Home / Umum / Kode Etik / Contoh Kode Etik Sekretaris Paling Sederhana

Contoh Kode Etik Sekretaris Paling Sederhana

Sekretaris adalah salah satu bidang pekerjaan dan profesi yang cukup diminati oleh sebagian orang. Posisi profesi sekretaris bentuknya merupakan posisi yang sangat strategis karena posisi tersebut sangat dekat dengan posisi pimpinan sebuah instansi. Oleh sebab itu, profesi sekretaris juga tentunya memiliki peranan yang sangat penting di dalam memajukan tempat di mana Dia bekerja.

Contoh Kode Etik Sekretaris Paling Sederhana

Seorang sekretaris memiliki tugas mendampingi pimpinan di dalam melaksanakan sejumlah aktivitas kantornya. Salah satu jenis pekerjaan yang biasanya dimiliki oleh seorang sekretaris adalah membuat notulen rapat, mencatat segala macam kebijakan pimpinan, membantu keperluan pimpinan yang berkaitan dengan kedinasan, serta sejumlah pekerjaan lain yang erat kaitanya dengan data dan informasi yang dimiliki oleh pimpinan. Supaya bisa bekerja dengan baik dan sesuai dengan aturan maka seorang sekretaris wajib untuk selalu mengikuti kode etik sekretaris sebagai pedoman bekerja.

Supaya profesi sekretaris mampu memberikan performa dan pelayanan yang terbaik kepada pimpinan dan sejumlah pihak yang terkait maka dibutuhkan adanya kode etik sekretaris yang mampu dipedomani supaya seluruh pekerjaan yang dilaksanakan nya sesuai dengan etika etika yang ada serta berjalan berdasarkan aturan yang sudah ditentukan.

Baca Juga:   Kode Etik Kesehatan Masyarakat Secara Umum

Contoh kode etik sekretaris

Tentunya, kita bisa memaklumi bahwa setiap tempat kerja tentunya memiliki aturan yang berbeda-beda. Termasuk salah satunya adalah kode etik sekretaris yang mana antara tempat kerja yang satu dengan tempat kerja yang lainnya memiliki perbedaan. Namun demikian, Secara inti bahwa kode etik sekretaris terdiri dari peraturan dan pedoman yang bisa dijadikan sebagai sebuah tonggak untuk sekretaris yang berwatak baik serta bermoral, memiliki kepribadian yang menarik, bertingkah laku dan bertutur kata berdasarkan dengan profesinya.

Di bawah ini adalah contoh kode etik sekretaris paling sederhana yang tentunya bisa diterapkan oleh setiap sekretaris apabila belum memperoleh gambaran gambaran umum mengenai kode etik sekretaris.

  1. Seorang sekretaris wajib untuk selalu menjunjung tinggi nama baik profesi, kemuliaan serta kehormatan dari tempat kerja
  2. Seorang sekretaris wajib untuk selalu sopan dan bertindak jujur pada setiap perilaku yang dikerjakannya baik pada saat mengerjakan tugas di lingkungan kerja maupun pada saat melayani klien di lingkungan masyarakat
  3. Seorang sekretaris wajib untuk selalu menjaga berbagai macam data dan informasi yang diperolehnya serta tidak menyalahgunakan kerahasiaan data dan informasi tersebut untuk kepentingan pribadi
  4. Seorang sekretaris wajib untuk berusaha meningkatkan kualitas dari profesi yang dimilikinya dengan cara mengikuti pendidikan maupun melakukan kerjasama dengan teman-teman seprofesinya baik dalam tingkat internasional maupun tingkat nasional
  5. Seorang sekretaris wajib untuk selalu menghargai dan menghormati reputasi yang dimiliki oleh rekan kerja seprofesinya baik yang ada di luar negeri maupun yang ada di dalam negeri.
Baca Juga:   Kode Etik Periklanan Secara Umum

Demikianlah beberapa contoh kode etik sekretaris yang bisa saya berikan pada kesempatan yang baik ini. Sebagai seorang sekretaris yang baik tentunya wajib untuk melaksanakan kode etik sekretaris supaya segala macam tingkah laku yang dimilikinya bisa terkontrol dengan baik dimana pada akhirnya bisa membawa nama baik perusahaan Dimana tempat dia bekerja. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Artikel menarik lainnya

Kumpulan Kode Etik Apoteker Yang Sangat Penting

Kumpulan Kode Etik Apoteker Yang Sangat Penting

Apoteker merupakan salah satu jenis profesi yang cukup digandrungi untuk saat ini. Selain menjanjikan penghasilan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *