Home / Elektronika / Cara Merawat Tv Led Agar Awet

Cara Merawat Tv Led Agar Awet

Apapun kondisinya, cara merawat TV LED agar awet tepat dibutuhkan sebagai upaya untuk menjaga agar kondisi LED TV dirumah tetap bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama serta jauh dari kerusakan. Seperti kita ketahui bersama, daya tahan dari LED TV jauh dibawah daya tahan TV tabung. Oleh sebab itu dibutuhkan langkah-langkah cara merawat LED TV agar tetap bisa beroperasi secara maksimal.

cara merawat tv led agar awet

perawatan TV LED juga perlu rutin dilakukan karena memang LED TV memiliki banyak kelemahan, sehingga dengan adanya perawatan berkala pada TV LED akan membuat LED TV anda bisa bekerja lebih maksimal. Perawatan berkala pada LED TV juga perlu dilakukan dikarenakan ada bagian-bagian LED TV yang membutuhkan perlakukan khusus.

Bagi pengguna LED TV baru yang memang belum paham dengan LED TV, maka perlu adanya beberapa informasi mengenai cara merawat TV LED agar bisa memiliki panduan lengkap didalam menangani dan juga mengatasi berbagai macam hal yang harus dilakukan pada LED TV.

Secara umum, TV LED memang diprioritaskan untuk digunakan menonton TV. Namun walaupun TV LED di prioritaskan untuk menonton TV, tetap bisa digunakan untuk monitor komputer. Yang perlu diperhatikan supaya TV LED bisa digunakan untuk monitor komputer adalah pada bagian resolusinya. Carilah TV LED dengan resolusi minimal HD. Resolusi HD pada TV LED minimal adalah 1280 x 768 atau 1366 x 768. Jika anda menginginkan kualitas TV LED yang lebih bagus lagi untuk bisa digunakan sebagai monitor komputer, maka pilihan Full HD dibisa dipilih. Resolusi full HD bisa mencapai 1900 x 1400.

Baca Juga:   Cara Setting Karburator Genset Dan Sistem Kerjanya

Semakin tinggi resolusi sebuah TV LED, maka akan semakin bagus kualitasnya, baik dari segi ketajaman gambar maupun dari segi kejernihannya. Jenis layar pada TV LED juga tentunya cukup mempengaruhi kualitas dari tampilan video yang ditampilkan. Namun sekarang ini hampir semua TV LED sudah memiliki kualitas gambar yang baik pada semua sudut pandang, baik dari depan maupun samping.

Cara merawat TV LED agar awet:

Ada beberapa langkah merawat TV LED agar didalam penggunaan tetap awet dan tentunya tahan lama sehingga lama penggunaan TV LED tersebut bisa lebih lama. Dengan semakin lamanya umur TV LED akan membuat biaya perbaikan atau servise TV LED tersebut semakin murah.

  1. Letakan TV LED pada bidang yang rata. Biasanya diletakan pada meja. Letakanlah pada bagian tengah meja supaya tidak mudah jatuh.
  2. TV LED dengan ukuran layar cukup besar biasanya dipasang pada dinding tembok menggunakan alat bracket. Yakinkan bahwa anda memasang bracket TV LED dengan kuat sehingga lebih aman dari kemungkinan jatuh.
  3. Aturlah posisi TV LED supaya tidak terkena cahaya matahari secara langsung. Hal tersebut bertujuan supaya layar monitor TV LED tidak mudah kusam. Disamping itu, cahaya matahari juga mengandung radiasi yang bisa membahayakan kondisi layar TV LED.
  4. Hindari pemasangan atau peletakan TV LED yang berdekatan dengan medan magnet. Salah satu contoh medan magnet yang bisa mengganggu kinerja dari TV LED adalah speaker aktif dengan ukuran besar. Oleh karena itu, jangan meletakan speaker aktif dekat dengan TV LED.
  5. Jangan melatakan smartphone atau ponsel dekat dengan TV LED, apalagi jika TV LED dengan menyala. Pengaruh gelombang/sinyal pada SMS dan panggilan telepon bisa mengacaukan sistem kerja dari TV LED.
  6. Gunakan UPS untuk menjaga listrik tetap stabil dan ada cadangan sementara apabila terjadi pemadaman listrik dari PLN. Minimal gunakan stabiliser guna menjaga kondisi tegangan listrik dirumah tetap dalam kondisi stabil.
  7. Pada saat hendak mematikan TV LED, jangan langsung mencabut kabel power dari jaringan listrik, namun matikan dulu menggunakan remote kontrol yang sudah dibawakan.
  8. Untuk menghemat pemakaian listrik, anda bisa mengatur tingkat kecerahan gambar lebih redup. Dengan sedikit mengurangi kecerahan layar monitor TV LED pastinya akan membuat pemakaian listrik lebih hemat, disamping itu juga tentunya bisa membuah panel layar TV LED semakin awet.
  9. Pada saat TV LED sedang tidak digunakan, cabutlah kabel power dari jaringan listrik. Hal tersebut bertujuan untuk menghemat pemakaian listrik sekaligus untuk menjaga keawet komponen TV LED terutama pada bagian power supply karena tidak dipaksa untuk bekerja secara terus menerus.
  10. Apabila kondisi layar cukup kotor karena debu, silahkan anda bersihkan dengan menggunakan cairan pembersih optik. Jangan gunakan semabarang cairan pembersih karena ditakutkan bisa merusak layar dari TV LED.
  11. Jaga suhu ruangan agar selalu stabil dalam kondisi dingin. Apabila memungkinkan gunakan AC untuk mendinginkan suhu ruangan. Kipas angin adalah alternatif apabila AC tidak ada.
  12. Apabila layar TV LED sering kena sentuhan, maka anda bisa memberikan pelindung ada layar TV LED tidak mudah terkena goresan.
  13. Apabila terjadi masalah TV LED yang tidak bisa anda tangani sendiri, sebaiknya anda bawa ke servis senter untuk diserahkan ke ahlinya. Jangan mencoba untuk membongkat TV LED sendiri, karena hal tersebut bisa membuat kerusakan TV LED semakin parah.
Baca Juga:   Cara Membuat ATS Genset Paling Lengkap

Itulah tips merawat TV LED yang bisa saya bahas pada kesempatan kali ini. Setelah anda memahami cara perawatan LED TV dengan benar, maka diharapkan peralatan TV LED dirumah anda menjadi lebih awet dan anda bisa lebih nyaman didalam menggunakannya. Apabila ada yang perlu ditanyakan atau dibahas mengenai cara merawat TV LED bisa meninggalkan komentar. Secepatnya admin inanesia.com akan mereply. Terima kasih.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Elektromagnet dan Contoh Penerapannya

Apa Yang Dimaksud Dengan Elektromagnet dan Contoh Penerapannya

Di dunia elektronika, istilah elektromagnet bukanlah merupakan hal baru. Akan tetapi, bagi masyarakat umum tentunya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *