Home / Pendidikan / Cara Moderator Membuka Dan Menutup Diskusi

Cara Moderator Membuka Dan Menutup Diskusi

Menjadi seorang moderator di dalam diskusi tentunya harus memiliki kemampuan di dalam membuka dan menutup proses diskusi. Cara moderator membuka dan menutup diskusi tersebut juga merupakan salah satu bagian penentu lancar atau tidaknya proses diskusi berlangsung. Oleh sebab itulah, apabila anda suatu saat nanti menjadi seorang moderator diskusi, alangkah baiknya anda mempelajari tahapan demi tahapan yang harus dilalui pada saat hendak membuka serta menutup proses diskusi.

Cara Moderator Membuka Dan Menutup Diskusi

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa untuk mendapatkan sebuah keputusan final bisa dilakukan dengan cara diskusi yang berguna untuk saling bertukar ide serta pikiran. Pengertian tersebut merupakan pengertian diskusi secara umum. Sebenarnya, diskusi itu sendiri juga memiliki berbagai macam jenis. Beberapa jenis bentuk diskusi diantaranya adalah diskusi pleno, diskusi kelompok, diskusi fak, diskusi panel, debat, diskusi podium, diskusi simposium, diskusi kongres, konferensi, diskusi seminar, diskusi forum diskusi, diskusi lokakarya, dan diskusi kasualis.

Secara umum, tiga pokok tujuan dari diskusi bisa dirumuskan sebagai berikut:

  1. Supaya dapat memahami kondisi alam sekitarnya, terutama hubungan antara manusia dengan manusia dan juga antara manusia dengan dirinya sendiri
  2. Supaya bisa menyelesaikan berbagai macam persoalan yang sedang dihadapi secara bersama-sama serta merencanakan tindakan yang hendak dilakukan
  3. Ikut serta di dalam memperbaiki kondisi alam sekitar dengan cara bersama-sama.

Sebelum diskusi dimulai, maka ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan di awal pelaksanaan diskusi. Persiapan awal pada diskusi yang harus dipersiapkan adalah:

  1. Memilih topik atau tema yang menarik untuk masuk ke dalam bahasan di dalam diskusi
  2. Topik atau tema yang sudah dipilih dirumuskan menjadi sebuah tujuan yang hendak dicapai
  3. Memilih moderator atau pemimpin diskusi.
Baca Juga:   Cara Agar Disukai Banyak Orang Di Sekolah

Setelah anda mempersiapkan tiga persiapan yang harus ada pada saat pelaksanaan diskusi, selanjutnya kita bahas cara moderator dalam membuka pekerjaan di dalam proses diskusi, yaitu:

  1. Menjelaskan maksud serta tujuan diadakannya diskusi
  2. Supaya diskusi berlangsung teratur dan tertib, maka moderator bertugas untuk mengatur jalannya proses diskusi
  3. Pembicaraan yang sudah disampaikan oleh presenter nantinya harus dirumuskan dan disimpulkan
  4. Menutup pelaksanaan diskusi serta membuat laporan

Sementara itu di dalam diskusi juga harus terdapat narasumber, pembicaraan, panelis yang memiliki tugas diantaranya adalah:

  1. Materi yang hendak didiskusikan diuraikan dan disiapkan sedemikian rupa dan sebaik mungkin
  2. Materi yang sudah disiapkan kemudian disampaikan di depan peserta
  3. Menanggapi seluruh Pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta ataupun audiens diskusi

Pada saat diskusi, seorang sekretaris juga tentunya sangat dibutuhkan. Istilah lain dari sekretaris pada saat diskusi adalah notulis. Tugas dari mereka adalah untuk mencatat berbagai macam hal yang disampaikan pada saat jalannya diskusi.

Kadangkala, pada saat pelaksanaan diskusi akan muncul berbagai macam pendapat serta tanggapan mengenai materi yang disampaikan oleh presenter. Hal tersebut tentunya sangat wajar terjadi karena proses diskusi tentunya melibatkan banyak orang sehingga akan muncul Banyak ide yang masing-masing akan berusaha untuk mempertahankannya. Apabila anda termasuk salah satu bagian yang memberikan sanggahan ataupun ide baru, maka harus dilakukan dengan baik dan juga santun.

Tata krama atau etika ketika diskusi berlangsung

Ketika proses diskusi sedang berlangsung, hendaknya kita selalu mengedepankan tata krama serta etika. Oleh sebab itulah, tentunya perlu dibuat aturan yang jelas pada saat pelaksanaan diskusi. Dengan adanya aturan tersebut, maka setiap anggota diskusi akan selalu berusaha menjaga suasana diskusi supaya tetap kondusif. Disamping itu, setiap peserta diskusi juga tentunya akan berusaha untuk bisa menjalankan tugasnya sesuai dengan perannya masing-masing.

Baca Juga:   Cara Menjadi Moderator Diskusi yang Baik

Moderator harus memperhatikan beberapa bagian berikut ini:

  1. Aturan main di dalam diskusi haruslah dipahami sebaik mungkin
  2. Mengedepankan sikap jujur, yang ramah, Sabar, tidak memihak di dalam proses memimpin diskusi
  3. Pendapat dari peserta lain selalu dihormati
  4. Menggunakan bahasa yang sopan dan efektif
  5. Apabila muncul adanya ketegangan dari sisi peserta maupun presenter, moderator harus mampu untuk menengahi
  6. Apabila peserta memiliki pendapat, maka tugas moderator adalah untuk menyimpulkan pendapat tersebut
  7. Memiliki sifat disiplin, bekas serta bijaksana

Keberadaan sekretaris juga tentunya sangat penting pada saat pelaksanaan sebuah diskusi. Dengan adanya sekretaris maka catatan catatan penting di dalam pelaksanaan diskusi sekolah tersebut bisa terangkum dengan baik sehingga bisa dipakai pada saat dibutuhkan suatu saat nanti nya.

Sekretaris memiliki etika antara lain:

  1. Memiliki kecepatan didalam memahami, mengetahui serta mengerti berbagai macam pokok pembicaraan yang disampaikan oleh presenter. Istilah lainnya adalah tanggap
  2. Memiliki sikap yang di Situs, sikap, cekatan di dalam proses menangkap isi permasalahan yang disampaikan oleh presenter. Istilah lainnya adalah tangkas
  3. Memiliki pendirian yang kuat dan mempertahankan prinsip yang dimilikinya. Istilah lainnya adalah tangguh
  4. Hati-hati dalam mencatat pandangan, gagasan, sanggahan, ulasan dan usulan. Istilah lainnya adalah teliti.

Bagian lain yang tidak kalah pentingnya dimana bagian tersebut juga mempengaruhi berjalan atau tidaknya proses diskusi. Bagian ini adalah peserta diskusi yang mana peserta tersebut memiliki etika diantaranya adalah:

  1. Mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya
  2. Dengan penuh perhatian selalu mengikuti materi pembicaraan yang sedang disampaikan
  3. Respon terhadap semua teknik yang dipakai pada proses diskusi
  4. Memberdayakan moderator dalam menyampaikan pertanyaan
  5. Memakai bahasa yang sopan dan baik
  6. Pendapat yang anda miliki tidak boleh dipaksakan
  7. Memanfaatkan fakta dan bukti yang tepat untuk melakukan penyanggahan
  8. Berbagai macam proses ataupun hal yang mengganggu diskusi haruslah dihindari
Baca Juga:   Cara Agar Semangat Belajar Di Sekolah

Cara moderator membuka dan menutup diskusi sebenarnya bukanlah perkara yang sulit dilakukan ketika kita sudah memahami fungsi dan tupoksi dari masing-masing bagian yang ada di dalam diskusi. Sebagai contoh, cara moderator membuka acara diskusi bisa dilakukan dengan terlebih dahulu menyampaikan ucapan terima kasih kepada setiap peserta atas kehadiran dan waktu luang yang diberikan untuk bisa mengikuti diskusi tersebut. Demikian juga pada saat menutup diskusi di mana moderator mengucapkan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya serta setulus-tulusnya kepada setiap peserta diskusi atas waktu yang sudah diberikan untuk mengikuti secara penuh kegiatan diskusi tersebut.

Demikianlah ulasan singkat bagaimana cara moderator membuka dan menutup diskusi yang bisa saya ulas pada kesempatan yang baik ini. Mudah-mudahan, apabila suatu saat nanti anda menjadi seorang moderator, maka anda sudah memiliki bekal bagaimana cara moderator di dalam membuka serta menutup kegiatan diskusi. Selain itu, beberapa informasi diatas juga mudah-mudahan memiliki nilai tambah bagi Anda semuanya apa yang terutama yang hendak terlibat di dalam acara diskusi sehingga mengetahui pekerjaan-pekerjaan apa saja yang perlu dilakukan sesuai dengan bagiannya masing-masing. Terima kasih.

Artikel menarik lainnya

Aturan dalam lingkungan sekolah

Aturan dalam lingkungan sekolah

Sekolah merupakan salah satu tempat belajar di mana peserta didik bisa menuntut ilmu dengan beragam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *