Home / Elektronika / Cara mudah membuat cas aki sederhana dan simpel

Cara mudah membuat cas aki sederhana dan simpel

Cara membuat cas aki yang sederhana dan simpel saya ulas pada artikel kali ini karena dilatarbelakangi sekarang ini kebutuhan akan alat cas aki sangatlah penting. Hampir setiap rumah sekarang ini memiliki sepeda motor atau bahkan mobil yang didalamnya berisi komponen aki. Komponen api ini Tentunya suatu saat membutuhkan proses pengisian ulang yang membutuhkan peralatan cas aki. Cara membuat aki yang akan saya bahas tentunya cukup simpel, sederhana dan mudah untuk dikerjakan oleh siapa saja.

Rangkaian Skema Charger Accu Menggunakan Kiprok

Cara membuat cas aki yang akan saya bahas ini bisa anda terapkan untuk mencasr aki baik yang berukuran besar maupun yang berukuran kecil. Hal tersebut tentunya didasari oleh prinsip kerja dari sebuah cas aki yang sama yaitu arus listrik akan mengalir kepada bagian yang lebih rendah dari arus sumbernya. Oleh sebab itu guna mengalirkan arus listrik pada suatu alat, maka tentunya alat tersebut harus memiliki perbedaan ketinggian output arus listrik.

Hal tersebut tentunya berlaku pada proses casr aki. Untuk bisa membuat casr aki yang bisa mengisi arus ke dalam hati, maka tegangan listrik keluaran dari cas aki haruslah lebih tinggi dibandingkan dengan tegangan kerja dari aki itu sendiri. Sebagai contoh, selisih dari tegangan kerja antara cas, dengan aki yang akan dicas berkisar antara 1 volt hingga 3 volt. Apabila selisih tegangan antara cas aki dengan api terlalu tinggi, maka akan membuat aki menjadi cepat rusak.

Baca Juga:   Cara Kerja Genset Yang Wajib Anda Pahami

Ketik kita memakai sebuah trafo yang memiliki tegangan kerja 15 volt untuk melakukan cas aki, maka tentunya proses pengisian aku akan lebih cepat karena terdapat perbedaan tegangan yang cukup tinggi. Namun, proses ini juga pada kenyataannya akan membuat aki menjadi lebih cepat drop ketika disambungkan ke beban.

Namun, hal tersebut akan tetap lebih baik jika dibandingkan Ketika anda menggunakan trafo yang memiliki tegangan kerja yang sama dengan tegangan aki yaitu 12 volt. Hal tersebut dikarenakan apabila tegangan trafo untuk cas aki sama dengan tegangan yang dimiliki oleh api maka proses charging tidak akan bisa dilakukan. Untuk itulah ketika kita akan membeli trafo untuk Komponen cas aki maka silahkan cari trafo yang memiliki tegangan kerja di atas tegangan aki yang akan diisi.

Komponen-komponen Elektronika yang digunakan untuk membuat rangkaian cas aki juga cukup beragam. Di sini tidak hanya trafo saja yang diperlukan, namun juga komponen-komponen lainnya. Besarnya trafo yang diperlukanuntuk membuat cas aki sepeda motor dengan cas aki mobil juga berbeda. Berikut ini adalah komponen-komponen yang dibutuhkan untuk membuat cas aki sesuai dengan jenis api yang akan dicas.

Baca Juga:   Cara Hidupkan Genset Dan Mematikannya Sesuai Prosedur

Komponen untuk keperluan cas Aki mobil:

  • Trafo dengan arus keluaran 5 Ampere jenis CT yang memiliki tegangan keluaran sebesar 2 x 15 volt. Apabila bukan trafo CT maka tegangan keluarannya adalah 0-15 volt
  • Dioda 6 ampere sebanyak 2 buah, anda juga bisa menggunakan kiprok 6 ampere sebanyak 1 buah
  • Resistor R1 dan R2 dengan nilai hambatan 3,3 ohm dengan daya 20 watt

komponen untuk keperluan cas aki sepeda motor

  • travo dengan besarnya arus 3 ampere jenis CT yang memiliki tegangan keluaran 2 X 15 volt atau 0-15volt apabila anda menggunakan jenis aki bukan CT
  • Dioda 3 ampere sebanyak 1 buah. Anda juga bisa memakai kiprok 3 ampere sebanyak 1 buah
  • Resistor dengan nilai hambatan 4,7 Ohm dengan daya 15 watt
  • 1 buah saklar jenis on dan off
  • satu pasang jack atau capit buaya

Setelah anda mempersiapkan seluruh komponen yang dibutuhkan di dalam proses pembuatan cas aki, maka dibawah ini adalah gambar skema rangkaian untuk cas aki. Anda bisa menggunakan PCB atau papan triplek guna meletakkan dan merangkai komponen-komponen tersebut. Dibawah ini adalah gambar rangkaian cas aki sederhana dan simpel:

Rangkaian Skema Charger Accu Menggunakan Dioda Tunggal

 

Rangkaian Skema Charger Accu Menggunakan Kiprok

Demikianlah panduan singkat mengenai cara mudah membuat cas aki yang sederhana dan simpel dan tentunya bisa anda buat sendiri guna memenuhi kebutuhan anda di dalam proses pengecasan aki baik aki mobil maupun aki sepeda motor. Mudah-mudahan tutorial ini bisa bermanfaat dan berguna bagi pengunjung sekalian dan tentunya Anda bisa mendapatkan manfaat dari alat cas aki sederhana dan simpel ini. Terima kasih dan selamat mencoba.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Elektromagnet dan Contoh Penerapannya

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Elektromagnet dan Contoh Penerapannya

Apa Yang Dimaksud Dengan Elektromagnet dan Contoh Penerapannya

Di dunia elektronika, istilah elektromagnet bukanlah merupakan hal baru. Akan tetapi, bagi masyarakat umum tentunya …

One comment

  1. nilai c berapa mas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *