Home / Umum / Pola Pikir / Cara Untuk Memiliki Pola Pikir Positif

Cara Untuk Memiliki Pola Pikir Positif

Cara untuk memiliki pola pikir positif tentunya dapat dikerjakan dengan 2 langkah, yakni dengan memakai pikiran sadar dan dengan memakai pikiran di bawah sadar. Lantas, mana cara yang terbaik didalam memiliki pola pikir positif tersebut? Tentunya, kedua langkah tersebut merupakan langkah yang cukup baik.

Cara Untuk Memiliki Pola Pikir Positif

Kedua cara untuk memiliki pola pikir positif tersebut bisa anda terapkan dan anda coba praktekkan. Namun, secara praktek akan lebih baik apabila anda melakukan perubahan pikiran bawah sadar anda. Hal tersebut dikarenakan nantinya anda akan memiliki pola pikir positif secara otomatis. Alasan yang lainnya adalah pikiran bawah sadar merupakan sebuah teknik yang mempunyai fungsi cukup jauh dan lebih besar di dalam proses pengendalian hidup kita.

1. Cara berpikir positif memakai pikiran sadar

Teknik atau cara berpikir positif memakai pikiran sadar adalah proses berpikir dengan memakai akal dan rasio. Apakah anda mengetahui bahwa cukup banyak orang yang masih mengabaikan akal maupun rasio di dalam memikirkan suatu hal. Anda bisa mencoba untuk menengok di jalan bahwa ternyata masih terdapat banyak hal yang sebenarnya tidak masuk akal. Kadangkala, banyak orang yang berani mempertaruhkan nyawa di jalan raya hanya mengikuti emosi belaka atau hanya ingin menjadi lebih cepat sampai. Apakah hal tersebut bisa masuk akal?

Baca Juga:   Mindset Pola Pikir Dan Cara Mengembangkannya

Tentunya, contoh-contoh aktivitas yang tidak masuk akal masih cukup banyak. Dan tentunya berbagai macam hal tersebut berada di luar logika. Apabila kita lakukan pembahasan disini, maka tentunya akan memiliki tulisan yang terlalu banyak. Oleh sebab itu, saya akan mencoba mengambil salah satu contohnya saja, dan hal tersebut berhubungan erat dengan rasa percaya diri.

Contohnya adalah ketika anda sedang berbicara di depan orang banyak, lalu tanpa sengaja anda melakukan sebuah kesalahan. Lantas, dalam kondisi tersebut apakah itu berarti bahwa anda tidak dapat berbicara di depan orang banyak? Apabila anda memakai akal dan rasio dengan benar, maka seharusnya kita dapat menjawab pertanyaan tersebut dengan jawaban belum tentu. Kondisi tersebut tentunya bisa saja hanya merupakan kesalahan belaka dan tentunya tidak dapat menunjukkan siapa diri anda yang sebenarnya.

Pada kondisi tersebut tentunya cukup banyak orang yang bisa terbawa oleh emosi dan tidak menggunakan akal dan rasionya dan bisa langsung memiliki anggapan bahwa diri anda tidak becus di dalam berbicara di depan orang banyak. Padahal sebenarnya kondisi tersebut merupakan opini atau anggapan saja. Secara fakta, anda memang melakukan sebuah kesalahan. Namun, belum ada satu kaidah logika yang bisa membuktikan bahwa anda “tidak dapat” atau “tidak akan pernah dapat” untuk bisa berbicara di depan orang banyak. Kondisi tersebut merupakan opini biasa.

Baca Juga:   Definisi Dan Pengertian Pola Pikir Ilmiah

2. Cara berpikir positif memakai pikiran di bawah sadar

Apakah kita bisa berpikir secara positif di bawah sadar kita? Jawabannya adalah bisa. Dan kondisi tersebut memang bisa dikerjakan secara tanpa sadar yang disebut dengan istilah bawah sadar. Lantas, bagaimana teknik di dalam berpikir positif dengan tanpa sadar? Tekniknya adalah dengan cara membentuk sebuah pola pikir positif yang berada di dalam pikiran bawah sadar anda. Pikiran bawah sadar tentunya dapat bekerja dengan cara otomatis, mirip dengan yang dimiliki oleh mesin. Oleh sebab itulah, maka anda wajib untuk memberikan sebuah cetakan maupun pola di dalam pikiran bawah sadar anda.

Pola pikir di bawah sadar memang sering dikenal dengan istilah paradigma berpikir atau mindset. Paradigma berpikir merupakan sesuatu yang bisa dijadikan sebagai cetakan atau landasan pada saat kita berpikir. Apabila pikiran bawah sadar kita telah mempunyai pola pikir positif di mana ada pula yang menyebutnya dengan istilah pola pikir sukses makna keseluruhan pikiran yang kita miliki akan menjadi positif.

Baca Juga:   Tiru Pola Pikir Kewirausahaan Jika Ingin Sukses

Sementara itu, apabila anda melihat kepada setiap orang yang mempunyai karakter tersendiri, disebabkan karena mereka mempunyai pola pikir yang cukup berbeda. Tindakan serta ucapan dari seseorang tentunya sangat dipengaruhi oleh pikiran yang dimilikinya.

Mungkin, sekarang anda akan memiliki sebuah pertanyaan bagaimana cara untuk memiliki pola pikir positif? Hal tersebut tentunya bisa dilakukan dengan cara belajar menggunakan metode qurani. Di dalam al-quran, seringkali kita mendapatkan sebuah visualisasi/ penggambaran surga serta neraka, perumpamaan, pengulangan, kisah dan cerita. Hal tersebutlah yang menjadi tumpuan di dalam membentuk sebuah pola pikir positif kita.

Demikianlah penjabaran singkat mengenai cara untuk memiliki pola pikir positif yang bisa saya bahas pada ulasan kali ini. Mudah-mudahan, walaupun artikelnya tidak terlalu panjang, namun anda bisa mengambil intisari di dalam proses memiliki pola pikir positif yang bisa anda terapkan di kehidupan sehari-hari. Terima kasih telah selamat beraktivitas.

Artikel menarik lainnya

Pola Pikir Orang Jenius Yang Wajib Anda Tiru

Pola Pikir Orang Jenius Yang Wajib Anda Tiru

Pola pikir orang jenius kadangkala dianggap orang biasa sesuatu yang aneh dan nyeleneh. Bahkan kadangkala …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *