Home / Umum / Kode Etik / Contoh Kode Etik Tenaga Kesehatan

Contoh Kode Etik Tenaga Kesehatan

Sebelum kita membahas mengenai contoh kode etik tenaga kesehatan, Mari kita pelajari dulu istilah etik atau etika. Etik merupakan sebuah kata yang memiliki persamaan ethics atau ethos yang berasal dari bahasa Yunani yang memiliki arti layar, yang baik, sikap, Perasaan, watak, adat istiadat, akhlak. Berdasarkan kamus umum bahasa Indonesia, etika merupakan sebuah ilmu pengetahuan yang berisi mengenai asas akhlak

Contoh Kode Etik Tenaga Kesehatan

Pada saat sedang melaksanakan pekerjaan dan profesi, maka wajib untuk mengutamakan etik profesi, apalagi jika profesi tersebut berkaitan dengan pelayanan kepada masyarakat umum. Kode etik profesi adalah sebuah perangkat yang mengatur perilaku anggota profesi yang berkaitan antara orang yang satu dengan orang yang lain. Adanya pengalaman ketika akan membuat sekelompok orang menjadi lebih baik di dalam arti moral.

Sebuah pekerjaan profesi adalah pekerjaan yang membutuhkan latihan dan pendidikan khusus, mempunyai kedudukan yang cukup tinggi di dalam masyarakat, contohnya adalah apoteker, dokter gigi, dokter, dosen, wartawan, pengacara, Hakim, dan ahli hukum lainnya. Profesi dokter adalah salah satu jenis profesi paling tua dan cukup dikenal sebagai pekerjaan yang sangat mulia. Hal tersebut disebabkan karena dokter berhadapan dengan sejumlah hal yang sangat berharga di dalam kehidupan seseorang, yakni masalah kehidupan dan kesehatan.

Baca Juga:   Kumpulan Kode Etik Perusahaan

Contoh Kode Etik Tenaga Kesehatan

Berdasarkan pasal 1 butir 11 UU No.29 tahun 2004 mengenai praktek kedokteran bahwa Kedokteran Gigi maupun profesi Kedokteran merupakan sebuah profesi kedokteran maupun kedokteran gigi yang dilakukan dengan dasar kompetensi atau sebuah keilmuan yang didapat dari pendidikan berjenjang serta memiliki kode etik yang bersifat memberikan pelayanan kepada masyarakat

Makna dari pekerjaan kedokteran yaitu adanya panggilan jiwa dan bisikan Nurani guna mengabdikan diri secara kemanusiaan dengan dasar moralitas yang cukup tinggi. Sejumlah prinsip yang dimiliki oleh kedokteran adalah ikut serta merasakan penderitaan yang dialami oleh orang lain yang kurang beruntung, compassion atau rasa kasih sayang peduli terhadap sesama dalam ruang lingkup kemanusiaan, keikhlasan, empati, keadilan dan prinsip kejujuran.

Pada hakekatnya, seorang dokter sangat dilarang untuk egois dan wajib mengutamakan kepentingan orang lain, memberikan pengobatan orang yang sakit. Seorang dokter wajib untuk mempunyai emotional quotient (EQ), intellectual quotient (IQ) dan sepiritual qouotient (SQ)Yang mumpuni

Adapun tujuan dari pendidikan etika pada pendidikan kedokteran yaitu guna menjadikan setiap salon dokter memiliki jiwa lebih manusiawi dengan mempunyai kematangan di bidang emosional dan intelektual. Adanya etika profesi kedokteran adalah salah satu perangkat perilaku untuk setiap dokter dan dokter gigi yang berkaitan dengan masyarakat, mitra kerja, teman sejawat, keluarga serta pasien.

Baca Juga:   Kode Etik Dokter Indonesia Yang Perlu Ditaati

Sejumlah rumusan kode etik tenaga kesehatan yang didalamnya termasuk dokter dibuat dan disusun oleh organisasi profesi bersama dengan pemerintah yang kemudian nantinya disahkan. Masing-masing dari jenis tenaga kesehatan sudah mempunyai kode etik tersendiri, akan tetapi kode etik tenaga kesehatan tentunya memiliki acuan kepada kode etik kedokteran Indonesia.

Hukum kesehatan di Indonesia

Hukum kesehatan di Indonesia berdasarkan anggaran dari dasar perhimpunan hukum kesehatan di Indonesia yaitu segala macam ketentuan hukum yang berkaitan secara langsung dengan pelayanan dan pemeliharaan kesehatan serta proses penerapan kewajiban dan hak baik untuk pribadi maupun seluruh lapisan masyarakat, baik bagi penerima jasa pelayanan kesehatan maupun sebagai pihak yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan pada seluruh aspek, sarana, organisasi, serta pedoman dari standar pelayanan medik, hukum, ilmu pengetahuan kesehatan, serta sejumlah sumber hukum yang lainnya. Hukum kedokteran adalah salah satu bagian hukum dari hukum kesehatan yakni yang berkaitan dengan pelayanan kesehatan

Bisa dikatakan pula bahwa hukum kesehatan adalah hukum yang masih memiliki usia cukup mudah.Perkembangan dari hukum kesehatan tersebut diawali disaat World Congress on medical law yang dilaksanakan pada tahun 1967 di Negara Belgia dan selanjutnya diteruskan secara berkala untuk beberapa waktu. Di negara Indonesia sendiri, perkembangan pada hukum kesehatan diawali sejak dibentuknya kelompok studi pada hukum kedokteran UI/RS Cipto Mangunkusumo pada tahun 1982 di kota Jakarta. Adanya perhimpunan untuk hukum kedokteran Indonesia atau perhuki dibentuk pada tahun 1983 di kota Jakarta dan selanjutnya berubah nama menjadi perhimpunan hukum kesehatan Indonesia.

Baca Juga:   Kode Etik Pendidik Paling Baru

Itulah sejumlah pembahasan mengenai contoh kode etik tenaga kesehatan di Indonesia, khususnya adalah kode etik kedokteran yang mana kode etik kedokteran tersebut sangatlah penting untuk diterapkan oleh setiap dokter Indonesia supaya mampu bekerja dengan lebih baik dan dijadikan sebagai pedoman di dalam menjalankan profesinya sehari-hari demi kemanusiaan. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

Artikel menarik lainnya

Kode Etik Kesehatan Masyarakat Secara Umum

Kode Etik Kesehatan Masyarakat Secara Umum

Kode etik yaitu sebuah pernyataan standar profesional yang dipakai untuk dijadikan sebagai pedoman berperilaku dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *