Home / Pendidikan / Contoh Soal / Download Contoh Soal Tes Akademik

Download Contoh Soal Tes Akademik

Ingin sukses mengikuti seleksi penerimaan karyawan atau pegawai? Tentunya contoh soal tes Akademik adalah salah satu referensi yang perlu Anda download supaya Anda bisa memulai untuk belajar berbagai macam contoh soal tes Akademik. Pada umumnya, Tes Potensi Akademik atau sering disingkat dengan TPA dilaksanakan sebagai proses penyeleksian pada penerimaan pegawai maupun karyawan baru di sebuah instansi atau perusahaan.

Download Contoh Soal Tes Akademik

Tes Potensi Akademik tentunya berbeda dengan tes psikotes. Tes Potensi Akademik ini memiliki tujuan guna melakukan pengukuran serta untuk mengetahui kemampuan dari masing-masing peserta pada bidang akademik serta pengetahuan umum yang lainnya. Dengan menggunakan Tes Potensi Akademik, maka nantinya bisa didapat seberapa bagus tingkat kecerdasan dari masing-masing peserta maupun calon pegawai baru.

Pada proses seleksi penerimaan pegawai baru kadangkala mengalami kegagalan baik pada pelaksanaan tes psikotes maupun Tes Potensi Akademik. Beberapa penyebab yang membuat kegagalan tersebut salah satunya adalah tidak ada persiapan secara khusus dan matang mengenai Tes Potensi Akademik. Padahal sebenarnya, supaya bisa lulus tes potensi akademik, maka salah satu hal yang wajib dimiliki oleh masing-masing peserta adalah kesehatan, yang diikuti dengan persiapan yang matang.

Persiapan yang matang disini tentunya adalah latihan diri menggunakan berbagai macam contoh soal tes potensi akademik. Untuk mendapatkan contoh soal tes potensi akademik, maka anda bisa mendownloadnya pada artikel ini. Selain itu, anda juga bisa mendapatkan referensi lain, misalnya adalah dengan membeli buku contoh soal tes Akademik yang banyak diterbitkan oleh penerbit penerbit buku terkenal, misalnya Gramedia.

Baca Juga:   Download Contoh Soal Matematika Dasar Tes Kerja

Di negara Indonesia, Tes Potensi Akademik juga identik dengan sebutan tes GMAT dan tes GRE yang mana tas tersebut sudah menjadi standar internasional saat ini. Bahkan, sekarang ini Tes Potensi Akademik termasuk kedalam proses tes standar penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan di perguruan tinggi pada proses Penjaringan mahasiswa S2 dan S3. Akhir-akhir ini, proses SMPTN juga sudah menerapkan tes potensi akademik. Disamping itu bisa dipastikan bahwa proses perekrutan tenaga kerja baru di perusahaan maupun instansi pemerintah juga menerapkan Tes Potensi Akademik ini.

Bisa dikatakan, Tes Potensi Akademik merupakan salah satu metode yang dipakai sebagai salah satu dasar guna melakukan penyaringan pada CPNS atau calon pegawai negeri sipil Maupun pegawai di perusahaan swasta. Dan tidak kalah pentingnya, proses kenaikan pangkat pada tim leader maupun Manager juga menerapkan tes potensi akademik yang nantinya akan memberlakukan skor minimum tertentu.

Tes Potensi Akademik dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  1. Tes Potensi Akademik menggambar, yang terdiri atas tes Potensi Akademik seni gambar, Tes Potensi Akademik padanan hubungan gambar, Tes Potensi Akademik bayangan cermin, Tes Potensi Akademik pengelompokan gambar, Tes Akademik identifikasi potongan gambar.
  2. Tes Potensi Akademik angka yang terdiri dari Tes Potensi Akademik seri huruf, Tes Potensi Akademik seri angka, Tes potensi akademik logika angka, Tes Potensi Akademik aritmatika, dan Tes Potensi Akademik di dalam cerita.
  3. Tes Potensi Akademik logika yang terdiri dari Tes Potensi Akademik logika cerita, Tes Potensi Akademik di dalam menganalisa sebuah pernyataan dan kesimpulan, Tes Potensi Akademik logika diagram, dan Tes Potensi Akademik logika umum
  4. Tes Potensi Akademik verbal yang terdiri dari Tes Potensi Akademik antonim, Tes Potensi Akademik sinonim, Tes Potensi Akademik pengelompokan kata dan Tes potensi Akademik padanan hubungan.
Baca Juga:   Download Contoh Soal Tes Kemampuan Dasar

Masing-masing penyelenggara Tes Potensi Akademik tentunya memiliki standar penskoran yang berbeda-beda. Namun, proses pelaksanaan tes potensi akademik yang sudah diakui baik secara nasional maupun secara internasional yang mana diselenggarakan oleh OTO Bappenas serta memiliki kerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi terkenal di seluruh pelosok Indonesia Memiliki proses penskoran yang memiliki perang antara 200 sampai dengan 800. Sport yang paling rendah yang bisa didapat pada Tes Potensi Akademik adalah 200 serta skor paling tinggi yang bisa didapat adalah 800 jika seluruh jawaban yang diberikan adalah benar.

Peserta tes potensi akademik bisa disebut memiliki kemampuan rata-rata apabila skor yang didapat mencapai angka 500. Hasil penskoran Pada pelaksanaan tes potensi akademik yang dibuat oleh OTO Bappenas memiliki masa berlaku sampai dengan 2 tahun terhitung dari asas pelaksanaan tes potensi akademik. Penskoran ini Tentunya tidak bisa diperpanjang. Untuk mendapatkan pengakuan kembali kemampuan dari Tes Potensi Akademik dari OTO Bappenas, maka peserta bisa mengikuti kembali tes potensi akademik. Soal dari Tes Potensi Akademik rata-rata terdiri dari tiga bagian tes, yang mana masing-masing dari jenis Tes Potensi Akademik tersebut mempunyai nilai dari 20 sampai dengan 80. Nantinya, skor atau nilai total yang diperoleh dari penjumlahan ke tiga bagian Tes Potensi Akademik tersebut akan dibagi 3 lalu dikalikan dengan 10.

Baca Juga:   Download Contoh Soal Tes SBMPTN

Download contoh soal tes Akademik

Untuk mempermudah Anda didalam mendapatkan Serta download contoh soal tes Akademik, maka anda bisa Klik link disini. Contoh soal tes Akademik ini saya bagi menjadi 2 file sehingga tentunya Anda akan memiliki lebih banyak bank soal tes Akademik. Masing-masing file saya simpan dalam format PDF sehingga Anda bisa membuka file tersebut menggunakan berbagai macam perangkat mulai dari laptop, komputer sampai dengan smartphone. Silahkan anda manfaatkan contoh soal tes Akademik tersebut untuk memantapkan diri di dalam persiapan mengikuti seleksi penerimaan pegawai baru.

Mudah-mudahan, contoh soal tes Akademik yang saya bagikan tersebut mampu memberikan tambahan pengetahuan, ilmu serta wawasan baru bagi pengunjung sekalian. Semoga, usaha anda di dalam mempersiapkan diri pada proses seleksi penerimaan karyawan baru bisa mendapatkan hasil terbaik dan anda bisa secepatnya bekerja di perusahaan yang anda idam-idamkan. Terimakasih, Selamat belajar dan semoga sukses.

Artikel menarik lainnya

Contoh Soal Tes Logika Penalaran

Download Contoh Soal Tes Logika Penalaran

Ketemu lagi dengan saya yang tentunya ingin selalu berbagi ilmu dan pengetahuan untuk pengunjung sekalian. Pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *