Home / Umum / Kode Etik / Fungsi Kode Etik Guru

Fungsi Kode Etik Guru

Guru selalu berinteraksi dengan banyak orang. Pada saat melaksanakan tugas di dunia kependidikan, selain guru berinteraksi dengan siswa, guru juga selalu berinteraksi dengan teman-temannya, dengan orang tua ataupun Wali siswa serta dengan masyarakat. Pada kondisi seperti itu, tentunya perbedaan persepsi, perbedaan pendapat, perbedaan harapan serta sejumlah perbedaan yang lainnya kerap sulit untuk dihindari. Terlebih ketika pola pikir dari masyarakat sekarang ini cukup demokratis sehingga semakin kritis.

Fungsi Kode Etik Guru

Di sisi lain, pada saat mengemban tugas kependidikan, guru juga tentunya mengerjakan 2 buah kepentingan. Kepentingan yang pertama adalah kepentingan pribadi dimana pada saat melaksanakan tugasnya untuk kepentingan dirinya sendiri. Kepentingan yang kedua adalah kepentingan profesional di mana Dia harus mengerjakan tugas-tugas ke pendidikannya demi kepentingan masyarakat pengguna jasa dan kepentingan peserta didik.

Terdapat cukup banyak di Lemah sekarang ini yang kadangkala menimbulkan sejumlah masalah di dalam melaksanakan tugas sebagai seorang guru serta tenaga pendidik. Ketika hal tersebut terjadi tentu akan muncul sebuah permasalahan bagaimana baiknya proses interaksi yang dilakukan antara guru dengan peserta didik, guru dengan masyarakat, guru dengan rekan sejawat, guru dengan orang tua atau wali murid di dalam melaksanakan tugasnya? Mungkin juga ada sebuah pertanyaan bagaimana guru mampu untuk menyelaraskan antara kepentingan profesional dengan kepentingan pribadi di dalam mengerjakan tugas-tugas di dunia kependidikan tersebut?

Baca Juga:   Dewan Pers Dan Kode Etik Jurnalistik

Baik disadari maupun tidak, jabatan guru merupakan jabatan profesional. Ketika jabatan profesional tersebut diemban, jabatan tersebut tentunya mempunyai kode etik keguruan yang mana kode etik tersebut merupakan salah satu bagian pedoman di dalam pelaksanaan tugas Di dalam dunia kependidikan. Dengan adanya kode etik kependidikan, maka hal tersebut merupakan sebuah bagian bagaimana seharusnya seorang guru bertindak, berinteraksi antara guru dengan rekan sejawat, guru dengan peserta didik, guru dengan masyarakat, guru dengan orang tua atau wali murid serta Bagaimana langkah di dalam melaksanakan misi pekerjaannya untuk kepentingan pribadi.

Ketika seorang guru memiliki pedoman dan menjalankan sepenuhnya berdasarkan kode etik guru pada proses pelaksanaan tugas mengajarnya, maka sejumlah masalah baik pribadi maupun professional sangat mudah untuk diselesaikan Sehingga nantinya tercipta sebuah keselarasan di antara kepentingan profesional dengan kepentingan pribadi yang pada akhirnya sejumlah kepentingan masyarakat bisa diwujudkan.

Fungsi kode etik guru

Berikut ini adalah sejumlah fungsi dari kode etik guru yang memiliki tujuan supaya sejumlah keinginan untuk bisa menjadi guru yang profesional bisa dicapai

Baca Juga:   9 Kode Etik Guru Dan Penjelasannya

Fungsi kode etik guru adalah:

  1. Supaya guru mempunyai arah dan pedoman yang cukup jelas di dalam mengerjakan tugas-tugasnya serta terhindar dari adanya penyimpangan profesi
  2. Supaya guru memiliki rasa tanggung jawab yang lebih terhadap profesi yang dimilikinya
  3. Supaya guru bisa terhindar dari adanya pertentangan internal dan perpecahan
  4. Supaya guru memiliki kemampuan di dalam meningkatkan kuantitas pelayanan dan kualitas pelayanan sehingga pada akhirnya jasa seorang guru digunakan serta diakui oleh masyarakat umum
  5. Supaya profesi guru bisa membantu di dalam memecahkan sejumlah masalah di dalam pengembangan diri
  6. Supaya profesi guru bisa terhindar dari adanya campur tangan profesi yang lainnya dan pemerintah

Demikianlah beberapa ulasan singkat mengenai fungsi kode etik guru yang mana Diharapkan dengan adanya fungsi kode etik guru diatas bisa menjadi sebuah inspirasibagi masyarakat yang sekarang ini memiliki profesi guru. Jadilah guru yang inspiratif, profesional serta religius.

Artikel menarik lainnya

Contoh Kode Etik Jurnalistik

Contoh Kode Etik Jurnalistik

Berprofesi sebagai apa pun tentunya memiliki kode etik. Termasuk salah satu diantaranya adalah jurnalistik. Seseorang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *