Home / Umum / Kode Etik / Fungsi Kode Etik Jurnalistik

Fungsi Kode Etik Jurnalistik

Menjadi seorang wartawan merupakan tugas berat yang harus mengumpulkan data serta informasi yang valid serta benar berdasarkan fakta yang ada. Salah satu hal yang mampu mengatur pelaksanaan kinerja dari wartawan adalah kode etik jurnalistik. Kode etik jurnalistik adalah salah satu prinsip yang harus dimiliki oleh setiap profesi wartawan sehingga pada akhirnya segala macam tindakan seorang wartawan memerlukan adanya patokan moral di dalam menjalankan profesinya.

Fungsi Kode Etik Jurnalistik

Hal tersebut disebabkan sebuah kebebasan termasuk adalah kebebasan pers tentunya tetap saja memiliki adanya batasan Dimana letak dari batasan yang paling inti dan paling utama serta tidak pernah mengalami kesalahan yaitu apa yang dimiliki dan keluar dari hati nurani seorang wartawan. Dalam konsep seperti itulah maka kebebasan pers bukan saja tetapi batasi oleh kode etik jurnalistik namun juga tetap ada batasan yang lainnya, sebagai contohnya adalah ketentuan berdasarkan sejumlah undang-undang pers.

Kode etik jurnalistik adalah salah satu jenis aturan-aturan Susila maupun sebuah sikap akhlak yang sudah ditetapkan secara bersama serta wajib ditaati oleh semua anggota jurnalistik bersama pula. Anggota-anggota jurnalistik tersebut bergabung dalam sebuah kumpulan maupun organisasi yang disebut dengan organisasi profesi. Oleh sebab itulah maka kode etik adalah sebuah bentuk persetujuan bersama yang dibuat secara murni berasal dari pribadi masing-masing setiap anggota yang didalamnya adalah para wartawan.

Baca Juga:   9 Kode Etik Guru Dan Penjelasannya

Bisa dikatakan pula sebagai sebuah rangkaian peraturan dan ketentuan yang sudah disepakati bersama untuk mengatur sejumlah pekerjaan, tingkah laku dari setiap anggota organisasi yang ada. Dengan adanya kode etik maka akan lebih meningkatkan kegiatan pembinaan anggota sehingga pada akhirnya akan mampu memberikan sumbangan yang sangat bermanfaat di dalam pengabdian pada masyarakat.

Bisa dikatakan pula bahwa yang namanya kode etik jurnalistik merupakan sejumlah etika maupun aturan-aturan yang ada pada dunia pers. Aturan-aturan tersebut tentunya memuat berbagai macam hal mengenai tata cara wartawan di dalam mendapatkan berita maupun menerbitkan sebuah informasi ataupun berita. Aturan-aturan tersebut juga tentunya berisi tata cara hubungan antara masyarakat dengan wartawan.

Fungsi kode etik jurnalistik

Penetapan kode etik jurnalistik memiliki fungsi untuk menjamin terciptanya kebebasan pers dan terpenuhi hak-hak yang harus didapat oleh masyarakat. Kode etik jurnalistik wajib menjadi bagian dari etika profesi serta landasan moral yang dapat dijadikan sebagai pedoman di dalam operasi pada proses penegakan profesionalitas dan integritas seorang wartawan.

Baca Juga:   Contoh Kode Etik Jurnalistik

Proses penetapan dan pengawasan terhadap sanksi pada pelanggaran pelanggaran kode etik jurnalistik keseluruhan diserahkan kepada semua jajaran pas yang dilaksanakan pada organisasi yang dibentuk untuk hal tersebut. Disamping itu, ada juga beberapa fungsi kode etik jurnalistik apa yang di antaranya adalah:

  1. Dijadikan sebagai salah satu pedoman oleh wartawan pada saat melaksanakan pekerjaan atau tugasnya
  2. Dijadikan sebagai bagian di dalam menjaga nama baik di dunia pers, Hal tersebut dikarenakan dengan mematuhi kode etik jurnalistik akan tetap membawa nama baik pada saat penerbitan berita atau informasi
  3. Digunakan untuk mengatur hubungan antara wartawan dengan masyarakat
  4. Digunakan untuk mengatur metode dan tata cara setiap jurnalis di dalam mendapatkan sebuah berita
  5. Digunakan guna menjaga keseimbangan berita dan informasi serta tidak mencampuradukkan antara opini dengan fakta
  6. Digunakan untuk membentuk karakter seorang wartawan yang tetap mengedepankan pada kepentingan publik di atas kepentingan pribadinya

Demikianlah beberapa ulasan mengenai fungsi kode etik jurnalistik yang tentunya sangat bermanfaat bagi setiap wartawan untuk selalu bekerja berdasarkan etika dan moral yang sudah ditetapkan bersama-sama. Dengan melaksanakan kode etik jurnalistik pada saat bekerja maka tentunya setiap wartawan akan memperoleh keamanan dan kenyamanan pada diri pribadi masing-masing. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Baca Juga:   Contoh Kode Etik Perusahaan

Artikel menarik lainnya

Contoh Kode Etik Jurnalistik

Contoh Kode Etik Jurnalistik

Berprofesi sebagai apa pun tentunya memiliki kode etik. Termasuk salah satu diantaranya adalah jurnalistik. Seseorang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *