Home / Pendidikan / Ciri Ciri Guru Kreatif Yang Patut Untuk Ditiru

Ciri Ciri Guru Kreatif Yang Patut Untuk Ditiru

Keberhasilan pada suatu pembelajaran tentunya sangat bergantung kepada kreativitas dari seorang guru. Terlebih, pada zaman sekarang ini di mana karakter dari masing-masing peserta didik yang jauh lebih kritis Yang menuntut sumber pembelajaran lebih banyak serta menjadikan tekanan guru semakin meningkat. Tentunya, guru di zaman sekarang ini sangatlah berbeda dengan guru di zaman yang lalu. Apabila guru di jaman dahulu, dimana Guru menjawab atau membentak siswa merupakan hal yang biasa, Namun apabila hal tersebut terjadi pada zaman sekarang, maka seorang guru akan mendapat kasus.

Ciri Ciri Guru Kreatif Yang Patut Untuk Ditiru

Oleh karena itulah, maka kreatifitas dari seorang guru haruslah selalu ditingkatkan di dalam proses penyajian pembelajaran. Tentunya, setiap guru harus memahami teknik supaya kegiatan pembelajaran dapat disajikan dengan cukup menyenangkan, akan tetapi tetap fokus kepada sasaran. Seorang guru yang kreatif tentunya akan mampu untuk memberikan pembelajaran dengan sejumlah metode supaya seluruh siswa dapat menerima materi pembelajaran yang disampaikan dengan sebaik-baiknya. Lantas, apakah ciri-ciri guru kreatif tersebut?

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Materi

Pada artikel kali ini, ijinkan saya untuk menyampaikan 10 ciri-ciri guru kreatif yang perlu untuk ditiru dan harus dimiliki oleh setiap guru profesional. Akan tetapi, sebelum kita melanjutkan Tentang pembahasan ciri guru yang kreatif, maka Mari kita bahas terlebih dahulu kutipan dari kata guru dan kreativitas.

Guru merupakan orang yang mengajar pada sebuah bidang ilmu. Di dalam bahasa Indonesia, kata guru pada umumnya mengacu kepada pendidik profesional yang memiliki pekerjaan utama untuk mengarahkan, membimbing, mengajar, mendidik, menilai, melatih serta melakukan evaluasi kepada setiap peserta didik.

Kreativitas merupakan sebuah kemampuan guna mengembangkan sejumlah itu baru serta teknik dan cara baru di dalam memecahkan berbagai macam masalah serta menemukan adanya peluang. Di dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah thinking new thing.

Masakan definisi guru dan kreativitas di atas, maka bisa diambil kesimpulan mengenai pengertian guru kreatif yaitu seorang guru atau pengajar yang memiliki kemampuan di dalam melakukan pengembangan sejumlah ide baru maupun teknik dan cara baru di dalam menilai, mati, mengarahkan, membimbing, mengajar, mendidik, serta melakukan evaluasi pada setiap peserta didik.

Baca Juga:   Cara Moderator Membuka Diskusi

Ciri-ciri guru kreatif merupakan sejumlah hal yang wajib untuk dimiliki oleh masing-masing guru kreatif di dalam melaksanakan tugas dan profesinya. Dari berbagai macam sumber, maka bisa disimpulkan terdapat 10 ciri guru kreatif. Apa saja? Silakan anda Simak kesepuluh ciri-ciri guru kreatif di bawah ini

  1. Guru kreatif mempunyai berbagai macam cara paling baru yang memiliki sifat inovasi untuk mengembangkan model dan kegiatan pembelajaran
  2. Guru kreatif mempunyai kemampuan di dalam mendesain dan merancang berbagai macam perangkat pembelajaran dengan Mandiri
  3. Guru kreatif mempunyai kemampuan yang cukup bervariasi di dalam memberikan materi pembelajaran
  4. Guru kreatif mempunyai kemampuan di dalam memberikan pembelajaran yang cukup menyenangkan
  5. Guru kreatif mempunyai rasa optimisme pada saat melaksanakan tugasnya
  6. Guru kreatif mempunyai kemampuan di dalam memecahkan berbagai macam permasalahan di dalam hubungan komunikasi sosial
  7. Guru kreatif mempunyai kemampuan di dalam mengerjakan berbagai macam eksperimen pada saat menjalankan pekerjaannya
  8. Guru kreatif mempunyai mindset yang baik serta selalu memiliki pikiran positif
  9. Guru kreatif mempunyai karakter taat untuk beribadah
  10. Guru kreatif mempunyai pribadi yang dapat dijadikan sebagai pedoman dan panutan untuk siswa dan juga rekan-rekan sesama guru
Baca Juga:   Cara Memilih Sekolah Dasar Yang Tepat Untuk Anak

Demikianlah Uraian singkat tentang ciri-ciri guru kreatif yang patut untuk ditiru oleh siapapun karena memiliki nilai positif dan berdampak baik di dalam kegiatan pembelajaran. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Artikel menarik lainnya

Aplikasi Jadwal Pelajaran

Aplikasi Jadwal Pelajaran Paling Populer dan Mudah DIgunakan

Di dunia pendidikan, aplikasi jadwal pelajaran adalah salah satu hal yang sangat dibutuhkan, terutama di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *