Home / Hardware / Keyboard / Fungsi Tombol Edit Pada Keyboard Komputer

Fungsi Tombol Edit Pada Keyboard Komputer

Pada keyboard komputer, tentunya tidak disediakan tombol yang bernama tombol edit atau yang memiliki label edit. Hanya saja, pada keyboard komputer telah disediakan sejumlah tombol edit dimana fungsi dari tombol edit tersebut adalah untuk mengedit atau menyunting dokumen atau lembar kerja yang sedang kita kerjakan.

Fungsi Tombol Edit Pada Keyboard Komputer

Sesuai dengan namanya bahwa fungsi dari tombol edit tersebut adalah untuk memperbaiki sejumlah pekerjaan yang keliru atau butuh koreksi. Dengan demikian, pekerjaan kita yang masih keliru tersebut masih bisa dibenarkan atau dikoreksi. Berbeda dengan penggunaan mesin ketik di mana ketika kita melakukan kesalahan pada proses pengetikan, maka hasil ketikan yang sudah tercetak pada kertas cukup sulit untuk diedit. Dibutuhkan penghapus khusus sehingga bisa menutup bagian yang keliru tersebut.

Fungsi Tombol Edit Pada Keyboard Komputer

Dengan memanfaatkan fungsi tombol edit pada keyboard komputer akan membuat proses editing menjadi lebih mudah dan lebih cepat untuk dilakukan. Pada keyboard komputer yang terdapat beberapa tombol edit yang bisa kita manfaatkan untuk melakukan koreksi dari dokumen yang keliru. Lalu, apa saja tombol edit yang ada pada keyboard komputer? Silahkan anda Simak terus ulasan berikut ini.

Baca Juga:   Fungsi Tombol Page Up Pada Keyboard

1. Tombol backspace

Tombol backspace pada komputer digunakan untuk menghapus teks atau karakter yang posisinya ada di sebelah kiri kursor atau pada posisi sebelumnya.

2. Tombol delete

Fungsi dari tombol delete mirip dengan fungsi dari tombol backspace. Fungsi dari tombol delete adalah untuk menghapus teks atau karakter yang posisinya berada di sebelah kanan atau setelah kursor.

3. Tombol home

Fungsi dari tombol home adalah untuk memindah posisi kursor ke bagian awal baris apabila kita bekerja di software editor teks. Nantinya, posisi kursor akan berada di bagian paling kiri pada layar.

4. Tombol End

Fungsi tombol digunakan untuk memindah posisi kursor ke bagian akhir baris apabila kita sedang bekerja di software editor Text, misalnya adalah Microsoft Word. Nantinya, kursor yang aktif akan berada di posisi paling kanan layar monitor.

5. Tombol page down

Fungsi tombol page down digunakan untuk scrolling ataupun menggulung teks atau halaman sejauh 1 halaman ke bawah.

Baca Juga:   Fungsi Tombol Backspace Ternyata Tidak Hanya Untuk Mengapus

6. Tombol page up

Fungsi dari tombol page up adalah untuk scrolling ataupun menggulung text dan halaman sejauh 1 halaman ke atas.

Itulah 6 fungsi tombol edit pada keyboard yang bisa anda manfaatkan untuk kegiatan menyunting, memperbaiki serta mengedit sejumlah pekerjaan Anda yang dikerjakan di sejumlah software, misalnya adalah Microsoft Word. Setelah anda memahami ulasan mengenai fungsi tombol edit pada keyboard komputer kali ini, maka tentunya anda sudah mampu membedakan mana saja tombol yang masuk ke kategori pembuatan dan mana saja tombol keyboard komputer yang masuk ke dalam kategori edit. Mudah-mudahan artikel singkat dan sederhana pada kesempatan kali ini mampu memberikan tambahan wawasan baru bagi pengunjung sekalian. Terima kasih.

Artikel menarik lainnya

Fungsi Tombol Insert Pada Keyboard

Pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba membahas mengenai fungsi tombol Insert pada keyboard. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *