Home / Gadget / Cara Mudah Selamatkan Ponsel Yang Terkena Air

Cara Mudah Selamatkan Ponsel Yang Terkena Air

Tutorial singkat mengenai cara mudah selamatkan ponsel yang terkena air pada kesempatan ini sengaja saya posting karena banyak kasus yang dialami oleh para pemilik ponsel dimana ponsel mereka terkena air baik yang tidak disengaja. Kadang kala, ketika kita sedang ngopi dan kebetulan ponsel kita ditaruh diatas meja, ponsel kita kicipratan air kopi tersebut. Kadang kala juga disaat kita naik motor dan kebetulan kondisi sedang hujan, ponsel kita ikut basah lantaran jas hujan yang kita gunakan tembus air. Kondisi lebih ekstrim lagi ketika kita lupa mengambil ponsel milik kita dari saku baju dan baju tersebut kita rendam untuk dicuci.

Cara Mudah Selamatkan Ponsel Yang Terkena Air

Tentunya air yang mengenai ponsel bisa berakibat cukup fatal apabila mengenai komponen elektronika yang ada didalamnya. Konslet adalah masalah utama yang sering dialami oleh ponsel yang terkena air, baik dalam jumlah yang banyak maupun yang sedikit. Ketika ponsel anda terkena air, maka harus dilakukan langkah-langkah penyelematan supaya ponsel tersebut bisa digunakan kembali tanpa mengalami kerusakan. Masih ada upaya yang bisa dilakukan, karena ponsel yang terkena air, misalnya tercebur ke dalam air bukanlah akhir hidup dari ponsel tersebut.

Cara Mudah Selamatkan Ponsel Yang Terkena Air

Berikut ini adalah langkah mudah yang perlu dilakukan apabila ponsel terkena air:

Baca Juga:   Inilah Daftar 8 HP 4G LTE Terbaru dan Termurah Di Indonesia

1. Langkah pertama, anda tidak boleh panik

Kondisi tidak boleh panik ketika anda mengalami masalah ponsel yang terkena air memang sangat sepele. Namun, ternyata kondisi anda yang tidak panik ketika ponsel terkena air bisa sangat berpengaruh terhadap keberhasilan proses penyelamatan ponsel. Kadang kala ketika seseorang tau ponselnya terkena air, seketika itu juga akan langsung panik. Hal tersebut justru malah menjadikan seseorang tidak melakukan aksi apapun yang pada akhirnya dengan cepat air masuk kedalam ponsel dan konslet terjadi. Dengan tidak panik ketika ponselnya terkena air, maka ada beberapa hal yang bisa diusahakan untuk dilakukan.

2. Lepaskan baterai dari tempatnya

Melepas baterai dari tempatnya adalah langkah pertama yang wajib dilakukan ketika ponsel anda terkena air. Langkah ini haruslah dikerjakan dengan cepat supaya aliran listrik kedalam sistem ponsel terputus. Dengan terputusnya aliran listrik, maka walaupun air masuk kedalam komponen tidak akan menyebabkan konslet. Lanjutkan pula melepas segala aksesories ponsel yang masih melekat, seperti bagian gantungan kunci atau cover flip dari ponsel itu sendiri.

3. Keringkan segera ponsel anda

Kegiatan mengeringkan ponsel yang terkena air bisa dilakukan dengan banyak cara. Cara paling mudah dan simpel serta sederhana adalah dengan cara mengelap menggunakan kain yang kering, halus dan tidak kusut. Salah satu rekomendasinya anda bisa juga menggunakan tisu yang berkualitas bagus. Sapu tangan juga bisa digunakan apabila tidak tersedia tisu.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan SMS

Pada saat mengelap, anda harus melakukannya dengan sangat hati-hati. Usahakan untuk tidak banyak melakukan goyangan pada ponsel, karena ditakutkan ada air sisa yang malah masuk lebih dalam. Usahakan juga sisa-sisa air yang menempel pada bagian ponsel benar-benar bersih dan kering serta tidak ada bagian yang tertinggal di ponsel.

4. Menggunakan alat bantu penyedot debu atau vakum cleaner

Penggunaan vakum cleaner atau penyedot debu memang jarang terdengar untuk proses memperbaiki ponsel yang terkena air. Padahal alat penyedot debu ini sangat bermanfaat untuk menyedot partikel-partikel kecil dan air yang masih tertinggal di ponsel yang tidak bisa dihilangkan menggunakan lap atau tisu.

5. Memanfaatkan pengering rambut atau hair dryer

Apabila proses pengeringan tidak bisa maksimal menggunakan lap dan tisu, maka anda bisa menggunakan pengering rambut atau hari dryer. Alat ini bertugas menyemprotkan hawa udara hangat yang pastinya bisa membuat air didalam ponsel mengering. Disamping itu, dengan memanfaatkan hair dryer, sisa-sisa air yang masuk ada di sela-sela ponsel bisa dengan mudah terdorong keluar ponsel.

Baca Juga:   Daftar HP dan Smartphone Android 4G LTE Terbaru

6. Gunakan beras untuk merendam ponsel

Ponsel yang baru saja terendam air bisa diusahakan untuk dikeringkan menggunakan beras yang ada didalam wadah. Beras memiliki sifat bisa menyerap udara yang lembab, apapun jenisnya. Hanya saja, memanfaatkan beras untuk menghilangkan “kelembaban” didalam ponsel membutuhkan waktu. Untuk itu, bagi anda yang ingin mencoba cara mengeringkan menggunakan beras, silahkan anda benamkan ponsel kedalam beras sekitar 24 jam.

7. Harus bersabar menunggu kesiapan ponsel

Lakukan beberapa hal diatas dengan sabar dan teliti. Sebelum anda menyalakan ponsel, ada baiknya anda menunggu lagi sekitar 24 guna memastikan kondisi ponsel anda benar-benar kering. Jangan masukan terlebih dahulu baterai ponsel sebelum memastikan kondisi ponsel kering secara maksimal. Kunci keberhasilan penyelamatan ponsel yang terkena air adalah kesabaran, jangan terburu-buru hanya untuk menyalakan ponsel, karena apabila ponsel belum kering malahan akan membuat ponsel rusak parah.

Demikianlah tutorial singkat mengenai Cara Mudah Selamatkan Ponsel Yang Terkena Air yang bisa anda coba praktekan. Mudah-mudahan ponsel anda yang terkena air bisa selamat dan anda bisa kembali menggunakannya tanpa harus membeli ponsel baru. Terima kasih dan selamat mencoba, semoga berhasil.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan SMS

Apa Yang Dimaksud Dengan SMS

Popularitas dari penggunaan SMS atau Short Message Service sekarang ini memang sudah mulai memudar. Hal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *