Home / Hardware / Keyboard / Fungsi Tombol CTRL + F1 sampai F12 di Keyboard Komputer

Fungsi Tombol CTRL + F1 sampai F12 di Keyboard Komputer

Seperti yang sudah di singgung pada artikel sebelumnya bahwa tombol CTRL atau kontrol merupakan sebuah tombol yang tidak memiliki fungsi mandiri untuk mengeksekusi sebuah perintah. Diperlukan kombinasi dengan tombol lainnya supaya tombol CTRL bisa bekerja. Pada artikel kali ini, saya akan membahas mengenai fungsi tombol CTRL + F1 sampai dengan F12 pada keyboard komputer. Kombinasi dari tombol CTRL + F1 sampai dengan F12 ini cukup jarang digunakan oleh pengguna komputer sehingga tentu akan sangat baik bagi kita memahami apa saja fungsi tombol CTRL + F1 sampai dengan F12 tersebut.

Fungsi Tombol CTRL + F1 sampai F12 di Keyboard Komputer

Tombol F1 sampai dengan F12 di keyboard komputer merupakan tombol fungsi yang memang jarang untuk digunakan. Tombol fungsi tersebut berada di bagian paling atas keyboard komputer dan disusun secara berderet berurutan mulai dari F1 sampai dengan F12. Tombol fungsi F1 sampai dengan F12 tersebut memiliki fungsi Mandiri dan tentunya bisa langsung digunakan untuk bekerja. Lalu apa fungsi dari tombol fungsi F1 sampai dengan F12 apabila dikombinasikan dengan tombol CTRL?

Baca Juga:   Fungsi Tombol Tab Pada Keyboard

Fungsi tombol CTRL + F1 sampai dengan F12 di keyboard komputer

Apabila dikombinasikan dengan tombol CTRL, tombol fungsi F1 sampai dengan F12 memiliki fungsi yang cukup beragam. Rata-rata, aplikasi dari kombinasi tombol CTRL + F1 sampai F12 tersebut digunakan di software Microsoft Word. Di bawah ini adalah beberapa fungsi tombol CTRL + F1 sampai F12 yang bisa anda terapkan ketika sedang bekerja di software Microsoft Word.

  1. Fungsi dari tombol CTRL + F1 adalah untuk memunculkan task Pane pada software Microsoft Office baik itu microsof Word Microsoft Excel ataupun Microsoft powerpoint
  2. Fungsi dari tombol CTRL + F2 adalah untuk memindah tampilan standar ke tampilan print preview ataupun sebaliknya, yaitu memindah tampilan print preview ke tampilan standar.
  3. Fungsi tombol CTRL + F3 adalah untuk mengambil teks yang dipakai pada fungsi autotext
  4. Fungsi tombol CTRL + F4 adalah untuk menutup atau close jendela dokumen yang sedang aktif sekaligus menutup dokumen tersebut.
  5. Fungsi tombol CTRL + F5 adalah untuk merestor atau mengembalikan sebuah jendela aplikasi dari posisi maximize
  6. Fungsi tombol CTRL + F6 adalah untuk berpindah dari dokumen satu ke dokumen lainnya. Kombinasi dari tombol ini akan bekerja Ketika anda sedang membuka dokumen lebih dari satu jumlahnya
  7. Fungsi tombol CTRL + F7 adalah untuk memberikan sebuah perintah move atau pindah, khususnya pada bagian shortcut di title bar
  8. Fungsi tombol CTRL + F8 adalah untuk memberikan perintah size yang berada pada surat untuk bayi terbaru
  9. Fungsi tombol CTRL + F9 adalah untuk menciptakan sebuah field ada spesial karakter ataupun simbol
  10. Fungsi tombol CTRL + F10 adalah untuk menjadikan jendela Microsoft Word dalam posisi maximize atau full screen
  11. Fungsi tombol CTRL + F11 adalah untuk me lock atau mengunci bagian Field pada saat bekerja di fitur mail merge
  12. Fungsi tombol CTRL + F12 adalah untuk membuka dokumen yang dibuat di microsof office sebelumnya. Fungsi ini sama dengan fungsi Open yang ada pada software Microsoft Office.
Baca Juga:   Fungsi Tombol Backspace Ternyata Tidak Hanya Untuk Mengapus

Demikianlah sejumlah fungsi tombol CTRL + F1 sampai F12 di keyboard komputer apabila dikombinasikan. Walaupun kombinasi dari tombol CTRL + F1 sampai dengan F12 jarang digunakan, namun setelah anda mengetahui fungsi dari kombinasi tombol tersebut sangatlah baik maka tentunya sangat diharapkan untuk bisa diaplikasikan Pada saat Anda bekerja, khususnya pada saat menggunakan software Microsoft Office sehingga pekerjaan Anda akan lebih cepat selesai. Terima kasih, selamat mengaplikasikannya dan semoga cepat hafal.

Artikel menarik lainnya

Fungsi Tombol Insert Pada Keyboard

Pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba membahas mengenai fungsi tombol Insert pada keyboard. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *