Home / Hardware / Keyboard / Fungsi Tombol Backspace Ternyata Tidak Hanya Untuk Mengapus

Fungsi Tombol Backspace Ternyata Tidak Hanya Untuk Mengapus

Seperti yang tertulis pada judul bahwa ternyata fungsi tombol Backspace tidak hanya untuk menghapus teks atau karakter saja, namun juga bisa digunakan untuk fungsi yang lainnya. Salah satu fungsi tombol Backspace yang lainnya yaitu dipakai untuk mewakili tombol Back atau kembali pada halaman sebelumnya disejumlah software browser seperti Google Chrome, Mozilla ataupun Opera.

Fungsi Tombol Backspace Ternyata Tidak Hanya Untuk Mengapus

Fungsi Tombol Backspace

Rata-rata, kebanyakan pengguna komputer memakai tombol Backspace pada keyboard ketika sedang bekerja mengetik di software Microsoft Word ataupun software pengolah kata yang lainnya. Akan tetapi kenyataannya tombol Backspace memiliki sejumlah fungsi yang sangat menarik yang tentunya perlu Saya bahas pada posting kali ini.

Ketika anda sedang bekerja menggunakan software browser seperti Mozilla Firefox, Google Chrome ataupun Opera Mini, Ketika anda ingin kembali ke halaman sebelumnya maka biasanya dilakukan dengan klik tanda panah yang mengarah ke kiri. Namun ternyata tombol panah yang berfungsi sebagai “Back” pada software browser tersebut bisa diwakili cukup dengan menggunakan tombol yang bernama Backspace tersebut.

Penggunaan tombol tersebut bisa dikatakan lebih efektif serta efisien karena akan sangat menghemat waktu di Dalam penggunaannya. Apabila anda mengoperasikan software browser secara penuh menggunakan Mouse maka tentunya akan kalah cepat apabila anda mengoperasikan software browser menggunakan tombol yang ada di keyboard. Efektivitas dan produktivitas pada saat Berselancar Di Internet tentunya akan semakin meningkat.

Baca Juga:   Fungsi Tombol Insert Pada Keyboard

Disamping itu, tombol Backspace juga akan memiliki fungsi yang lain ketika dikombinasikan dengan tombol ctrl. Lalu, Apa fungsi tombol kombinasi antara ctrl + Backspace tersebut? Ternyata apabila anda mengkombinasikan kedua tombol tersebut akan mampu menghapus 1 kata yang berada disebelah kiri kursor dalam satu kali waktu. Sebuah fungsi yang sangat menarik dan sangat cepat untuk dipakai dalam bekerja.

Menghapus dengan kombinasi tombol Backspace

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa ada 2 tombol yang bisa digunakan untuk menghapus pada komputer, yaitu tombol delete dan tombol Backspace. Letak perbedaannya adalah pada posisi karakter yang bisa dihapus. Tombol delete digunakan untuk menghapus karakter yang posisinya ada disebelah kanan kursor Aktif. Sementara itu, tombol Backspace digunakan untuk menghapus karakter yang posisinya ada disebelah kiri kursor aktif.

Bisa dikatakan bahwa tombol Backspace adalah sebuah tombol yang amat sering dipakai dan dimanfaatkan oleh para pengguna komputer pada saat mengetik di software pengolah kata. Terlebih bagi Anda yang masih dalam proses belajar mengetik dan belum memanfaatkan 10 jari dalam mengetik tersebut, maka tombol Space akan sangat sering untuk dipakai.

Baca Juga:   Fungsi Tombol ENTER Pada Keyboard

Berdasarkan pengalaman yang pernah saya lakukan bahwa memakai tombol Backspace frekuensinya hampir sama dengan saya menggunakan tombol Space ataupun tombol untuk huruf A. Hal tersebut tentunya atas dukungan kemampuan saya yang hanya mampu mengetik dengan memakai “11 jari” yang masih tetap saya kembangkan menjadi 10 jari. Disamping itu, dukungan dari sejumlah tombol keyboard yang memiliki teknologi tinggi serta memiliki “tuts” yang sedikit agak keras sehingga sulit untuk nyantol. Pengalaman saya ini Tentunya didukung pada penggunaan keyboard yang merupakan keyboard edisi spesial yang memiliki harga sangat mahal, yaitu sekitar Rp.20.000. Tentunya bisa anda bayangkan kualitas yang dimiliki oleh keyboard dengan harga segitu.

Tentunya, kualitas dari sebuah keyboard akan sangat mempengaruhi frekuensi dari pemakaian tombol Backspace yang ada di komputer. Walaupun demikian, tentunya anda tidak perlu khawatir karena tombol Backspace bisa dipakai selama-lamanya, selama Kipo tersebut masih mampu bertahan untuk digunakan.

Di atas, saya menyampaikan bahwa kegiatan mengetik Saya masih menggunakan tehnik 11 jari. Rata-rata para pengguna komputer yang sudah mahir mampu memanfaatkan kesepuluh jarinya untuk mengetik di atas keyboard. Sementara saya hanya mampu untuk menggunakan “11 jari”, yaitu satu jari telunjuk tangan kanan dan satu jari telunjuk tangan kiri. Itulah yang dimaksud dengan 11 jari, jadi telunjuk tangan kiri dan telunjuk tangan kanan akan menyerupai angka 11.

Baca Juga:   Fungsi Tombol CTRL Pada Software Browser, MS Word dan Photoshop

Teknik mengetik 11 jari tentunya akan sangat pelan dan sangat Tertinggal apabila disandingkan dengan teknik mengetik 10 jari. Namun tentunya, saya juga tetap belajar untuk bisa menerapkan teknik mengetik 10 jari sehingga kecepatan ketikan saya semakin hari semakin bertambah.

Sekian penjabaran singkat mengenai fungsi tombol Backspace yang ternyata tidak hanya digunakan untuk menghapus saja, namun juga memiliki fungsi yang lain. Bisa disimpulkan bahwa tombol Backspace digunakan untuk kembali ke halaman sebelumnya Pada saat Anda browsing menggunakan software browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox maupun Opera. Apabila tombol Backspace tersebut dikombinasikan dengan tombol ctrl, maka mampu digunakan untuk menghapus satu kata yang berada di sebelah kirinya. Terimakasih dan selamat mencoba, Semoga berhasil.

Artikel menarik lainnya

Fungsi Tombol Insert Pada Keyboard

Pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba membahas mengenai fungsi tombol Insert pada keyboard. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *