Home / Umum / Sosial / Contoh Peraturan Rumah

Contoh Peraturan Rumah

Peraturan memang tidak ada habisnya untuk dibicarakan. Tentunya, terdapat banyak tata tertib dan juga sejumlah peraturan. Ada peraturan berlalu lintas, ada peraturan dan tata tertib di sekolah tapi ada pula peraturan di rumah Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba mengulas sejumlah contoh peraturan di rumah sebagai salah satu upaya di dalam mengendalikan berbagai macam kegiatan di rumah sehingga bisa berjalan dengan lebih lancar dan aman.

Contoh Peraturan Rumah

Contoh dan pengertian peraturan rumah atau keluarga

Dalam sebuah buku yang berjudul manajemen pengajaran secara manusiawi yang merupakan karangan dari suharsimi arikunto menyatakan bahwa yang namanya peraturan menunjuk kepada sebuah standar maupun patokan yang memiliki sifat umum serta wajib untuk dilaksanakan oleh anak.

Sementara itu, pada buku yang berjudul perkembangan anak karangan dari Elizabeth B hurlock menyatakan bahwa peraturan merupakan sebuah pola yang sudah dibuat untuk tingkah laku. Dalam hal ini yaitu tingkah laku yang dilakukan oleh anak tidak memproses mematuhi segala macam aturan yang sudah dibuat secara bersama di dalam keluarga.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Sistem Internasional

Pengertian keluarga menurut apa yang disampaikan oleh Moh. Shochib yaitu dilihat dari dimensi antara hubungan sosial dengan hubungan darah. Apabila dilihat dari hubungan darah, keluarga adalah sebuah kesatuan sosial yang disatukan dan diikat oleh hubungan darah antara anggota yang satu dengan anggota yang lainnya. Sementara itu, apabila dilihat dari dimensi hubungan sosial, keluarga adalah sebuah kesatuan sosial yang diikat oleh keterkaitan dan hubungan maupun interaksi dan kondisi saling mempengaruhi antara anggota yang satu dengan yang lainnya. Hal tersebut terjadi walaupun antara yang satu dengan yang lainnya tidak ada hubungan darah.

Sementara itu, menurut pendapat dari Abu Ahmadi menyampaikan bahwa keluarga merupakan sebuah wadah yang memiliki peranan sangat penting di antara individu serta grup. Keluarga adalah kelompok sosial yang ada pertama kali di mana anak-anak merupakan anggotanya

Syaiful Bahri djamarah menyampaikan bahwa keluarga merupakan sebuah institusi yang dibuat karena adanya ikatan perkawinan

Menurut pendapat Mahfud Junaedi menyampaikan bahwa keluarga adalah salah satu kelompok sosial yang pertama kali di mana posisi individu berada serta akan memiliki kegiatan di dalam mempelajari berbagai macam Hal mendasar dan penting melalui adanya binaan dan pola asuh dari orang tua maupun anggota keluarga yang lainnya.

Baca Juga:   Arti Dari Modus ? Inilah Penjelasan Lengkapnya

Peraturan serta pengertian dari rumah tangga atau keluarga

Apabila kita lihat dari beberapa pengertian keluarga di atas maka bisa diambil kesimpulan bahwa peraturan keluarga merupakan sebuah aturan yang sudah disepakati secara bersama sebelumnya oleh seluruh anggota keluarga yang mana nantinya akan mengajarkan kepada anak apa yang wajib dan boleh untuk dikerjakan dirumah maupun dalam hal berinteraksi sesama anggota keluarga. Peraturan tersebut tentunya berkaitan terhadap adanya kepatuhan dan ketaatan anak untuk melakukan sejumlah aturan aturan di dalam rumah mereka yang mana hal tersebut merupakan hasil dari proses didikan serta latihan dari orangtua mereka.

Contoh peraturan rumah

  1. Peraturan tentang makan
  2. Anak-anak ketika makan haruslah berada di meja makan
  3. Ketika makan, anak-anak tidak boleh berlari atau sambil berjalan
  4. Berdoa sebelum mulai makan
  5. Menggunakan tangan kanan pada saat makan
  6. Mempersilahkan yang tua terlebih dahulu untuk mengambil nasi dan lauk pauknya
  7. Tidak bersenda gurau pada saat makan
  8. Mengakhiri makan dengan berdoa
  9. Menaruh piring Tempat makan di tempat yang sudah disediakan
Baca Juga:   Arti Dari Hope dan Wish

Peraturan tentang waktu

  1. Anak wajib untuk tidur paling telat jam 09.00 malam
  2. Berdoa sebelum tidur
  3. Mematikan lampu di kamar dan menyalakan lampu tidur
  4. Bangun di pagi hari sebelum salat subuh
  5. Setelah bangun, Ikut salat subuh berjamaah baik bersama orang tua maupun di masjid atau mushola
  6. Persiapan untuk berangkat ke sekolah

Sejumlah peraturan rumah tersebut tentunya di disusun oleh seluruh anggota keluarga serta dipatuhi oleh seluruh anggota keluarga itu juga. Jika ada pelanggaran yang dilakukan oleh salah satu anggota keluarga, maka tentunya bagi pelanggar tersebut harus mendapatkan hukuman yang membuat Jera sehingga tidak akan mengulangi pelanggaran yang dilakukannya. Mudah-mudahan, contoh peraturan keluarga yang sudah saya sampaikan pada ulasan di atas berguna dan bermanfaat untuk pengunjung sekalian. Terima kasih.

Artikel menarik lainnya

Arti dari angka dari sisi “Fengshui”

Arti dari angka dari sisi “Fengshui”

Di dalam kehidupan sehari-hari maka tentunya kombinasi dari angka-angka tidak akan bisa terlepas. Kumpulan dari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *