Home / Umum / Kode Etik / Fungsi dan Manfaat Kode Etik Guru

Fungsi dan Manfaat Kode Etik Guru

Manfaat kode etik guru sangatlah baik apabila diterapkan dengan serius dan sungguh-sungguh. Seorang guru di dalam pekerja di dunia pendidikan tentunya selalu melaksanakan interaksi, bukan hanya berinteraksi antara guru dengan siswa atau peserta didik, namun juga akan terjadi interaksi antara guru dengan orang tua atau wali siswa, dengan masyarakat, beserta dengan rekan sejawat.

Fungsi dan Manfaat Kode Etik Guru

Pada saat melaksanakan sejumlah interaksi tersebut, tentunya akan terjadi perbedaan, baik dari perbedaan pendapat, perbedaan harapan, perbedaan persepsi, serta sejumlah perbedaan yang lainnya yang tentunya cukup sulit untuk dihindari. Terlebih, sekarang ini masyarakat memiliki pola pikir yang cukup demokratis dan tentunya semakin kritis.

Di sisi lain, pada saat bekerja di dalam melaksanakan tugasnya, guru dihadapkan kepada dua buah kepentingan. Kepentingan yang pertama adalah kepentingan sebagai seorang pribadi, di mana seorang guru wajib untuk melaksanakan sejumlah tugasnya untuk kepentingan dirinya sendiri, dan juga untuk kepentingan profesional di mana ia mengerjakan seluruh tugas ke pendidikannya dengan tujuan demi melaksanakan kepentingan siswa atau peserta didik serta masyarakat dari pemakai jasa guru tersebut.

Baca Juga:   Kode Etik Psikologi Paling Utama

Sejumlah kondisi tersebut seringkali membuat sejumlah permasalahan pada saat seorang guru bekerja di dalam melaksanakan tugasnya. Apabila hal tersebut memang terjadi, maka tentunya seorang guru benar-benar dihadapkan pada sebuah permasalahan yaitu Bagaimana proses interaksi antara guru dengan masyarakat, guru dengan rekan sejawat, guru dengan orang tua atau wali siswa, serta guru dengan peserta didik Pada saat melaksanakan profesinya sendiri. Selain itu guru juga akan mendapatkan permasalahan pada proses penyelarasan antara kepentingan profesionalnya dengan kepentingan pribadinya pada saat mengerjakan tugas sebagai guru tersebut.

Diakui ataupun tidak diakui, tidak disadari maupun disadari bahwa yang namanya jabatan seorang guru merupakan jabatan profesional. Sebuah jabatan profesional tentunya mempunyai kode etik guru. Kode etik tersebut digunakan sebagai acuan di dalam mengerjakan sejumlah tugas kependidikan dari seorang pengajar atau guru. Kode etik tersebutlah yang nantinya mampu menjawab Bagaimana kewajiban seorang guru untuk berinteraksi dengan rekan sejawat, dengan peserta didik, dengan masyarakat, dengan orang tua atau wali peserta didik Pada saat melaksanakan sejumlah misi pekerjaan sebagai guru.

Baca Juga:   Contoh Kode Etik Jurnalistik

Ketika seorang guru berpegang teguh kepada kode etik guru di dalam mengerjakan seluruh tugas kependidikan nya, maka masalah atau bias praktek profesional sangat sangat mungkin untuk bisa dihindari yang pada akhirnya akan terjadi keselarasan di antara kepentingan masyarakat dengan kepentingan pribadi yang kemungkinan besar bisa dilakukan.

Oleh sebab itu, Mari kita coba memahami fungsi serta manfaat kode etik guru yang nantinya akan bermanfaat di dalam menyelaraskan antara kepentingan umum dengan kepentingan pribadi seorang guru.Dengan memahami sejumlah kode etik guru, kita juga akan lebih mudah di dalam melaksanakan tugas-tugas dengan mengacu kepada kode etik tersebut.

Fungsi dan Manfaat kode etik guru

  1. Supaya setiap guru mempunyai arah dan pedoman yang jelas pada saat mengerjakan profesinya, sehingga sejumlah penyimpangan profesi bisa dihindari
  2. Supaya setiap guru memiliki rasa tanggung jawab terhadap profesi yang dimilikinya
  3. Supaya setiap guru bisa terhindar dari adanya pertentangan internal dan proses perpecahan
  4. Supaya setiap guru memiliki kemampuan di dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas pelayanan, sehingga pada akhirnya profesi seorang guru bisa digunakan dan diakui oleh masyarakat
  5. Supaya seorang guru bisa pembantu di dalam memecahkan berbagai macam permasalahan serta mampu mengembangkan diri
  6. Supaya seorang guru bisa terhindar dari adanya campur tangan dari pemerintah serta sejumlah profesi lainnya
Baca Juga:   Kumpulan Kode Etik Perusahaan

Demikianlah sedikit pembahasan tentang fungsi dan manfaat kode etik guru yang bisa saya ulas pada posting kali ini. Mudah-mudahan, ulasan singkat Pada kesempatan kali ini bisa anda jadikan sebagai salah satu sumber inspirasi, terutama bagi Anda yang memang memiliki profesi guru. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Sejumlah Sanksi Pelanggaran Kode Etik

Sejumlah Sanksi Pelanggaran Kode Etik

Sanksi pelanggaran kode etik wajib untuk diperlakukan manakala terjadi pelanggaran kode etik. Hal tersebut memiliki …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *