Home / Umum / Sosial / Contoh Peraturan Dalam Organisasi

Contoh Peraturan Dalam Organisasi

Aturan memang diperlukan dimana saja baik di sekolah, di rumah, bahkan di sebuah organisasi. Aturan-aturan pada sebuah organisasi tentunya memiliki fungsi untuk mengikat semua anggotanya supaya bisa berjalan sesuai dengan aturan Sehingga nantinya organisasi tersebut bisa memiliki arah, tujuan. Untuk itulah maka diperlukan adanya contoh peraturan dalam organisasi apabila selama ini organisasi yang anda miliki atau Anda Pimpin belum memiliki peraturan yang kokoh.

Contoh Peraturan Dalam Organisasi

Beberapa contoh organisasi yang membutuhkan aturan-aturan khusus adalah organisasi karang taruna, organisasi pertanian, organisasi pemuda, dan organisasi lainnya. Apapun organisasi yang anda Pimpin, pastinya membutuhkan aturan-aturan baku yang wajib untuk diketahui oleh seluruh anggota dari organisasi tersebut dan wajib untuk dipatuhinya. Apabila pada suatu saat terjadi sebuah pelanggaran, maka tentunya harus ada sanksi yang tegas terhadap pelanggar tersebut sehingga anggota lain bisa berpikir dua kali manakala akan melakukan pelanggaran pada aturan yang sudah berlaku.

Supaya sebuah aturan bisa memiliki kekuatan yang lebih kokoh, maka aturan-aturan yang ada dalam sebuah organisasi bisa dibuat sebuah SK. SK atau surat keputusan tentunya memiliki kekuatan hukum yang lebih kuat dibandingkan hanya sebatas aturan yang berada di satu atau dua lembar kertas aja. Lalu, Seperti apa contoh peraturan dalam organisasi? Berikut ini adalah contoh singkat peraturan dalam organisasi yang bisa anda adopsi serta anda gunakan sebagai bahan referensi untuk membuat aturan dalam organisasi yang lebih baik lagi.

Baca Juga:   Biografi Tentang Orang Tua

Contoh peraturan dalam organisasi

Contoh peraturan dalam organisasi yang akan saya berikan pada ulasan kali ini adalah contoh peraturan pada sebuah organisasi karang taruna. Nantinya, contoh peraturan organisasi tersebut tentunya bisa anda modifikasi sedemikian rupa sehingga bisa menyesuaikan situasi dan kondisi pada organisasi yang anda Pimpin tersebut.

Peraturan-peraturan organisasi karang taruna

Organisasi pemuda bina lingkungan

Aturan-aturan dasar dalam organisasi:

  1. Rapat rutin setiap minggu merupakan kekuasaan tertinggi
  2. Rapat rutin dilaksanakan satu kali dalam satu minggu di akhir pekan atau di hari Sabtu
  3. Rapat rutin dilaksanakan guna melakukan pembahasan serta pelaporan pertanggungjawaban seluruh kegiatan yang sudah dilaksanakan di hari sebelumnya serta melakukan pembahasan pada program-program berikutnya
  4. Rapat rutin dianggap sah ketika dihadiri oleh minimal setengah dari anggota karang taruna yang ada
  5. Setiap anggota yang memiliki keinginan untuk merantau ke luar daerah maka diwajibkan untuk melapor
  6. Setiap anggota yang tidak hadir dan mengikuti kegiatan rutin tanpa adanya izin berturut-turut selama 3 kali maka akan dikenakan sanksi berupa membuat surat pernyataan yang ditujukan kepada ketua maupun wakil ketua serta rapat rutin mingguan akan diselenggarakan di tempat tinggal yang bersangkutan
  7. Catatan: sejumlah peraturan di atas bisa berubah sewaktu-waktu Berdasarkan hasil rapat yang dilaksanakan di akhir pekan setiap minggu
Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Ego

Ditetapkan di desa termaju pada tanggal 13 November 2017

Ketua

Handoyo

Itulah sejumlah contoh peraturan dalam organisasi, khususnya adalah organisasi karang taruna yang bisa dijadikan sebagai sebuah acuan dan referensi dalam membuat aturan organisasi yang lainnya. Mudah-mudahan, sedikit contoh aturan dalam organisasi diatas bisa bermanfaat dan berguna bagi pengunjung sekalian. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Artikel menarik lainnya

Arti dari angka dari sisi “Fengshui”

Arti dari angka dari sisi “Fengshui”

Di dalam kehidupan sehari-hari maka tentunya kombinasi dari angka-angka tidak akan bisa terlepas. Kumpulan dari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *