Home / Pendidikan / Ciri Ciri Guru Mursyid Yang Perlu Diketahui Dan Ditiru

Ciri Ciri Guru Mursyid Yang Perlu Diketahui Dan Ditiru

Apakah anda mengetahui ciri-ciri guru Mursyid? Apabila belum, silahkan anda baca terus ulasan berikut ini yang akan membahas Apa saja ciri dari guru Mursyid tersebut. Tentunya, sangat berbahagia bagi orang yang telah menemukan guru pembimbing yang selevel dengan Mursyid. Dengan begitu, maka tentunya seseorang bisa dengan mudah menimba ilmu tasawuf apa yang termasuk didalamnya adalah ilmu hakekat, ilmu tarekat dan ilmu makrifat.

Ciri Ciri Guru Mursyid

Akan tetapi, memperoleh guru setingkat atau selevel Mursyid tentu tidaklah mudah. Oleh sebab itu, Alangkah baiknya apabila kita memahami dan mengerti terlebih dahulu bagaimana seorang Mursyid itu berkaitan dengan karakteristik, arti serta cara untuk memperoleh ilmu darinya.

Arti dari Mursyid

Apabila dipahami dengan cukup mendalam, bahwasanya mempelajari ilmu dari siapapun Tidak ada salahnya. Tentunya, orang yang mempelajari ilmu Allah akan selalu menyadari bahwa dirinya adalah bodoh dan harus selalu bertakwa kepada Allah serta orang yang lainnya.

Disadari ataupun tidak, suatu kebenaran tidaklah akan selalu berpihak kepada orang yang hebat maupun berpangkat, Justru malah bisa diperoleh dari orang biasa yang awam. Orang yang telah diberikan ilmu Allah bukanlah pada sisi penampilan fisik berupa kekayaan maupun pangkat, akan tetapi ilmu Allah hanyalah akan bersemayam pada hamba yang mempunyai hati, Iman dan selalu tawakal.

Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam pernah bersabda bahwasanya “barangsiapa yang dikehendaki Allah menjadi baik, maka Allah akan memberikan kecerdasan pemahaman sebaik-baiknya dalam hal agama” ( Hadits Riwayat Bukhari)

Diberikan maupun tidak diberikan ilmu Allah kepada seseorang merupakan hak Allah dan tentunya Allah lah yang akan menentukan sendiri Bagaimanakah seseorang bisa menguasai ilmu yang diberikan. Hal tersebut jelas terdapat pada orang yang diberikan kelebihan atas hamba yang satu dengan hamba yang lainnya berhubungan pada penguasaan ilmu Allah dan di bagian itulah Mursyid berada sebagai seseorang yang diberikan kelebihan, baik dari sisi kemuliaan maupun derajat terkait dengan ilmu Allah subhanahu wa ta’ala.

Baca Juga:   Cara Agar Punya Banyak Teman Di Sekolah

Ciri serta karakteristik dari seorang Mursyid

Disebabkan guna memperoleh guru yang selevel dengan Mursyid cukuplah sulit, maka Allah lah yang akan menunjukkannya berdasarkan kadar kesungguhan atau niat serta tingkat dari keimanan seseorang serta keseriusan ibadah yang dikerjakannya. Sejumlah ulama sudah memberikan karakteristik tentang ciri-ciri seorang Mursyid, yakni:

1. Memiliki sifat sederhana, memiliki kecenderungan tersembunyi dan tidak selalu dikenal

Seorang ulama Mursyid tentunya tidak akan selalu identik dengan ulama yang terkenal atau dikenal luas, justru seringkali berada di tempat yang terpencil serta posturnya amatlah sederhana dan selalu tawadhu. Justru, ada pula sebagian yang disembunyikan oleh Allah subhanahu wa ta’ala

2. Memiliki ucapan yang pasif, tidak mau merasa benar sendiri

Kalimat-kalimat yang diucapkan nya lebih banyak bersifat pasif, tidak menunjukkan bahwa dirinya selalu benar sendiri, sebab semuanya adalah karena Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan ajaran yang diberikannya mampu memberikan kesejukan pada hati.

3. Mempunyai ilmu hikmah

Mempunyai ilmu hikmah artinya adalah memiliki kemampuan untuk membaca berbagai macam ayat berkaitan dengan kejadian dan ciptaan Allah yang ada di langit, di bumi dan seluruh alam semesta.

4. Memiliki kemampuan untuk mengungkap rahasia Allah

Seorang Mursyid mempunyai kemampuan untuk mengungkapkan kerahasiaan Allah, utamanya adalah kalam Allah yang tidak memiliki aksara dan tidak bersuara. Dengan latar belakang seperti itu, maka ilmunya tentu tidak selalu sarat dengan periwayatan maupun berbagai macam dalil yang panjang, namun sederhana dan ringkas serta mudah dicerna yang seluruhnya adalah kebenaran yang hak.

Baca Juga:   Arti Dari Artikel Dilihat Dari Beberapa Sumber

5. Suluk Ada kemungkinan berlainan, namun secara inti akan mengajak untuk mendekatkan diri kepada Allah

Seorang Mursyid akan membawakan cara, jalan atau Suluk kepada salik yang berlainan dan tidak selalu sama, akan tetapi pada intinya selalu mengajak diri guna lebih dekat kepada sang pencipta

6. Sebagai pewaris nabi

Sebagai salah satu pewaris nabi, rata-rata mempunyai keturunan atau silsilah yang kuat dan hanya dapat dipahami diantara Mursyid, sehingga ilmu tersebut bisa dijamin kontinuitasnya untuk selalu diturunkan di antara Mursyid yang satu dan penerusnya serta dijamin tetap ada setelah sepeninggalan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam maupun sampai dengan akhir zaman.

7. Mempunyai Karomah

Pada masa perjuangan para Mursyid yang setara dengan Wali dan Aulia tentunya tidak akan pernah merasakan gentar dan takut dengan adanya karunia Allah yang berupa Karomah yang dipunyainya. Allah berfirman dalam Quran surat Yunus ayat 62 “Ingatlah, Sesungguhnya wali-wali Allah itu, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.

8. Mempunyai firasat yang cukup tajam

Disebabkan karena kedekatannya kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, sangatlah wajar jika seorang Mursyid sebagai orang yang soleh mempunyai kemampuan untuk bisa memahami sejumlah hal yang bersifat tersembunyi berkaitan pada diri manusia, Bahkan dia juga akan mengetahui lebih jauh sebelum kita datang. Hal tersebut disebabkan seorang Mursyid mempunyai firasat, memahami rahasia Allah yang sudah diberikan kepadanya mengenai sesuatu hal maupun kejadian pada makhluknya. Hal tersebut berdasarkan hadits dari Abu Sa’id Al khudri, bahwasanya Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda ” takutlah terhadap firasat seorang mukmin, sebab Ia melihat dengan cahaya Allah, kemudian membaca ayat Inna fi dzalika li ayatin lilmutawassimin ( hadits riwayat Tirmidzi).

Baca Juga:   Aplikasi Jadwal Pelajaran Kurikulum 2013 Gratis

9. Memiliki sifat Mandiri serta tidak tergantung kepada orang lain

Memiliki kemampuan untuk menghidupi dirinya sendiri dengan memiliki keyakinan yang sangat kuat kepada rezeki Allah sehingga tidak memiliki ketergantungan kepada orang lain maupun kelompok yang lain. Itulah yang dikenal dengan istilah iffah, yakni bisa mencukupi dirinya sendiri serta mempunyai keyakinan yang sangat kuat terhadap rezeki Allah kepadanya.

Cara belajar kepada Mursyid

Jika berbagai macam karakteristik di atas setelah ditemukan, maka silahkan anda niatkan dan tetapkan untuk bisa belajar kepadanya, niat lah untuk selalu patuh kepadanya. Patuh merupakan salah satu syarat maupun adab guna memperoleh ilmu batin dari para Mursyid. Mursyid merupakan orang yang sangat dicintai Allah, sebab dengan mencintai orang yang telah dicintai Allah maka Allah tentunya akan menyayangi kita.

Sejumlah kisah kepatuhan yang sangat luar biasa telah ditunjukkan oleh Syekh Abdul Qodir Jaelani, Sunan Kalijaga dan juga Imam Syafi’i. Hanya bermodalkan kepatuhan kepada Mursyid lah yang akan mampu untuk melatih dan membimbing diri kita untuk kemudian nantinya bisa patuh kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Mursyid lah yang nantinya akan mengajarkan kepada kita untuk mampu membuka hijab di dalam diri kita serta mampu guna memandang kebesaran serta keagungan Allah melewati untaian hikmah yang telah disampaikannya.

Demikianlah Uraian singkat tentang ciri-ciri guru Mursyid yang perlu dipahami dan apabila mungkin bisa ditiru. Mudah-mudahan, artikel Pada kesempatan kali ini mampu memberikan bahan evaluasi dan renungan bagi kita sekalian, dan tentunya mampu untuk membawa diri kita menjadi pribadi yang lebih baik dan bisa lebih taat kepada perintah-perintah yang telah Allah berikan kepada kita semuanya. Terima kasih.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung IP Dan IPK

Cara Menghitung IP Dan IPK Pada Semua Perguruan Tinggi

Apakah itu IPK dan IP? Untuk setiap mahasiswa, IP atau indeks prestasi dan IPK atau …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *