Home / Pendidikan / Contoh Soal / Download Contoh Soal Tes Psikotes Gambar

Download Contoh Soal Tes Psikotes Gambar

Apakah anda sudah pernah mengikuti tes psikotes gambar? Di dalam tes psikotes, istilah tes psikotes gambar juga disebut dengan istilah tes wartegg. Tes wartegg merupakan salah satu tes psikotes yang dicetuskan pertama kali oleh Sander dan Krueger yang mana kedua orang tersebut berasal dari University of Leipzig. Di tahap selanjutnya, tes menggambar atau wartegg ini dikembangkan kembali oleh Marina Kinget dan Ehrig Wartegg.

Download Contoh Soal Tes Psikotes Gambar

Lalu, apa fungsi dari tes psikotes gambar? Secara umum tes psikotes gambar memiliki fungsi untuk mengetahui karakteristik dari seseorang baik dari sisi imajinasi, Sisi emosi, Sisi kontrol, Sisi dinamisme serta reality function. Bagian-bagian tersebut tentunya akan mudah terlihat apabila dilakukan sebuah proses pengukuran dengan menggunakan tes psikotes gambar.

Adapun beberapa unsur yang dinilai pada tes psikotes gambar adalah sebagai berikut:

1. Kondisi kejiwaan

Tes psikotes menggambar mewajibkan pesertanya guna melengkapi gambar soal yang ada. Adapun beberapa hal yang perlu kita ketahui bersama yaitu apabila Anda menemukan garis lengkung maka disarankan untuk menggambar benda hidup, sementara itu apabila ada garis lurus yang terlihat kaku maka disarankan untuk Anda menggambar benda mati. Menggambar dalam posisi terbalik, sebagai contohnya adalah pola garis lurus digambarkan dengan bunga, Hewan dan lain sebagainya. Selain itu, model garis lengkung juga bisa digambarkan dengan gambar mobil, gambar mesin dan gambar yang lainnya. Kondisi ini Tentunya merupakan sebuah penanda bahwa ada hal yang kurang benar ada kepribadian ataupun kejiwaan seseorang.

Baca Juga:   Download Contoh Soal Tes Akademik PLN Tahun 2015 sampai 2017

2. Kondisi ragu-ragu

Kondisi ragu-ragu ini juga bisa terlihat langsung pada saat peserta menggambar. Apabila ketika kita sedang menggambar dan ternyata kita sering menghapus gambar yang kita buat sehingga kertas gambar berubah menjadi kotor maka hal tersebut sudah mengindikasikan bahwa kita termasuk orang yang memiliki kategori pelaku dan tentunya tidak memiliki rencana yang matang.

3. Kondisi keras kepala

kondisi ini juga langsung terlihat pada hasil gambar yang dibuat. Apabila anda menggambar garis yang seharusnya lembut namun dibuat terlalu kuat, maka kondisi ini sudah mampu mengindikasikan bahwa anda merupakan salah satu orang yang keras kepala.

4. Kondisi kecerdasan

Kecerdasan seseorang juga bisa diketahui dari bagaimana dia menggambar. Disamping itu tentunya kepribadian seseorang sangat mudah diketahui menggunakan tes psikotes menggambar ini. Lalu bagaimana membedakan antara gambar orang yang cerdas dengan gambar orang yang biasa saja? Apabila pada saat mengerjakan tes psikotes menggambar ini anda menggambar hal-hal yang biasa saja maka tentunya kecerdasan yang anda miliki juga biasa saja. Berkebalikan dengan Ketika anda menggambar sesuatu yang memiliki wawasan beda dan tidakterbayangkan oleh peserta yang lain, maka tentunya tingkat kecerdasan anda cukuplah baik.

Baca Juga:   Download Contoh Soal Tes Verbal

5. Kondisi penyangkalan

Tes bahasa qoutes menggambar ini hanyalah merupakan salah satu media dan alat yang digunakan untuk mengetahui kepribadian dari masing-masing individu secara umum. Nantinya, kesimpulan yang didapat dari hasil gambar masing-masing peserta bisa saja berbeda dengan karakteristik yang sebenarnya.Kondisi ini sangatlah umum dan masih tetap diakui oleh setiap psikolog bahwa Sampai dengan saat ini tidak ada jenis satu tes pun yang mampu secara akurat dan valid mengetahui kepribadian seseorang dengan sebenar-benarnya.

Beberapa keterangan gambar yang sering anda temukan pada soal tes psikotes gambar atau wartegg:

  1. Titik yang berada di bagian tengah kotak, kondisi ini Tentunya berkaitan dengan proses menyesuaikan diri dimana seseorang mampu menempatkan diri pada lingkungan yang berbeda dengan lingkungan sehari-hari
  2. Coretan dalam bentuk (~) yang mana gambar ini menunjukkan tingkat fleksibilitas perasaan seseorang
  3. Tiga buah garis vertical dengan ketinggian yang sejajar dimana fungsinya untuk mengetahui tingkat Ambisi atau hasrat seseorang untuk maju
    gambar kotak kecil yang digunakan untuk melakukan pengukuran dan mengetahui cara seseorang di dalam mengatasi masalah atau kesulitan
  4. Huruf T yang dicetak miring yang digunakan untuk mengetahui bagaimana seseorang bertindak terhadap suatu kondisi
    gambar garis vertikal dan horizontal dimana berfungsi untuk mengetahui bagaimana cara seseorang menganalisa, berpikir serta melakukan sintesa
  5. Gambar titik-titik yang melengkung berguna untuk mengetahui sebuah perasaan pada seseorang apakah masih kekanak-kanakan atau sudah stabil.
    Gambar garis melengkung yang digunakan untuk mengetahui kondisi hubungan sosial atau kehidupan sosial seseorang
Baca Juga:   Download Contoh Soal Tes Logika Penalaran

Download contoh soal tes psikotes gambar

Untuk mempermudah anda di dalam mempelajari dan praktek mengerjakan soal tes psikotes gambar lokasi silakan Anda download contoh soal tes psikotes gambar pada link di sini. Dengan adanya contoh soal tes psikotes gambar ini maka tentunya Anda bisa mencoba untuk menganalisa sekaligus praktek langsung Bagaimana mengenali gambar-gambar yang sering digunakan pada soal tes Psikotes menggambar atau wartegg.

Mudah-mudahan, beberapa Penjelasan diatas mengenai contoh soal tes psikotes gambar mampu memberikan wawasan baru bagi pengunjung sekalian sehingga kemampuan di dalam mengerjakan berbagai macam soal tes psikotes gambar semakin meningkat dan hasil yang didapat Lebih memuaskan sehingga bisa mengantarkan Anda untuk bisa diterima bekerja di perusahaan yang diinginkan. Terima kasih dan selamat mencoba dan semoga sukses.

Artikel menarik lainnya

Contoh Soal Tes Logika Penalaran

Download Contoh Soal Tes Logika Penalaran

Ketemu lagi dengan saya yang tentunya ingin selalu berbagi ilmu dan pengetahuan untuk pengunjung sekalian. Pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *