Home / Hardware / Keyboard / Cara Merubah Fungsi Tombol Keyboard

Cara Merubah Fungsi Tombol Keyboard

Cara merubah fungsi tombol keyboard akan saya jabarkan pada ulasan kali ini. Artikel ini saya buat dengan alasan karena pada sejumlah keyboard yang digunakan oleh para pengguna komputer kadangkala Tidak memiliki tombol yang lengkap, misalnya adalah tombol print screen dimana tombol tersebut digunakan untuk meng capture atau melakukan screenshot pada layar komputer. Dikarenakan hal tersebutlah maka tentunya kita perlu melakukan penggantian pada tombol keyboard supaya bisa berganti kegunaan menjadi tombol untuk print screen.

Cara Merubah Fungsi Tombol Keyboard

Untuk mempraktekkan hal diatas maka tentunya kita harus menonaktifkan tombol tertentu yang jarang sekali digunakan. Sebagai contoh, tombol yang jarang saya gunakan untuk bekerja adalah tombol Insert. Bahkan, kadangkala tombol Insert ini memiliki pengaruh negatif yang cukup menyebalkan. Pernah mengalami kejadian di mana hasil ketikan terhapus gara-gara tombol Insert diaktifkan. Bisa juga anda menukar tombol Shift menjadi tombol Capslock. Hal tersebut dikarenakan kedua tombol tersebut berada pada pada lokasi yang sama dengan jarak yang sangat berdekatan. Siapa tahu sering pencet.

Disamping itu, bisa juga ada sebuah tombol yang mengalami Kerusakan atau error, maka tentunya kita bisa mematikan atau menonaktifkan tombol tersebut. Ketika ada sebuah tombol pada keyboard yang sering sekali kita gunakan namun mengalami kerusakan, maka kita juga bisa mengganti sementara tombol tersebut menggunakan tombol lain sambil menunggu dana untuk membeli keyboard yang baru.

Baca Juga:   Fungsi Tombol Insert Pada Keyboard

Cara merubah fungsi tombol keyboard

Pada ulasan kali ini mengenai cara merubah fungsi tombol keyboard, saya akan mencoba untuk mengubah fungsi dari tombol f8 dan f9 menjadi tombol yang berguna untuk menaikkan volume dan menurunkan volume. Tujuannya supaya kita bisa lebih mudah di dalam menaikkan volume ataupun mengecilkan volume pada saat kita sedang mendengarkan musik. Namun tentunya cara merubah fungsi tombol keyboard ini harus dilakukan dengan hati-hati. Segala macam jenis resiko yang muncul harap bisa ditanggung sendiri.

  1. Tahapan pertama, silakan Anda download dan install aplikasi yang bernama sharpkeys yang bisa anda download pada website codeplex.com
  2. Setelah anda selesai melakukan instalasi pada aplikasi tersebut, silakan Anda buka kemudian silahkan anda ganti tombol keyboard sesuai dengan keinginan
  3. Caranya adalah dengan Klik tombol add kemudian silakan Anda melakukan pencarian pada tombol yang hendak dirubah dengan cara menggulung daftar tombol baik ke bawah maupun ke atas. Untuk mempermudah proses pencarian, anda juga bisa melakukannya dengan klik “type key”, lalu silahkan tekan pada tombol yang diinginkan
  4. Tahap berikutnya, silahkan anda Trik pada bagian tombol pengganti. Apabila anda hendak mematikan ataupun menonaktifkan tombol pada keyboard, maka silahkan anda pilih pada bagian “to key” dengan turn key off (00_00)
  5. Lanjutkan dengan mengklik tombol OK
  6. Tahap berikutnya, silakan Anda Klik tombol “write to registry”
  7. Selesai dan akhiri dengan proses log off atau restart pada komputer
Baca Juga:   Fungsi Tombol ENTER Pada Keyboard

Setelah anda selesai mempraktekkan beberapa tahapan di atas, maka anda perlu melakukan reboot ataupun restart pada komputer supaya sejumlah perubahan yang Anda lakukan pada registry bisa diterapkan. Atau, apabila anda tidak ingin terlalu lama menunggu, maka anda bisa cukup melakukan log out atau Log off pada Windows.

Praktek yang sudah saya kerjakan di dalam merubah fungsi tombol keyboard ini saya aplikasikan pada sistem operasi Windows 10. Namun sebenarnya, aplikasi yang bernama sharpkeys tersebut sudah dibuat mulai tahun 2012. Tentunya versi versi Windows yang lainnya juga mendukung aplikasi tersebut. Yang perlu kita ketahui bersama bahwa aplikasi tersebut tidak dapat digunakan untuk menggantikan tombol-tombol kombinasi, contohnya adalah Ctrl+V kemudian diganti dengan hanya satu tombol saja. Hal tersebut tentunya tidak bisa dikerjakan.

Disamping itu, anda juga harus selalu hati-hati di dalam mengganti tombol, jangan sampai Anda mengganti tombol yang memiliki fungsi sangat penting pada pengoperasian komputer Sehingga nantinya komputer tersebut tidak bisa bekerja dengan maksimal atau bahkan menyulitkan anda di dalam bekerja. Sebagai contoh, anda dilarang untuk mengganti tombol mulai dari DELL, ALT dan juga CTRL. Hal tersebut untuk berjaga-jaga dan mengantisipasi terjadinya komputer hang, maka kita tetap bisa menggunakan ketiga tombol tersebut. Apabila ketika tombol tersebut dilakukan perubahan Maka kita akan merasa kesulitan ketika komputer mengalami hang atau eror.

Baca Juga:   Fungsi Kombinasi Tombol Pada Keyboard

Langkah mengembalikan atom restore tombol keyboard yang telah diganti:

  1. Silahkan anda Buka aplikasi sharpkeys kembali
  2. Silakan Anda pilih atau klik pada tombol keyboard yang hendak dikembalikan atau di restore
  3. Lanjutkan dengan Klik tombol delete
  4. Lanjutkan kembali dengan mengklik tombol write to registry
  5. Akhiri dengan melakukan restart atau Log off pada komputer.

Demikianlah tutorial singkat mengenai cara merubah fungsi tombol keyboard yang bisa saya ulas Pada kesempatan kali ini. Tutorial ini tentunya sangat berguna bagi Anda yang sekarang ini memiliki keinginan untuk menambah fungsi pada tombol keyboard dengan cara mengganti beberapa tombol keyboard yang jarang atau tidak pernah digunakan. Atau, anda juga bisa menonaktifkan tombol pada keyboard sementara ketika tombol tersebut mengalami eror atau kepencet terus. Mudah-mudahan tutorial ini bisa berguna dan bermanfaat untuk pengunjung sekalian. Terimakasih dan selamat mencoba.

Artikel menarik lainnya

Fungsi Tombol Insert Pada Keyboard

Pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba membahas mengenai fungsi tombol Insert pada keyboard. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *