Home / Pendidikan / Contoh Soal / Contoh Soal Tes Psikotes Dan Cara Menjawabnya

Contoh Soal Tes Psikotes Dan Cara Menjawabnya

Halo, apa kabar semuanya? Pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba membahas contoh soal tes psikotes dan cara menjawabnya. Pengetahuan ini tentunya sangat dibutuhkan bagi Anda yang sekarang ini sedang mempersiapkan diri di dalam mengikuti tes psikotes di sebuah perusahaan idaman Anda yang mana anda sangat mengharapkan untuk bisa diterima kerja pada perusahaan tersebut.Namun sebelumnya, alangkah baiknya kita memperdalam pengetahuan terlebih dahulu mengenai tes psikotes.

Contoh Soal Tes Psikotes Dan Cara Menjawabnya

Jenis Tes Psikotes

Apabila kita lihat dari jenis tes kepribadian, secara umum maka tes psikotes dibedakan menjadi beberapa bagian, yaitu:

  1. Tes psikotes kepribadian kuesioner. Tes psikotes kepribadian kuesioner ini merupakan sebuah tes yang digunakan untuk melakukan penilaian kepribadian individu dengan menggunakan dasar dari pilihan jawaban yang diberikan pada pertanyaan-pertanyaan yang digunakan. Jenis-jenis dari tes kepribadian kuesioner ini diantaranya adalah tes enneagram, tes efektifitas diri, tes MBTI, tes EPPS, tes MAPP, tes ketelitian, Tes Potensi sukses, tes kerjasama, tes skala kematangan, dan tes koran Pauli.
  2. Tes psikotes kepribadian grafis merupakan sebuah tes yang digunakan untuk melakukan penilaian mengenai kepribadian individu dengan melihat dasar dari gambar yang dibuatnya. Jenis tes psikotes kepribadian grafis ini diantaranya adalah tes draw a person atau tes DAP, Tes Wartegg, TES house Tree person, DAN tes baum tree.

Lalu, apa sebenarnya Tujuan dari tes psikotes tersebut? Berikut ini adalah ulasannya

  1. Tes psikotes kepribadian DAP atau menggambar orang adalah sebuah tes yang memiliki tujuan melakukan penilaian sebuah karakter serta kepribadian individu dengan berdasarkan pada gambar hasil buatan peserta tes
  2. Tes psikotes kepribadian baum atau tree tes adalah sebuah tes yang memiliki tujuan guna melakukan penilaian kepribadian serta karakter dari setiap individu dengan cara melakukan analisa gambar pohon yang sudah dibuat oleh masing-masing peserta tes
  3. Tes psikotes kepribadian efektifitas diri memiliki tujuan guna mengetahui sejauh mana efektivitas seseorang dari sisi ketepatan dan kecepatan di dalam mengerjakan tugas yang diberikan serta menyelesaikan berbagai macam jenis pekerjaan yang cukup sulit dilaksanakan.
  4. Tes psikotes kepribadian eneagram personality mempunyai tujuan guna mengetahui kondisi kepribadian individu yang terdiri dari 8 tipe dan tentunya didapat dengan cara memberikan berbagai macam pertanyaan tertentu
  5. Tes psikotes kepribadian EPPS memiliki tujuan guna mengetahui motivasi dari masing-masing personal. Selain itu, hobi dan kebutuhan dari masing-masing personal juga bisa diketahui dengan jenis tes psikotes kepribadian ini
  6. Tes psikotes kepribadian house Tree person atau HTP memiliki tujuan untuk mengetahui kepribadian serta karakter individu yang dilihat dari gambar pohon, gambar rumah dan gambar orang yang telah dibuat oleh setiap peserta tes
  7. Tes psikotes kepribadian MBTI memiliki tujuan guna mengetahui karakter darih individu di dalam sebuah lingkungan dengan cara memberikan pertanyaan pertanyaan tertentu pada peserta tes
  8. Tes psikotes kepribadian ketelitian memiliki tujuan guna mengetahui tingkat ketelitian dan kecermatan individu pada saat mengolah data baik berupa kata, angka maupun kombinasi diantara kedua data tersebut.
  9. Tes psikotes kepribadian MAPP memiliki tujuan guna melakukan pengukuran pada tingkat kesukaan individu pada berbagai macam hal, terutama yang tentunya berkaitan pada pekerjaan maupun dunia kerja secara professional
  10. Tes psikotes kepribadian Pauli kraepelin memiliki tujuan guna melakukan pengukuran terhadap karakter individu, didapat dari penilaian beberapa aspek mulai dari aspek kemauan, aspek kehendak individu, aspek kekuatan atau daya tahan, aspek penyesuaian diri, aspek emosi serta aspek stabilitas diri. Langkah yang diambil untuk melakukan tes psikotes kepribadian Pauli kraepelin ini adalah dengan cara melakukan perhitungan terhadap angka-angka yang sudah disusun secara berderet dan cukup panjang.
  11. Tes psikotes kepribadian skala kematangan memiliki tujuan guna melakukan pengukuran pada tingkat kematangan sikap atau kedewasaanindividu di dalam melakukan sebuah tindakan atau perilaku tertentu.
  12. Tes psikotes kepribadian teamwork adalah sebuah tes yang memiliki tujuan guna melakukan pengukuran pada tingkat kerjasama pada sebuah tim.
  13. Tes psikotes kepribadian kecenderungan sukses memiliki tujuan untuk melakukan pendeteksian kecenderungan individu Akan menjadi sukses atau tidak dengan cara melihat faktor-faktor penentu yang ada pada personal tersebut.
  14. Tes psikotes kepribadian warteg memiliki tujuan untuk mengetahui serta meneliti karakter dari masing-masing individu, terutama dari sisi emosi, Dinamisme, imajinasi, reality function, dan control yang ada pada setiap orang berdasarkan dari 9 macam bentuk gambar yang sudah dibuatnya.
Baca Juga:   Download Contoh Soal Tes Psikotes Sma Dan Jawabannya

Sebenarnya, banyak sekali jenis-jenis buku yang membahas mengenai tes psikotes yang beredar di pasaran. Dan tentunya pada masing-masing buku tersebut sudah berisi contoh soal tes potensi akademik yang merupakan soal dasar yang pastinya akan keluar pada pelaksanaan tes psikotes. Sebenarnya, pelaksanaan tes psikotes tidak selalu diberikan pada saat perekrutan pegawai baru, namun juga diberikan pada saat penerimaan mahasiswa baru, dan juga ada beberapa sekolah menengah atas atau Kejuruaan yang sudah menerapkan pelaksanaan tes psikotes pada saat proses penerimaan peserta didik baru.

Tentunya, dengan mempelajari contoh soal tes psikotes dan memiliki metode menjawabnya yang baik maka tentunya akan sangat membantu di dalam pelaksanaan tes psikotes yang sebenarnya. Kita bisa memprediksi lebih awal soal-soal yang berpotensi keluar pada saat pelaksanaan tes psikotes dengan cara mempelajari contoh-contoh soal tes psikotes.

Harap diingat bahwa kepercayaan diri di dalam melaksanakan tes psikotes sangatlah penting. Hal tersebut dikarenakan percaya diri mampu mendorong setiap peserta tes untuk bekerja lebih rileks dan santai sehingga potensi-potensi kesalahan yang terjadi pada saat melaksanakan tes psikotes bisa lebih diminimalisir atau bahkan dihilangkan.Rasa cemas dan bintang hanya akan membuat anda menjadi tidak konsentrasi dalam mengerjakan soal tes Psikotes. Pendaftaran kondisi tersebut akan menimbulkan masalah pada hasil akhir pengerjaan soal tes Psikotes.Untuk itulah memang perasaan rileks dan tenang sangat dibutuhkan pada saat kita sedang menghadapi tes psikotes

Disamping kondisi percaya diri pada saat mengerjakan tes psikotes, tentunya ketelitian, kecermatan, efektivitas waktu serta ketepatan sangat dibutuhkan oleh setiap peserta tes supaya bisa menyelesaikan soal tepat pada waktunya atau bahkan bisa selesai lebih awal dari waktu yang sudah dijadwalkan. Pada saat mengikuti tes psikotes, sangat disarankan bagi setiap peserta tidak hanya mampu menyelesaikan beragam soal yang diberikan, namun juga paham serta mengerti dari pertanyaan-pertanyaan yang diberikan Sehingga nantinya masing-masing jawaban yang diberikan merupakan jawaban yang tepat.

Contoh Soal Tes Psikotes Dan Cara Menjawabnya

1. Contoh soal tes psikotes jenis kemampuan verbal

Contoh soal tes psikotes jenis kemampuan verbal ini dibagi menjadi beberapa macam. Ada tes psikotes yang berkaitan dengan sinonim atau persamaan kata, antonim atau lawan kata, serta analogi atau padanan hubungan kata. Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing jenis tes psikotes tersebut

Tes psikotes sinonim atau lawan kata

Tes psikotes sinonim merupakan tes yang didalamnya ada 2 kata yang secara umum mempunyai arti yang sama. Namun, tentunya pada pembeda pada bagian luarnya. Ketika kita sedang menghadapi soal persamaan kata atau sinonim apa yang maka kita harus memperhatikan kata yang sedang diujikan dengan sebaik-baiknya. Kita tidak boleh salah di dalam memahami karena akan berdampak salah pula pada jawaban yang kita berikan.

Contohnya adalah, apakah persamaan kata dari aristokrat? Pada pilihan biasanya akan disediakan beberapa jawaban misalnya adalah hulubalang, menteri, rakyat jelata, bangsawan, Raja. Untuk mengawalinya, tentunya kita harus mengerti terlebih dahulu mengenai arti kata dari aristokrat. Setelah anda yakin dengan arti kata aristokrat tersebut, maka kita bisa memilih jawaban yang tepat, yaitu bangsawan.

Baca Juga:   Download Contoh Soal Tes Masuk Polisi Gratis

Pada berbagai macam contoh soal tes Psikotes yang ada di buku-buku, biasanya soal sinonim tidak hanya ditunjukkan di dalam bahasa Indonesia saja, namun juga ditunjukkan di dalam bahasa Inggris. Sebagai contoh misalnya adalah enmity. Beberapa pilihan yang disediakan misalnya adalah persahabatan, permusuhan, label, tolak ukur, Abadi. Untuk bisa menentukan jawaban mana yang terbaik apa yang tentunya kita harus memahami terlebih dahulu kata dari enmity. Setelah dipahami maka tentunya akan didapat bahwa jawaban yang terbaik adalah permusuhan.

Tes psikotes lawan kata atau antonim

Lawan kata atau antonim merupakan dua buah kata atau lebih yang memiliki arti saling berlawanan atau bertolak belakang. Secara umum teknik pengerjaan dari soal-soal Antonim adalah sama dengan soal-soal sinonim. Namun, pada proses mengerjakan soal antonim tentunya dibutuhkan ketelitian masing-masing peserta sehingga tidak akan mengalami kekeliruan di dalam menjawabnya. Tentunya ketika kita banyak mempelajari berbagai macam contoh soal tes Psikotes antonim akan sangat berguna di kemudian hari ketika kita mengerjakan tes psikotes antonim yang sebenarnya.

Sebagai contoh, misalnya ada soal antonim sporadis. Kemudian, beberapa pilihan yang disediakan adalah berupa parsial, koneksi, sering, hambatan. Pertama, tentunya kita harus menemukan terlebih dahulu makna kata dari sporadis. Ternyata, makna kata dari sporadis adalah kadang-kadang, sewaktu-waktu, sesekali. Dari arti kata tersebut tentunya kita bisa menentukan pilihan yang terbaik adalah sering.

Tes psikotes analogi

Pada tes psikotes Analogi ini setiap peserta rata-rata mengerjakan soal dengan cara mencari persamaan ataupun Padanan kata yang berhubungan dengan kata soal. Tes Analogi ini Tentunya memiliki tujuan guna melakukan pengukuran Tingkat kemampuan setiap peserta pada proses memahami makna makna kata yang tersirat di dalam 1 kata. Memang, banyak peserta tes psikotes yang menganggap bahwa jenis tes Analogi ini merupakan soal yang cukup sulit untuk dikerjakan. Hal tersebut tetap terjadi walaupun sudah mempelajari berbagai macam contoh soal tes Psikotes analogi.

Kunci sukses di dalam menyelesaikan tes psikotes Analogi ini adalah kemampuan di dalam daya Nalar yang cukup baik guna mengetahui hubungan kata yang tepat dari masing-masing soal. Berikut ini adalah contoh soal tes psikologi yang bisa anda gunakan sebagai salah satu acuan dasar belajar tes psikotes. Pada soal tertulis cincin:jari. Sementara, pada jawaban diberikan pilihan yaitu burung: terbang, gelang: tangan, ons: bobot, emas: logam, sepatu: aksesoris. Setelah kita logika akan ditemukan bahwa jawaban yang paling tepat adalah gelang: tangan. Bagaimana cara melakukannya? Apabila kita perhatikan kembali soal yang ada, maka bisa disimpulkan bahwa cincin digunakan di jari, yang akan memiliki makna yang sama dengan gelang yang dipakai di tangan.

2. Tes psikotes kemampuan matematika

Apabila kita lihat dari judul nya, maka bisa terbaca bahwa soal tes Psikotes kemampuan matematika tentunya berisi berbagai macam soal matematika. Soal-soal matematika yang dikeluarkan tentunya dimulai dari soal sederhana hingga soal yang cukup sulit untuk dikerjakan. Soal-soal kemampuan matematika juga disajikan dalam bentuk yang cukup beragam, mulai dari soal tes aritmatika, soal matematika dasar, soal tes baris angka dan huruf serta soal tes perbandingan.

Sebagai contoh, misalnya pada soal tes aritmatika. Soal tes aritmatika bisa juga disebut dengan istilah tes berhitung, dimana tes tersebut memiliki tujuan guna melakukan pengukuran kemampuan dari setiap peserta pada kompetensi berhitung bilangan. Pada bagian ini, tentunya setiap peserta harus menguasai berbagai macam perhitungan dasar di matematika, mulai dari perkalian, pengurangan, pembagian, penjumlahan, perpangkatan, dan juga akar. Semakin banyak kita belajar mengerjakan soal kemampuan matematika, tentunya akan semakin Mahir kita di dalam mengerjakan soal matematika tersebut.

Baca Juga:   Download Contoh Soal Tes Tulis Masuk Kerja di Indomart dan Alfamart

Lalu, Bagaimana cara mengerjakan tes perbandingan? Contoh soal tes Psikotes perbandingan ini Tentunya banyak dimuat di buku dan di dalamnya sudah tercantum tujuan dari tes tersebut yaitu digunakan untuk melakukan penilaian pada setiap peserta di dalam proses membandingkan kuantitas minimal dua atau lebih. Bagian yang dibandingkan juga terdiri dari berbagai macam jenis misalnya adalah bilangan maupun ukuran. Tentunya, untuk bisa menyelesaikan sebuah operasi hitung serta aljabar di matematika maka kemampuan peserta didalam penggunaan kemampuan perbandingan ini sangat dibutuhkan.

Bisa disimpulkan bahwa semakin banyak Anda berlatih di dalam mengerjakan soal perhitungan matematika ini maka akan semakin Mahir di dalam mengerjakan berbagai macam soal tes psikotes Matematika. Selain yang sudah disebutkan diatas, ada beberapa jenis soal matematika yang lain misalnya adalah baris huruf dan angka. Jenis tes ini bisa diselesaikan dengan cara memperhatikan pola yang ada pada soal. Dengan memperhatikan jenis pola soal yang ada, maka kita akan lebih mudah tidaklah menyelesaikan soal-soal tersebut.

Lalu, Bagaimana dengan soal tes Psikotes logika matematika? Bagaimana cara kita menyelesaikannya?

Maksud dari soal logika matematika biasanya diaplikasikan dengan sebuah kalimat yang dideklarasikan dan didalamnya memiliki nilai ketepatan sejumlah 1. Di dalam menentukan jawaban tersebut tentunya peserta Harus Memiliki tingkat kejelian yang tinggi dalam memahami masing-masing kalimat yang mana kadangkala masing-masing kalimat tersebut cukup sulit untuk diartikan maknanya. Perhatikan contoh soal dibawah ini:

Nilai dari produksi teh pada tahun ini, namun Sisi kualitasnya menurun. Beberapa jawaban yang disediakan untuk soal tersebut diantaranya adalah produksi teh kita yang tidak laku, Teh kita terlalu mahal harganya, tahun lalu kualitas teh kita lebih baik, kerugian akan kita alami, Persaingan di pasar global akan kita menangkan. Apabila kita logika, maka jawaban yang benar untuk soal tersebut adalah C.

Secara umum tes psikologi rata-rata dilengkapi dengan model tes visual spasial. Tas ini Tentunya memiliki tujuan sebagai alat yang digunakan untuk melakukan pengukuran tingkat kecerdasan spasial maupun kecerdasan di dalam menganalisa ruang. Secara umum, tes ini akan dibagi menjadi beberapa bagian yaitu:

  1. Tes konstruksi bangun ruang
  2. Tes pengelompokan gambar
  3. Tes gambar umum
  4. Tes pencerminan

Pada proses pengerjaan tes visual spasial ini apa Bentuknya setiap peserta wajib untuk sangat teliti di dalam proses pengamatan gambar. Kita tidak boleh terkecoh atau tertipu pada gambar yang kadang kala sekilas terlihat cukup mirip padahal ternyata sangatlah berbeda. Hal yang sama tentunya bisa anda temukan pada bagian tes pencerminan, tes konstruksi bangun ruang serta rotasi. Selanjutnya, ketika kita mengerjakan tes gambaran umum, maka setiap peserta wajib memiliki kemampuan di dalam menemukan keterikatan antara gambar yang satu dengan gambar yang lainnya.

Demikianlah penjabaran bagaimana contoh soal tes psikotes dan cara menjawabnya yang benar dimana penjabaran di atas merupakan penjabaran yang cukup rinci didalam mengerjakan masing-masing soal tes Psikotes. Intinya, semakin banyak Anda Berlatih mengerjakan contoh soal tes Psikotes, maka akan semakin siap di dalam mengerjakan berbagai macam kumpulan soal tes Psikotes yang nantinya akan Anda hadapi pada saat pelaksanaan tes psikotes di sebuah perusahaan ataupun instansi pemerintah. Perbanyaklah bank soal tes Psikotes sehingga referensi anda mengenai soal tes Psikotes juga akan semakin banyak sehingga akan membantu anda di dalam menguasai soal-soal tes psikotes dikemudian hari. Terima kasih dan selamat berjuang, semoga sukses.

Artikel menarik lainnya

Contoh Soal Tes Logika Penalaran

Download Contoh Soal Tes Logika Penalaran

Ketemu lagi dengan saya yang tentunya ingin selalu berbagi ilmu dan pengetahuan untuk pengunjung sekalian. Pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *