Home / Umum / Sosial / Contoh Peraturan Daerah

Contoh Peraturan Daerah

Seringkali kita mendengar adanya peraturan pusat dan peraturan daerah. Apakah ada perbedaan antara peraturan daerah dengan peraturan pusat? Pastinya ada. Untuk itulah, ijinkan saya Pada kesempatan kali ini membahas mengenai contoh peraturan daerah yang berfungsi sebagai gambaran untuk anda mengenai apa saja yang menjadi peraturan sebuah daerah. Peraturan daerah merupakan peraturan yang tentunya dibuat oleh daerah yang kemudian nantinya akan disosialisasikan kepada seluruh warga masyarakat yang ada pada daerah yang bersangkutan.

Contoh Peraturan Daerah

Sebagai salah satu negara hukum, negara Indonesia tentunya menjalankan berbagai macam hal berdasarkan aturan serta hukum yang sudah ditetapkan oleh pemerintah berupa UUD tahun 1945. Bisa dikatakan bahwa undang-undang Dasar tahun 1945 merupakan salah satu hukum yang paling tinggi di Indonesia. Selain adanya undang-undang Dasar 1945, sejumlah peraturan dan hukum juga tersedia sebagai bagian dari pelengkap untuk mengatur berbagai macam hal.

Contoh Peraturan Pusat

Setelah kita berhasil memahami apa yang dimaksud dengan peraturan pusat, maka selanjutnya Mari kita bahas beberapa contoh peraturan daerah yang ada di sejumlah wilayah Indonesia. Namun, sebelum kita membahas mengenai contoh peraturan daerah, Mari kita simak beberapa contoh peraturan pusat.

1. Peraturan tentang wajib belajar

Beberapa contoh dari peraturan pusat yaitu sudah tertulis dalam undang-undang nomor 20 tahun 2003 yang mengharuskan semua warga negara Indonesia yang memiliki usia 7 tahun sampai dengan 15 tahun untuk bisa mengenyam pendidikan tingkat dasar. Yang dimaksud dengan pendidikan dasar adalah pendidikan di sekolah dasar sampai dengan Sekolah Menengah Pertama. Peraturan tersebut merupakan peraturan yang berasal dari pusat sehingga peraturan tersebut wajib untuk dilaksanakan oleh setiap warga negara Indonesia. Kesimpulannya adalah setiap orang tua tentunya wajib menyekolahkan anaknya apabila berumur antara 7 tahun sampai dengan 15 tahun.

Baca Juga:   Contoh Peraturan Dalam Organisasi

2. Peraturan mengenai korupsi

Peraturan pusat juga berisi pembahasan mengenai korupsi. Korupsi merupakan sebuah tindakan dimana menyalahgunakan fasilitas, uang, wewenang serta jabatan untuk sejumlah kepentingan pribadi maupun kelompok. Secara umum, korupsi berkaitan dengan jabatan di sebuah instansi pemerintahan. Sebuah tindakan korupsi tersebut tentunya bisa merugikan negara sehingga perlu adanya tindakan tegas guna memberantas korupsi.

Sejumlah peraturan yang terdapat pada undang-undang nomor 30 tahun 2002 merupakan salah satu bagian untuk proses pemberantasan korupsi. Di dalam peraturan tersebut termuat bahwa Apabila ada aparat pemerintah maupun penegak hukum yang sudah terbukti melanggar atau melakukan sejumlah tindakan korupsi, maka tentunya akan dikenakan hukuman sesuai dengan yang sudah ditetapkan berdasarkan hasil penyelidikan. Tugas untuk menyelidiki adanya korupsi dilaksanakan oleh KPK atau Komisi Pemberantasan Korupsi.

3. Peraturan tentang lalu lintas

Peraturan lalu lintas adalah salah satu contoh peraturan pusat yang lainnya. Peraturan tentang ketertiban lalu lintas tertulis dengan jelas pada undang-undang Nomor 14 Tahun 1992. Peraturan tersebut berisi bahwa seluruh orang yang Memakai Jalan Raya memiliki kewajiban untuk mentaati seluruh peraturan lalu lintas yang ada. Tentunya sudah disediakan sejumlah sanksi atau hukuman bagi yang melanggar peraturan lalu lintas tersebut.

Baca Juga:   Arti Dari Privasi Yang Sering Kita Dengar

Demikianlah beberapa contoh peraturan pusat yang sekarang ini masih diberlakukan di negara Indonesia. Di samping adanya peraturan pusat, terdapat pula peraturan daerah yang dibuat oleh wilayah tertentu yang berguna untuk mengatur masyarakat pada daerah tersebut, terutama dalam rangka menjalankan adanya otonomi daerah.

Contoh Peraturan Daerah

Di bawah ini adalah beberapa contoh peraturan daerah yang sering diterapkan pada daerah-daerah tertentu supaya terdapat sebuah kekuatan yang tetap terhadap peraturan yang ada.

  1. Di DKI Jakarta ada sebuah peraturan daerah dengan nomor 7 tahun 1991 yang berisi mengenai izin membuat bangunan atau sering dikenal dengan IMB. Pada peraturan IMB tersebut berisi aturan Bagaimana cara mendirikan bangunan tambahan maupun bangunan baru.
  2. Di DKI Jakarta juga ada sebuah peraturan daerah yang berisi tentang adanya larangan merokok pada tempat-tempat umum. Peraturan tersebut tentunya juga banyak diaplikasikan Di berbagai macam daerah lainnya. Peraturan tersebut dikeluarkan karena kegiatan merokok di sejumlah tempat umum bisa menimbulkan gangguan bagi sejumlah kenyamanan orang lain. Oleh sebab itulah maka dikeluarkan sebuah aturan larangan merokok pada tempat umum, seperti sekolahan, Terminal, angkutan umum, serta sejumlah tempat umum yang lainnya.
  3. Di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta juga dikeluarkan sebuah peraturan daerah yang mengatur permasalahan mengenai sumber daya alam serta lingkungan. Salah satu jenis peraturan tersebut yaitu mengatur tentang pengambilan kerikil, pasir, serta batu di sungai. Salah satu tujuan dari peraturan tersebut yaitu supaya proses penambangan tidak dilakukan secara berlebihan serta kondisi alam akan tetap terjaga dengan baik.
  4. Di daerah Aceh dan Bantul, juga diterapkan adanya peraturan daerah yang mengatur mengenai pemanfaatan berbagai macam sumber daya alam. Ketika warga daerah setempat memanfaatkan adanya sumber daya alam, maka dalam periode 2 bulan sekali pemerintah akan melakukan pemantauan. Tujuannya adalah untuk tetap menjaga kelestarian kondisi alam.
  5. Peraturan daerah lain dilaksanakan di Papua mengenai peraturan daerah yang membentuk sebuah lembaga perlindungan anak. Peraturan tersebut dibuat guna mengatur Supaya kehidupan anak-anak di daerah Papua terlindungi. Selain itu juga bisa memberikan hak untuk bisa memperoleh pendidikan serta tidak adanya paksaan untuk mencari pekerjaan atau penghasilan sendiri.
Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Akomodasi

Demikianlah penjabaran singkat mengenai contoh peraturan daerah yang dilengkapi dengan Contoh peraturan pusat yang bisa anda gunakan sebagai bahan referensi untuk meningkatkan wawasan dan ilmu pengetahuan di bidang sosial. Mudah-mudahan, contoh peraturan daerah yang saya ulas Pada kesempatan kali ini mampu memberikan wawasan baru bagi pengunjung sekalian, terutama yang sedang mempelajari ilmu sosial kemasyarakatan. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Artikel menarik lainnya

Arti Dari LDR Yang Mungkin Belum Diketahui

Arti Dari LDR Yang Mungkin Belum Diketahui

Apakah anda mengetahui pengertian atau arti dari LDR yang sebenarnya? Kadangkala, kita sering mendengar kata …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *