Home / Umum / Sosial / Contoh Peraturan Di Masyarakat

Contoh Peraturan Di Masyarakat

Dimanapun kita berada pasti ini akan diikat dengan sebuah peraturan. Di masyarakat ada aturan, di sekolahan ada aturan, di organisasi ada aturan, bahkan di rumah pun ada aturan. Ada aturan tertulis dan ada aturan yang tidak tertulis. Salah satu contoh peraturan di masyarakat akan saya ulas Pada kesempatan kali ini sebagai salah satu bahan referensi dan rujukan bagi Anda yang mungkin saja sedang membutuhkan referensi untuk membuat peraturan di masyarakat secara umum.

Contoh Peraturan Di Masyarakat

Contoh peraturan di masyarakat

Tentunya, peraturan di masyarakat bukanlah merupakan hal yang asing bagi anda sekalian. Anda sering melihat beberapa aturan yang sudah diterapkan di masyarakat, misalnya adalah “setiap tamu yang hendak menginap wajib untuk lapor ke ketua RT”. Contoh tersebut merupakan contoh aturan tertulis di masyarakat.

Ada pula aturan yang tidak tertulis di masyarakat misalnya adalah Apabila ada tetangga yang sedang sakit, maka kita disarankan untuk menengoknya. Tentunya, aturan seperti itu tidaklah langsung tertulis dan bisa terbaca Namun sebagai warga masyarakat yang baik tentunya kita melaksanakan aturan di mana setiap kali ada warga masyarakat yang sedang sakit maka kita disarankan untuk menengoknya.

Baca Juga:   Contoh Peraturan Rumah

Fungsi dari pembuatan aturan di masyarakat tentunya supaya kondisi warga dan masyarakat serta kehidupannya bisa lebih teratur dan tertib. Pada peraturan yang ada di masyarakat tersebut tentunya berisi hak-hak serta kewajiban setiap warga masyarakat untuk tetap menjaga kerukunan, keamanan, serta kenyamanan di lingkungan masyarakat tersebut.

Disamping itu, dalam aturan juga tentunya akan di Tuliskan sejumlah hak yang dapat diperoleh oleh warga masyarakat tersebut. Misalnya hak untuk memperoleh pelayanan dari aparat RT, hak untuk memperoleh keamanan maupun hak untuk mendapatkan kenyamanan sebagai warga masyarakat.

Lalu, Seperti apa contoh peraturan di masyarakat yang bisa kita gunakan sebagai referensi untuk membuat aturan tersebut? Contoh peraturan di masyarakat yang ada di lingkungan RT 08 RW 07 pada Kelurahan Sukalarang

Aturan tertulis yang berlaku untuk seluruh warga di lingkungan RT 8 RW 7

  1. Semua kepala keluarga harus mempunyai kartu keluarga
  2. Semua warga yang sudah memiliki umur diatas 17 tahun harus mempunyai KTP
  3. Setiap tamu yang hadir serta menginap dengan lama lebih dari 24 jam memiliki kewajiban untuk melaporkan kepada ketua RT setempat
  4. Semua warga memiliki kewajiban untuk menjaga kondisi keamanan di lingkungan
  5. Semua warga memiliki kewajiban untuk menjaga kondisi kebersihan di lingkungan
  6. Semua warga memiliki kewajiban untuk menjaga ketenangan di lingkungan
  7. Melaksanakan semua kegiatan yang sudah Dian tindakan berdasarkan rapat rapat yang sudah dilaksanakan di hari sebelumnya
  8. Ikut kerja bakti setiap akhir pekan di lingkungan tempat tinggal
Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Referendum

Demikianlah contoh peraturan di masyarakat yang bisa kita adopsi dan kita lakukan modifikasi sesuai dengan kebutuhan untuk bisa diterapkan di lingkungan masyarakat dimana kita tinggal. Mudah-mudahan, artikel diatas bisa memberikan kontribusi bagi pengunjung sekalian mengenai contoh peraturan di masyarakat tersebut. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Artikel menarik lainnya

Contoh Peraturan Di Rumah Untuk Anak

Contoh Peraturan Di Rumah Untuk Anak

Di rumah tentunya ada peraturan yang dibuat untuk seluruh anggota keluarga, ada pula aturan yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *