Home / Umum / Alam / Cara Pohon Bambu Menyesuaikan Diri

Cara Pohon Bambu Menyesuaikan Diri

Bambu adalah salah satu jenis tumbuhan yang banyak tumbuh di negara Indonesia. Dari pohon bambu juga sangatlah banyak, kali yang dimanfaatkan untuk membuat tiang rumah, ada yang digunakan untuk membuat pagar, ada yang digunakan untuk membuat jembatan dan fungsi yang lainnya. Pohon bambu bisa tumbuh subur di negara Indonesia karena mampu beradaptasi atau menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Pada kesempatan kali ini Mari kita belajar bagaimana cara pohon bambu menyesuaikan diri dengan lingkungannya hingga pohon bambu berkembang biak dan bertahan hidup dengan baik

Cara Pohon Bambu Menyesuaikan Diri

Pohon bambu merupakan pohon yang memiliki karakteristik tumbuh dengan tinggi, memiliki batang yang keras dan tidak bercabang. Apabila masih muda dan dalam bentuk tunas, beberapa jenis pohon bambu bisa dijadikan sebagai bahan masakan. Memang, bisa dikatakan pohon bambu merupakan salah satu jenis pohon yang serbaguna baik yang masih muda maupun yang sudah tua. Semuanya bisa dimanfaatkan dengan baik oleh manusia.

Pohon bambu juga memiliki karakteristik mampu menyimpan air di dalam tanah. Oleh sebab itulah banyak masyarakat Indonesia yang masih menggunakan sumur selalu menanam pohon bambu disekitarnya. Tujuannya supaya air didalam tanah bisa tertahan dengan baik sehingga kondisi air di dalam sumur akan selalu terisi air, Terutama di musim kemarau. Dengan adanya pohon bambu, maka air yang masuk ke dalam sumur juga akan lebih segar dan jernih karena simpanan air pada pohon bambu tentunya sudah di filterisasi sedemikian rupa.

Baca Juga:   Cara Menanggulangi Bencana Banjir

Cara pohon bambu menyesuaikan diri

Memang, tidak banyak hal yang dilakukan oleh pohon bambu di dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Pohon bambu merupakan salah satu jenis pohon yang bisa dengan mudah tumbuh di berbagai daerah di Indonesia asalkan di lingkungan pohon bambu tumbuh terdapat pada air yang cukup. Jadi, kondisi lingkungan yang cukup air merupakan salah satu jalan bagi pohon bambu untuk beradaptasi. Tanpa adanya kondisi air yang cukup, maka tentunya pohon bambu akan sulit tumbuh yg berkembangbiak.

Selanjutnya, pohon bambu juga memiliki bulu halus yang menempel pada bagian batang. Bulu halus tersebut lebih banyak tumbuh ketika pohon bambu masih berusia muda. Apabila pohon bambu sudah cukup tua dan keras, maka jumlah dari bulu halus tersebut akan semakin berkurang. Apabila bulu halus tersebut mengenai kulit manusia, maka akan menimbulkan rasa gatal secara sementara namun tidak berbahaya. Dalam bahasa Jawa, bulu halus pada pohon bambu disebut “lugut”.

Lokasi tumbuh pohon bambu juga harus dekat dengan sumber air. Apabila disekitar pohon bambu tidak tersedia cukup air, maka pohon bambu biasanya akan mati mengering, walaupun dalam waktu yang cukup lama dan bertahap. Oleh sebab itu, selalu cari lokasi yang banyak air apabila akan menanam pohon bambu.

Baca Juga:   Cara Menanggulangi Sampah Dengan Bijaksana

Karena pemanfaatan pohon bambu maka tentu akan sangat berguna apabila kita bisa menanam pohon bambu di sekitar rumah kita. Suasana yang rindang akan didapat manakala pohon bambu Sudah tumbuh dalam jumlah yang banyak. Pohon bambu mampu berkembang biak sendiri tanpa bantuan manusia. Pohon bambu yang sudah dewasa akan tumbuh Tunas secara sendiri yang nantinya Tunas tersebut juga akan tumbuh dengan sendirinya. Oleh sebab itu apa yang sering dengan bertambahnya waktu maka pohon bambu akan semakin banyak.

Demikianlah penjabaran singkat mengenai cara pohon bambu menyesuaikan diri. Mudah-mudahan, informasi sederhana pada posting kali ini mampu memberikan gambaran kepada anda bagaimana cara pohon bambu menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Selain itu, manfaat pohon bambu sangat banyak, maka diharapkan Kita bisa menanam pohon bambu di sekitar rumah kita apabila masih memungkinkan. Dengan adanya pohon bambu yang tumbuh berkembang di sekitar rumah kita Apakah suasana asri dan segar bisa kita dapatkan. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Baca Juga:   Cara Menanggulangi Banjir Oleh Pemerintah DKI Jakarta

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Planet

Apa Yang Dimaksud Dengan Planet

Pada saat kita masih belajar di bangku sekolah, khususnya di mata pelajaran IPA Kita pernah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *