Home / Hardware / Keyboard / Fungsi Fungsi Tombol Pada Keyboard Komputer

Fungsi Fungsi Tombol Pada Keyboard Komputer

Para pengguna komputer yang sudah lama tentunya tidak asing lagi dengan fungsi dari tombol keyboard. Fungsi fungsi tombol keyboard tersebut tentunya memiliki banyak manfaat dan kegunaan. Jadi apabila kita sudah mengetahui secara keseluruhan fungsi-fungsi tombol keyboard komputer maka tentunya kita bisa dengan mudah mengoperasikan komputer secara umum. Namun tentunya bagi para pemula yang baru saja memiliki komputer butuh pemahaman secara mendasar tentang fungsi tombol keyboard tersebut.

Fungsi Fungsi Tombol Pada Keyboard Komputer

Oleh sebab itulah maka pada kesempatan yang baik ini penulis akan mencoba menjabarkan sejumlah fungsi fungsi tombol keyboard pada komputer yang bisa Anda pahami satu demi satu sehingga Anda bisa memanfaatkan fungsi tombol pada keyboard tersebut untuk bekerja menggunakan komputer. Walaupun memiliki bentuk yang berbeda, keyboard pada komputer memiliki kesamaan dimana rata-rata jenis keyboard yang digunakan saat ini adalah jenis keyboard qwerty. Walaupun sebenarnya ada juga jenis keyboard yang lain namun tidak begitu populer dan jarang yang menggunakannya.

Fungsi fungsi tombol pada keyboard

Fungsi fungsi tombol pada keyboard komputer yang akan saya ulas pada tulisan kali ini adalah tombol-tombol yang memiliki nama khusus. Sementara itu, sejumlah tombol yang sudah diberikan label dengan jelas misalnya adalah label huruf z, label huruf x, label huruf c dan tombol-tombol yang berlabel huruf lainnya tentu tidak perlu dibahas karena tentu sudah sangat jelas fungsinya, yaitu untuk mengetik atau menampilkan karakter sesuai dengan huruf yang tertera pada label.

Baca Juga:   Fungsi Tombol CTRL AZ pada MS Word, Open Office dan Browser

Di bawah ini adalah penjelasan fungsi-fungsi tombol pada keyboard:

1. Tombol backspace

Fungsi dari tombol backspace adalah untuk menghapus karakter yang berada pada bagian sebelah kiri kursor. Atau dengan kata lain tombol backspace juga bisa digunakan untuk menghapus karakter yang sudah terlanjur diketik.

2. Tombol capslock

Tombol ini berguna untuk mengunci penulisan huruf kapital atau huruf besar. Ketika tombol capslock ditekan, maka secara otomatis lampu capslock pada keyboard akan menyala. Ketika anda hendak mengembalikan ke penulisan normal, maka anda bisa menekan tombol capslock sekali lagi dan lampu capslock pada keyboard akan mati.

3. Tombol delete

Fungsi dari tombol delete adalah berguna menghapus karakter yang posisinya ada di samping kanan kursor.

4. Tombol end

Tombol n memiliki kegunaan untuk melakukan pemindahan secara cepat posisi kursor pada bagian akhir baris dari sebuah tulisan.

5. Tombol Escape atau ESC

Fungsi dari tombol Escape adalah untuk mengcancel ataupun membatalkan perintah-perintah yang sebelumnya sudah dilakukan pada sebuah menu. Pada saat tombol Escape ini ditekan, maka semua perintah yang sudah dilakukan pada sebuah menu akan dibatalkan.

6. Tombol enter

Fungsi dari tombol enter adalah untuk memindah kepada baris yang baru atau baris berikutnya. Selain untuk memindah baris, tombol enter juga digunakan sebagai tombol yang digunakan untuk mengeksekusi atau sebagai perintah tegas pada sebuah perintah yang sudah diberikan Pada sejumlah aplikasi di komputer

Baca Juga:   Fungsi Tombol Edit Pada Keyboard Komputer

7. Tombol home

Fungsi dari tombol home adalah Untuk menggeser kursor secara cepat ke awal baris ataupun ke bagian sudut paling kiri atas.

8. Tombol page up

Fungsi dari tombol page up adalah Untuk menggeser posisi kursor ke arah atas sebanyak 1 layar

9. Tombol page down

Fungsi dari tombol page down adalah kebalikan dari tombol page up. Fungsi dari tombol page down adalah Untuk menggeser posisi kursor ke arah bawah sebanyak 1 lembar

10. Tombol Tab

Tombol tab digunakan untuk memindahkan posisi kursor sebanyak 1 tabulasi ke samping kanan. Apabila tombol tab ditekan secara terus-menerus, maka tentunya perintah tersebut akan dilakukan secara berulang dan akan bergerak secara terus-menerus sebanyak 1 tabulasi ke samping kanan.

11. Tombol Shift

Fungsi dari tombol Shift adalah untuk mengunci secara sementara huruf kapital. Jadi, Apabila Anda ingin menuliskan huruf kapital hanya di awal kata saja, maka anda bisa menekan tombol Shift.

12. Tombol jendela Windows

Tombol jendela Windows digunakan untuk menampilkan menu menu yang ada di Start menu Windows

Baca Juga:   Fungsi Tombol Tab Pada Keyboard

13. Tombol insert

Tombol insert adalah tombol yang berguna untuk menyisipkan karakter pada sebuah kata atau kalimat. Jadi, Ketika anda mengaktifkan tombol Insert maka kata atau kalimat yang berada pada posisi kursor akan diganti secara langsung dengan hasil ketikan yang sedang dikerjakan. Karakter setelah kursor tidak akan bergeser kekanan, namun akan langsung diganti.

14. Tombol print screen

Tombol print screen memiliki fungsi untuk mengatur atau screenshot dari tampilan yang ada pada layar monitor.

15. Tombol numlock

Fungsi dari tombol numlock adalah mengunci karakter digit yang berada pada blok samping kanan. Ketika anda mengaktifkan tombol numlock, maka secara otomatis lampu numlock pada keyboard akan menyala dan kita bisa menggunakan blok angka. Sementara itu, ketika kita menonaktifkan Tombol numlock, maka yang akan berfungsi adalah tombol navigasi.

Demikianlah penjabaran singkat mengenai fungsi fungsi tombol pada keyboard komputer yang bisa saya ulas pada posting kali ini. Pada posting selanjutnya, saya akan mencoba untuk membahas fungsi dari kombinasi beberapa tombol keyboard secara lengkap. Mudah-mudahan, tutorial singkat Pada kesempatan kali ini mampu memberikan Anda ilmu pengetahuan baru dibidang keyboard komputer sehingga Anda bisa memaksimalkan fungsi dari masing-masing tombol keyboard tersebut. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Artikel menarik lainnya

Fungsi Tombol Insert Pada Keyboard

Pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba membahas mengenai fungsi tombol Insert pada keyboard. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *