Home / Otomotif / Sepeda Motor / Daftar Komponen Sepeda Motor Serta Fungsinya

Daftar Komponen Sepeda Motor Serta Fungsinya

Dunia otomotif selalu berkembang pesat sehingga membuat para penghuninya wajib memahami daftar komponen sepeda motor serta fungsinya sehingga para pecinta dunia otomotif khususnya adalah sepeda motor mampu untuk memahami berbagai macam seluk beluk pada sepeda motor itu sendiri.

Daftar Komponen Sepeda Motor Serta Fungsinya

Berdasarkan bagian inti dari sepeda motor, maka komponen-komponen sepeda motor terbagi atas 3 unsur utama, yaitu bagian kelistrikan, bagian mesin dan bagian listrik. Nantinya, ketika komponen sepeda motor secara umum tadi akan diuraikan kembali ke banyak komponen mesin motor yang lebih kompleks karena memang di dalam sepeda motor terdapat banyak sekali komponen komponen pembentuknya.

Guna mempermudah anda di dalam memahami komponen sepeda motor dan fungsinya, maka pada posting kali ini saya akan mencoba membahas tentang komponen mesin motor dan fungsinya yang bisa anda gunakan sebagai salah satu bahan referensi sekaligus acuan di dalam mendalami berbagai macam komponen mesin sepeda motor yang dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan.

Apabila dilihat dari posisinya, maka komponen pada sepeda motor dibagi menjadi tiga bagian, yaitu komponen mesin sepeda motor bagian depan, komponen mesin sepeda motor bagian tengah dan komponen mesin sepeda motor bagian belakang. Masing-masing dari ketiga bagian tersebut juga memiliki komponen yang berbeda.

Pada ulasan kali ini, admin akan mencoba untuk memfokuskan pembahasan pada komponen mesin sepeda motor beserta fungsinya. Terdapat banyak sekali nama komponen mesin motor yang perlu untuk dipahami dan dipelajari sehingga kita benar-benar mampu untuk memahami secara detail dari sepeda motor. Apalagi yang berkaitan dengan mesin sepeda motor dimana mesin merupakan salah satu faktor penentu dari performa sepeda motor itu sendiri.

Berbicara mengenai komponen mesin sepeda motor dan fungsinya, maka secara umum bagian dari mesin sepeda motor terbagi atas tiga kelompok besar, yaitu bak engkol, blok silinder dan kepala silinder. Ketiga komponen utama motor tersebut adalah tulang punggung pada permesinan di sepeda motor. Oleh sebab itu, penentu dari performa mesin sepeda motor juga terletak pada ketiga komponen besar tersebut.

Untuk lebih memperjelas tentang komponen utama mesin sepeda motor, maka berikut ini akan dijelaskan secara lengkap dan komplit. Silakan ikuti terus materi tentang komponen utama pada sepeda motor.

Catatan:

Selain terdapat komponen utama sepeda motor, pada mesin sepeda motor juga terdapat beberapa komponen pendukung yang mana memiliki fungsi tidak kalah pentingnya. Untuk itulah, setelah nanti admin selesai menjabarkan komponen utama sepeda motor, maka admin akan meneruskan penjabaran tentang nama komponen sepeda motor yang lainnya.

Baca Juga:   Komponen Silinder Head Motor 4 Tak

Daftar Komponen Sepeda Motor Serta Fungsinya

Nama komponen motor yang pertama adalah silinder head atau kepala silinder. Bagian ini memiliki peranan untuk menutup bagian lubang silinder di blok silinder dan juga digunakan sebagai tempat memasang busi mesin. Bagian kepala silinder berada pada bagian atas blok silinder dimana titik tumpunya sendiri direkatkan dan dipasang oleh gasket yang memiliki fungsi guna mencegah adanya kebocoran pada kompresi mesin.

Komponen kepala silinder dibuat dari campuran bahan aluminium yang memiliki tujuan supaya lebih tahan terhadap suhu tinggi yang sangat panas, aman dari karat serta bisa terlindungi dari konstruksi ringan.

Di setiap bagian kepala silinder, rata-rata ada bagian sirip yang memiliki kegunaan untuk membantu proses pelepasan panas yang berasal dari mesin atau anda lebih mengenalnya dengan sebutan pendingin udara.

Komponen pada sepeda motor berikutnya adalah silinder blok atau blok silinder. Adapun fungsi dari blok silinder atau silinder blok yaitu sebagai tempat piston mesin bergerak. Bagian blok silinder piston terdiri atas dua komponen yang sudah digabung menjadi satu, yakni blok silinder dan silinder liner di mana masing-masing sudah saling melekat satu dengan yang lainnya.

Sejarah pembuatan, bagian blok silinder dan silinder linear dibuat secara terpisah. Kondisi tersebut dilakukan sebagai salah satu antisipasi pada saat silinder linier mengalami keausan yang berlebihan akibat adanya gesekan dengan bagian piston mesin, maka komponen silinder liner ini bisa diganti.

Sementara itu, untuk komponen blok silinder mesin dibuat dengan sejumlah syarat tertentu, yakni harus tahan akan panas maupun suhu yang sangat tinggi, bahan dari gesekan serta mampu untuk menghantarkan panas dengan cukup baik. Di bagian silinder liner, juga memperoleh gesekan secara langsung dengan bagian piston mesin, sehingga dengan adanya pelumas maka keausan dari gesekan di silinder liner bisa diminimalisir.

Akan tetapi, walaupun sudah tersedia pelumas, tingkat keausan pada bagian silinder liner tetap saja tidak bisa dihindari. Oleh sebab itu, upaya lain yang bisa dikerjakan adalah dengan selalu melaksanakan pengecekan rutin pada komponen silinder liner dengan menggunakan bantuan dial indikator.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Motor Beat FI CBS

Di bagian dinding silinder pada sepeda motor juga biasanya tersedia sirip-sirip yang memiliki fungsi sebagai alat pendingin mesin lewat udara yang masuk pada mesin melalui bagian sisi celah dari sirip tersebut.

Nama komponen sepeda motor berikutnya adalah bak engkol mesin atau crankcase. Crankcase atau pak engkol mesin merupakan komponen pada sepeda motor yang mempunyai kegunaan khusus dari beberapa komponen mesin yang ada di bagian dalamnya, yakni poros engkol, penampung oli, gigi transmisi, pompa air, alternator, generator dan kopling mesin. Sementara itu, bak engkol mesin terbuat dari bahan aluminium die canting yang menggunakan campuran logam dalam ukuran sedikit. Bak engkol itu sendiri diletakkan di bagian bawah dari silinder mesin.

Nama-nama komponen mesin motor sudah dijabarkan secara jelas pada tiga poin di atas. Berikutnya, akan dilanjutkan pula penjabaran nama-nama komponen motor yang merupakan komponen pelengkap untuk komponen utama dari sepeda motor yang sudah dijabarkan sebelumnya.

Komponen mesin sepeda motor yang berikutnya adalah torak atau piston. Komponen torak atau piston adalah salah satu dari nama komponen pada sepeda motor yang memiliki fungsi guna memindahkan tenaga mesin yang dihasilkan dari proses pembakaran bahan bakar ke bagian poros engkol atau crank shaft lewat connection road atau batang torak.

Komponen mesin sepeda motor yang lainnya adalah ring piston atau cincin torak. Adapun fungsi dari cincin torak atau ring piston yaitu sebagai komponen di dalam mesin yang berfungsi untuk mencegah adanya kebocoran gas bahan bakar ketika proses kompresi sedang terjadi. Di samping itu, komponen ring piston memiliki fungsi guna mencegah masuknya pelumas atau oli ke dalam ruang bakar mesin serta digunakan untuk memindahkan aliran panas yang berasal dari bagian piston ke bagian dinding silinder.

Komponen di dalam mesin yang berikutnya adalah crank shaft atau sering disebut dengan istilah poros engkol. Adapun fungsi dari poros engkol adalah guna merubah gerak naik turun dari torak menjadi gerakan berputar yang nantinya bisa digunakan untuk menggerakan komponen roda pada sepeda motor.

Nama dari komponen di dalam mesin yang selanjutnya adalah bearing kruk as atau laher. Bearing kruk as atau laher pada sepeda motor memiliki kegunaan yang cukup penting pada sepeda motor, untuk melakukan pencegahan terhadap tingkat keausan di dalam silinder liner serta digunakan untuk mengurangi terjadinya gesekan pada bagian poros engkol.

Baca Juga:   Penyebab Lampu Vario 110 Mati Dan Proses Jitu Perbaikannya

Komponen di dalam mesin sepeda motor yang berikutnya adalah fly wheel atau roda gila. Adapun fungsi dari flywheel atau roda gila yaitu sebagai tempat menyimpan tenaga putar atau inertia yang diproduksi pada langkah usaha mesin yang cukup bermanfaat supaya proses dari engkol tetap bisa berputar secara berkelanjutan pada langkah yang selanjutnya.

Bagian yang berikutnya adalah pelatuk klep atau rocker arm valve spring atau pegas katup dan valve atau katup. Adapun fungsi dari masing-masing komponen tersebut yaitu pegas katup berfungsi guna mengembalikan katup pada posisi ataupun dudukan seperti semula serta mampu untuk memberikan tekanan pada katup tersebut supaya bisa menutup dengan cukup dengan cukup rapat. Sementara itu, komponen tuas katup berguna untuk menekan katup-katup supaya tetap dapat terbuka.

Komponen yang selanjutnya adalah valve lifter atau pengangkat katup dan push rod atau batang pendorong. Adapun kegunaan daribatang pendorong yaitu guna meneruskan gerakan dari pengangkat katup ke bagian rocker arm serta pengangkat katup memiliki fungsi guna memindahkan jenis gerakan poros nok ke rocker arm lewat push rod.

Komponen yang lainnya adalah pena torak, carter dan poros bubungan. Proses membuka dan menutup katup akan dikerjakan oleh bagian poros hubung dengan bantuan oli pelumas yang sebelumnya sudah ditampung di bagian carter dan norak akan terhubung dengan bagian connecting rod lewat bagian lubang pusing di bagian pena torak.

Komponen mesin sepeda motor yang terakhir adalah dudukan katup, timing chain dan bantalan luncur aksial. Adapun kegunaan dari bantalan luncur aksial adalah sebagai penahan bagian poros angkot supaya tidak bergeser atau tidak bergerak. Sementara itu bagian poros engkol yang dikaitkan ke bagian poros nok oleh bagian timing chain dan juga dudukan katup yang memiliki kegunaan sebagai tempat dudukan katup, contohnya adalah pada saat menutup.

Memahami berbagai macam daftar komponen sepeda motor serta fungsinya merupakan salah satu hal yang sangat mengasyikkan karena pengguna sepeda motor sekarang ini sangatlah banyak. Dalam kondisi seperti itu tentunya setiap pengguna sepeda motor wajib untuk memahami karakteristik dari sepeda motor yang dimilikinya. Terlebih apabila kita mampu untuk memiliki sepeda motordengan jumlah lebih dari satu.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Penyebab Lampu Vario 110 Mati

Penyebab Lampu Vario 110 Mati Dan Proses Jitu Perbaikannya

Lampu merupakan perangkat penerangan yang amat vital di kendaraan roda dua maupun roda empat. Khususnya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *