Home / Umum / Sosial / Contoh Biografi Tentang Pahlawan Ki Hajar Dewantara

Contoh Biografi Tentang Pahlawan Ki Hajar Dewantara

Halo, apa kabar semuanya? semoga saja anda dalam keadaan sehat selalu. Guna mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang membela negara Indonesia, maka pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membawakan sebuah contoh biografi tentang pahlawan Ki Hajar Dewantara. Pahlawan ini merupakan salah satu pahlawan yang sangat berjasa di dalam berjuang untuk negara Indonesia. Untuk itulah tentunya Kita patut untuk selalu mengenang jasa beliau, salah satunya adalah dengan mengetahui biografi tentang pahlawan Ki Hajar Dewantara tersebut.

Contoh Biografi Tentang Pahlawan Ki Hajar Dewantara

Contoh biografi tentang pahlawan Ki Hajar Dewantara

Istilah untuk bapak pendidikan Indonesia sangatlah melekat pada pahlawan Ki Hajar Dewantara. Raden Mas Suwardi Suryaningrat merupakan nama asli dari Ki Hajar Dewantara. Ki Hajar Dewantara adalah salah satu keturunan yang berasal dari Keraton Yogyakarta. Ketika Raden Mas Suwardi Suryaningrat menginjak umur 40 tahun, beliau mengganti namanya menjadi Ki Hajar Dewantara. Karena beliau ingin selalu dekat dengan masyarakat baik secara hati maupun fisik, maka beliau sengaja melepas gelar kebangsawanan nya.

Sekolah ELS yang dahulu kala merupakan SD di zaman Belanda merupakan tempat sekolahnya Ki Hajar Dewantara. Setelah itu Ki Hajar Dewantara melanjutkan pendidikannya di Stovia yang mana sekolah tersebut merupakan Sekolah dokter yang dikhususkan untuk Bumiputera. Akibat sakit, Ki Hajar Dewantara tidak bisa menyelesaikan sekolahnya di Stovia. Ki Hajar Dewantara sudah banyak Diceritakan mengenai hal tersebut Di dalam buku biografi yang memuat diri beliau.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Referendum

Bekerja sebagai wartawan pun sudah pernah beliau lakoni untuk mengisi berbagai macam berita yang berada di media cetak pada saat itu. Contoh-contoh media cetak pada saat itu adalah kaoem moeda, De ekpress, sedyotomo, mideen java, oetoesan hindia, poesara, serta tjahaja timoer.berbagai macam tulisan yang beliau buat juga cukuplah kritis dan komunikatif sehingga tentu membuat semangat rakyat sangat meningkat.

Memang, kita tidak akan pernah kehabisan materi ketika membahas mengenai biografi Ki Hajar Dewantara. Sangat banyak sekali hal-hal yang membanggakan dari pahlawan Ki Hajar Dewantara. Beliau juga cukup aktif di dalam pengurusan organisasi Budi Utomo sekitar tahun 1908.

Setelah aktif di organisasi Budi Utomo, Beliau juga mendirikan sebuah organisasi dengan Douwes Dekker yang pada saat itu cukup dikenal dengan nama juga Dr. Cipto Mangunkusumo dan Dr. danudirja Setiabudi dengan nama Indische Partij pada tahun 1912 di tanggal 25 Desember. bisa dikatakan, partai politik pertama yang ada di Indonesia adalah organisasi ini. Organisasi ini merupakan organisasi yang memiliki aliran nasionalisme untuk memperoleh kemerdekaan Indonesia. Tentunya penolakan dilakukan oleh Belanda ketika hendak mendaftarkan partai ini hal tersebut Dieng meningkatkan rasa nasionalisme pada rakyat Indonesia pada saat itu.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Ego

Akibat dari penolakan tersebut, untuk melakukan kritikan ke pemerintah Belanda mereka akhirnya membuat sebuah komite. Sejumlah kritikan mereka tulis yang ditujukan untuk pemerintah Belanda. Tulisan tersebut mereka muat Pada koran De Ekspressdimana pemilik surat kabar tersebut ketika itu adalah Douwes Dekker. Ketidakmungkinan di dalam merayakan kemerdekaan Indonesia, Dimana kemerdekaannya sudah dirampas mereka tulis pada saat itu. akibat dari tulisan tersebut,

Ki Hajar Dewantara kemudian diasingkan di Pulau Bangka. Hal tersebut dilakukan sebagai hukuman yang dilakukan oleh pemerintah Belanda. Cerita-cerita semacam ini juga tentunya bisa didapat dengan mudah pada buku yang bercerita tentang pahlawan Ki Hajar Dewantara.

Setelah masa pengasingan selesai, ki hajar Dewantara sempat menempuh perjalanan ke negara Belanda. Setelah itu, beliau berinisiatif untuk mendirikan Taman Siswa. Berbagai macam halangan rintangan dan tantangan tentunya beliau alami pada saat mendirikan taman siswa tersebut. Tentunya halangan, rintangan dan tantangan tersebut datang dari pemerintah Belanda. namun, akibat dari kegigihan beliau di dalam berjuang akhirnya Izin Mendirikan Taman Siswa berhasil didapat.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Kampanye

Jabatan sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan beliau dapatkan setelah kemerdekaan didapat oleh negara Indonesia. museum yang dibuat untuk Kihajar Dewantara tentunya bisa anda temukan ketika kalian mengunjungi kota Yogyakarta. Silahkan anda Sempatkan berkunjung ke Yogjakarta untuk mengenang jasa pahlawan Ki Hajar Dewantara.

Sekian pembahasan singkat mengenai contoh biografi tentang pahlawan Ki Hajar Dewantara yang bisa saya ulas pada kesempatan kali ini. Marilah kita selalu mengenang jasa jasa para pahlawan yang sebelumnya sudah berjuang dengan sepenuh hati hingga akhirnya kita sebagai rakyat indonesia bisa menikmati nuansa kemerdekaan. Terimakasih atas kunjungan anda selamat meneruskan perjuangan para pahlawan Indonesia.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Arti Dari Hakikat Serta Definisi Lengkapnya

Arti Dari Hakikat Serta Definisi Lengkapnya

Halo apa kabar semuanya? Sebelum kita masuk ke dalam pembahasan arti dari hakikat dan membahas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *