beban peralatan listrik yang dinyalakan, maka sebaiknya pada saat inverter sedang beroperasi, maka sepeda motor juga dihidupkan mesinnya. Proses menghidupkan mesin sepeda motor buat ujian supaya terjadi pengisian listrik secara terus-menerus ke baterai sepeda motor sehingga tentunya kondisi listrik di dalam listrik di dalam tetap terjaga.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Karburator Motor Tanpa Modal

Peralatan inverter jaman sekarang juga sudah memiliki proteksi untuk mengamankan sumber daya baterai yang digunakan dengan memasang alarm yang mengindikasikan bahwa kondisi baterai sudah mulai melemah. Ketika alarm pada inverter berbunyi,maka anda bisa menaikan rpm sepeda motor guna mempercepat arus laju pengisian baterai.

Sebagai gambaran umum, di bawah ini adalah skema pemasangan inverter baterai sepeda motor.

Proses pemasangan inverter sumber listrik baterai sepeda motor
Gambar baterai atau aki sepeda motor

Proses pemasangan inverter sumber listrik baterai sepeda motor 1

 

Proses pemasangan inverter ke aki sepeda motor tanpa dilepas, dengan kutub posistif aki ke kutub positif inverter dan kutub negatif aki ke kutub negatif inverter.

Proses pemasangan trafo kebagian kiprok sepeda motor

Proses pemasangan trafo ke bagian kiprok sepeda motor adalah salah satu alternatif manakala kita hendak menyulap sepeda motor menjadi genset listrik namun tidak menginginkan kinerja dari baterai terganggu. Dengan menggunakan sumber listrik dari kiprok, maka output listrik yang nantinya akan diumpankan kebeban peralatan listrik murni bersumber dari kuil sepeda motor. Hal ini tentunya menyebabkan output daya yang dikeluarkan dari trafo bergantung pada rpm mesin sepeda motor. Semakin tinggi rpm mesin sepeda motor, maka daya listrik yang bisa digunakan semakin besar.

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menemukan bagian kiprok sepeda motor. Biasanya bagian kiprok sepeda motor berada pada samping sepeda motor yang tertutup body plastik sepeda motor. Anda harus membukanya terlebih dahulu. Sebagai gambaran, salah satu bentuk kiprok sepeda motor Supra X 100CC ditunjukkan seperti pada gambar di bawah ini.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Motor Matic

Apabila anda mengalami kesulitan di dalam menemukan kiprok sepeda motor karena jenis dan merek yang berbeda, maka anda bisa menanyakan terlebih dahulu ke bengkel langganan anda atau langsung mencari referensi mengenai kiprok sepeda motor yang ingin andaketahui informasinya.

Setelah anda menemukan lokasi kiprok sepeda motor dan berhasil membongkarnya, maka langkah berikutnya adalah mencarisocket mana yang memiliki output tegangan AC 12 Volt. Output inilah yang nantinya kita inputkan ke trafo sehingga tegangan AC 12 Volt nantinya akan dinaikkan menjadi 220 Volt. Setelah anda berhasil menemukan output tegangan AC 12 Volt pada kiprok menggunakan alat Volt meter, maka silahkan anda sambungkan bagian tersebut ke bagian trafo yang bertuliskan 12Volt. Untuk amannya silahkan anda gunakan trafo dengan kapasitas minimal 5 Ampere. Bagian trafo yang nantinya digunakan sebagai output tegangan 220 Volt adalah bagian sebelahnya lagi yang tertulis tegangan 220 Volt. Bagian tersebutlah yang nantinya bisa anda hubungkan ke beban peralatan listrik.

Sebagai gambaran mudahnya, silakan anda perhatikan gambar di bawah ini.

Proses pemasangan trafo kebagian kiprok sepeda motor
Gambar salah satu bentuk kiprok sepeda motor

Proses pemasangan trafo kebagian kiprok sepeda motor 1

Setelah anda menemukan output tegangan kiprok 12 volt AC, silahkan sambungkan dengan bagian CT dan 12 V pada gambar sebelah kanan, sedangkan yang kebagian beban peralatan listrik 220 V ke bagian 0 V dan 220 V pada gambar sebelah kiri.

Harap untuk diingat bahwa proses membuat sepeda motor menjadi genset listrik dengan memanfaatkan kiprok sebagai sumber daya utama tidaklah terlalu besar dayanya. Output murni yang dihasilkan dari proses menaikan tegangan 12 Volt menjadi 220 Volt berkisar 100 watt sampai dengan 125 watt. Jadi, anda harus menyesuaikan beban yang nantinya akan dinyalakan dengan besarnya output daya maksimal dari proses pembangkit listrik menggunakan sepeda motor tersebut.

Demikianlah tutorial bagaimana cara menyulap sepeda motor menjadi generator listrik yang hemat dan tentunya tidak perlu perawatan rutin karena sepeda motor yang berfungsi sebagai sumber listrik sudah selalu mengalami perawatan berkala secara harian maupun mingguan. Genset listrik yang digunakan ini hanyalah menumpang saja pada sepeda motor dan digunakan sewaktu-waktu ketika dibutuhkan. Selamat bereksperimen, semoga berhasil.

Artikel menarik lainnya

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi

Sebelum membahas mengenai kelebihan dan kekurangan motor injeksi, maka marilah kita terlebih dahulu membahas pengertian …

6 Komentar

  1. Cuma trapo ct? Gk pake transistor dan lainnya ya?

    • Iya mas gan, cukup trafo saja nanti akan didapat output tegangan listrik AC 220 volt. Terima kasih atas kunjungannya

  2. Terimakasi ini sangat bermanfaat buat sy
    Semoga anda selalu sehat amiin…

    • Terima kasih atas kunjungannya, Aamiin, terima kasih juga atas doanya, semoga mas juga selalu sehat

      • Maaf Gan,. Kalo dari mobil mungkin lebih besar daya yg dihasilkan. Kalo seandainya kita butuh daya 2500-3000 watt untuk menghidupkan dinamo di mesin pencacah rumput misalnya, bagaimana cara nya yg tepat spy aman ke mesin dan tidak mengganggu kelistrikan mobil juga. Terima kasih..

        • Secara kelistrikan, output arus listrik dari mobil memang lebih besar dibandingkan dengan motor, namun kalo digunakan untuk menyalakan beban listrik dengan daya sampai dengan 3000 watt maka bisa dipastikan sistem kelistrikannya akan tekor. Mohon maaf tidak bisa membantu. Mungkin pengunjung lain bisa membantu??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *