Home / Umum / Definisi Sistem Kerja Menurut Beberapa Ahli

Definisi Sistem Kerja Menurut Beberapa Ahli

Sistem kerja memiliki banyak makna. Untuk itulah pada kesempatan kali ini saya akan mencoba mengulas definisi sistem kerja berdasarkan pendapat beberapa ahli. Dengan mengetahui sejumlah pengertian sistem kerja dari beberapa ahli maka kita bisa lebih memahami makna kata dari sistem kerja tersebut.

Definisi Sistem Kerja Menurut Beberapa Ahli

Kata sistem adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa yunani yakni “system” yang memiliki arti himpunan unsur atau himpunan bagian yang mana saling berkaitan dengan teratur guna mendapatkan tujuan bersama. Apabila kita tengok pendapat beberapa ahli, maka definisi dari sistem kerja bisa kita lihat di bawah ini.

1. Definisi Sistem Menurut L James Havery

Sistem merupakan sebuah prosedur yang rasional dan logis guna merancang sebuah rangkaian dari komponen yang berkaitan antara satu dengan komponen yang lainnya dan memiliki maksud dan fungsi sebagai sebuah kesatuan di dalam usaha memperoleh sebuah tujuan yang sudah ditentukan sebelumnya

2. Definisi Sistem Menurut John Mc Manama

Sistem merupakan salah satu struktur yang konseptual dan tersusun dari sejumlah fungsi yang saling berkaitan yang bekerja sebagai sebuah kesatuan organik mendapatkan sebuah hasil yang diharapkan secara efisien dan efektif

Baca Juga:   Sistem Kerja Perusahaan Pada Perusahaan Asuransi

3. Definisi Sistem Menurut C.W. Churchman

Sistem merupakan sebuah perangkat dari sejumlah bagian yang dikoordinasikan guna melaksanakan sejumlah perangkat tujuan

4. Definisi Sistem Menurut J.C.Hinggins

Sistem merupakan sejumlah perangkat dari sejumlah bagian yang saling berkaitan

5. Sistem Menurut James L. Bowdict Dan Edgar F Huse

Sistem merupakan sebuah rangkaian atau seri dari sejumlah bagian yang saling berkaitan dan saling bergantung sedemikian rupa sehingga pada akhirnya saling berpengaruh dan saling berinteraksi antara satu bagian yang mana akan berpengaruh secara keseluruhan.

Syarat-syarat sebuah sistem:

  1. Adanya tujuan organisasi yang jauh lebih penting daripada tujuan sebuah elemen
  2. Terdapat unsur dasar dari adanya proses berupamaterial, energi dan arus informasi yang jauh lebih penting daripada elemen-elemen sistem
  3. Terdapat hubungan dari masing-masing elemen sistem
  4. Kapan adanya elemen sistem yang wajib memiliki rencana yang sebelumnya sudah ditetapkan
  5. Sebuah sistem wajib dibentuk guna bisa menyelesaikan sebuah tujuan tertentu

Contoh dari sebuah sistem lampu pada sepeda motor, di mana apabila salah satu bagian ada yang tidak berkaitan/ berhubungan atau mengalami putus, maka tentunya lampu pada sepeda motor tersebut tidak akan bisa menyala

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Database

Definisi Dari Sistem Kerajaan

Sistem kerja merupakan sejumlah rangkaian dari sejumlah pekerjaan yang memiliki perbedaan di mana kemudian akan dipadukan guna memperoleh sebuah jasa ataupun benda yang pada akhirnya akan menghasilkan keuntungan ataupun pelanggan untuk organisasi maupun perusahaan.

Sistem kerja tentunya akan melibatkan banyak unsur dari manusia serta terdapat hubungan pola kerja antara mesin, alat dan manusia serta sejumlah faktor yang sudah dikombinasikan antara alat dan manusia tersebut dengan sebuah prosedur maupun tahapan kerja yang sebelumnya sudah ditetapkan dan juga sudah didokumentasikan sehingga akan memperoleh sebuah sistem kerja yang konsisten dan tetap serta bisa mendapatkan hasil yang bermutu dan berkualitas.

Contoh dari sistem kerja ada pada proses pembuatan sepeda motor di mana di dalam proses tersebut ada sejumlah bagian yang mengerjakan pemasangan roda, pemasangan mesin, pemasangan lampu-lampu, pemasangan body, dan lain sebagainya. Kemudian, akan dilakukan proses penyatuan dan carilah sebuah produk berupa sepeda motor.

Demikianlah penjabaran mengenai definisi sistem kerja menurut sejumlah ahli. Mudah-mudahan, penjelasan tentang pengertian sistem kerja di atas berguna bagi anda guna meningkatkan ilmu pengetahuan dan wawasan pada sebuah sistem kerja secara umum. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Data dan Jenis-jenis data

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Database

Apa Yang Dimaksud Dengan Database

Sebenarnya, pengertian database sekarang ini bukanlah merupakan hal yang asing lagi. Apalagi bagi Anda yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *