Home / Hardware / Keyboard / Fungsi Tombol CTRL ALT DEL Pada OS Windows

Fungsi Tombol CTRL ALT DEL Pada OS Windows

Sejumlah pengguna komputer tentunya sudah memahami apa itu tombol CTRL, tombol ALT dan tombol DEL. Ketika buah tombol tersebut tentunya memiliki fungsi yang sangat bagus pada sistem operasi Windows dan akan memiliki kegunaan yang sangat penting apabila ketika tombol tersebut dikombinasikan. Bagi yang belum tahu tentang ketiga tombol tersebut, bahwa tombol CTRL adalah tombol control dan tombol DEL adalah tombol delete. Lalu, Apa fungsi tombol CTRL ALT DEL pada sistem operasi Windows apabila ditekan secara bersamaan?

Fungsi Tombol CTRL ALT DEL Pada OS Windows

Sebelum membahas mengenai fungsi tombol CTRL ALT DEL, Mari kita bahas terlebih dahulu mengenai tombol CTRL dan tombol ALT. Kedua buah tombol tersebut juga memiliki fungsi yang berbeda apabila di kombinasikan dengan tombol yang berbeda pula. Sebagai contoh, tombol CTRL bisa dikombinasikan dengan tombol T, CTRL + c, CTRL + a, ALT + F4, ALT + a, dan tentunya kombinasi tersebut akan mempunyai sejumlah fungsi yang berbeda-beda. Sementara itu, tombol DEL memiliki fungsi Mandiri yaitu bisa menghapus satu karakter yang berada disebelah kiri kursor. Selain itu, dengan menggunakan tombol DEL Kita juga bisa menghapus file maupun folder. Dan yang tidak kalah pentingnya, ketika tombol DEL dikombinasikan dengan tombol CTRL dan ALT, maka akan memiliki fungsi yang luar biasa.

Baca Juga:   Fungsi Tombol ENTER Pada Keyboard

Fungsi tombol CTRL ALT DEL pada OS Windows

Mari kita mempelajari fungsi tombol CTRL ALT DEL yang bisa bekerja pada sistem operasi berbasis Windows. Tombol CTRL + ALT + DEL Biasa disingkat dengan istilah CAD dimana ketika ketiga buah tombol tersebut ditekan secara bersamaan maka akan menjalankan sebuah perintah khusus. Tentunya, perintah tersebut akan sangat bergantung pada versi dari sistem operasi yang digunakan, apakah Windows 98, windos XP, Windows Vista, windos 7, Windows 8 Atau mungkin Windows 10.

Dahulu kala, fungsi dari kombinasi tombol CTRL + ALT + Esc dipakai guna melakukan restart pada komputer tanpa perlu adanya sebuah konfirmasi. Konfirmasi yang dimaksud contohnya adalah Are you sure bla bla bla bla? Hanya saja, sejumlah kemungkinan tentunya dapat terjadi, misalnya adalah fungsi tersebut secara tidak sengaja ketekan. Oleh sebab itulah diganti dengan kombinasi tombol CTRL + ALT + DEL. Dengan penggunaan kombinasi tombol CTRL + ALT + DEL, maka untuk menekan 3 buah tombol tersebut secara bersamaan akan cukup sulit dilakukan dengan satu tanganwalaupun sebenarnya dengan menggunakan tangan kanan, ketiga tombol tersebut juga masih bisa dijangkau. Namun rata-rata efektivitas di dalam penggunaan tangan pada keyboard adalah tangan kiri.

Jadi, rata-rata tangan kiri pengguna komputer menekan tombol CTRL + ALT, sementara tangan kanan mengikuti dengan menekan tombol DEL.Jadi penggantian tombol Esc ke tombol DEL juga tidak terlalu efektif karena tetap saja Ada kemungkinan bisa ditekan dengan menggunakan satu tangan.

Baca Juga:   Fungsi Tombol CTRL + F1 sampai F12 di Keyboard Komputer

Rata-rata, kegunaan dari kombinasi tombol CTRL + ALT + DEL yaitu untuk menampilkan jendela Windows security dialog. Jendela tersebut nantinya akan menampilkan sejumlah fungsi, mulai dari lock atau unlock komputer, second, Log off, change password serta Task Manager. Menu-menu tersebut akan muncul pada Windows versi terbaru, yaitu pada Windows XP ke atas. Khusus untuk Windows XP, kombinasi ketika tombol tersebut langsung memunculkan jendela Windows Task Manager.

Bisa juga anda manfaatkan tombol CTRL + ALT + DEL pada saat munculnya welcome screen. Welcome screen muncul sebelum Windows loading sampai masuk ke akun dari pengguna komputer. Apabila anda menekan dua kali kombinasi tombol CTRL + ALT + DEL pada saat welcome screen, maka Windows login akan berubah menjadi klasik dan tentunya akan memberikan kesempatan kepada anda untuk bisa login menggunakan user account yang lain. Fitur ini bisa anda dapatkan pada sistem operasi Windows XP.

Fungsi tombol CTRL ALT DEL yang lain adalah bisa digunakan untuk mengatasi komputer yang nge freeze atau error. Sebagai contoh, komputer yang sedang digunakan untuk bekerja tiba-tiba Hang dan tidak mau diapa apakan. Istilahnya adalah nge freeze. Anda bisa memanfaatkan kombinasi tombol CTRL + ALT + DEL untuk mengatasi permasalahan tersebut. Fasilitas tersebut sering dijuluki dengan istilah “Magic Combo” ataupun disebut dengan istilah “three finger salute”.

Baca Juga:   Fungsi Fungsi Tombol Pada Keyboard Komputer

Komputer yang dalam kondisi not responding juga bisa dicoba diatasi dengan menekan kombinasi tombol CTRL + ALT + DEL. Komputer ngehang juga bisa diatasi dengan menekan CTRL + ALT + DEL. Komputer yang error atau bluescreen juga bisa dikembalikan dengan menekan kombinasi tombol CTRL + ALT + DEL. Namun tentunya anda tidak bisa menyalakan komputer dengan menekan kombinasi tombol CTRL + ALT + DEL.

Itulah sejumlah ulasan mengenai fungsi tombol CTRL ALT DEL pada sistem operasi Windows yang mana ke tiga buah tombol pada keyboard tersebut apabila dikombinasikan akan memiliki fungsi yang cukup beragam dan mampu mengatasi beberapa permasalahan yang muncul pada komputer secara umum. Mudah-mudahan, setelah anda memahami fungsi tombol CTRL ALT DEL tersebut, maka anda bisa memanfaatkan dengan sebaik mungkin untuk menunjang aktivitas anda di dalam menggunakan komputer berbasis Windows. Terima kasih dan selamat beraktivitas, Semoga hari-hari anda selalu bahagia.

Artikel menarik lainnya

Fungsi Tombol Insert Pada Keyboard

Pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba membahas mengenai fungsi tombol Insert pada keyboard. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *